315 total views |

Hai Observer, sekarang saya mau bagi-bagi tips untuk bersih-bersih. Bahan yang kita pakai untuk bersih bersih ini adalah bahan umum dan bahan bekas yang mudah sekali didapat. Apa aja barang dan tipsnya? Yuk kita intip…

Odol

Tahukah Observer kalau odol ini banyak kegunaan lain selain untuk membersihkan gigi?

1. Membersihkan noda lipstick, tinta ataupun noda rumput dari baju.
Oleskan odol di atas noda tersebut, kucek dengan agak keras, bilas dengan air hangat. Setelah itu cucilah seperti biasa.

2. Membersihkan noda wine pada baju atau taplak meja.

cleaning hacks
Oles bagian yang terkena wine dengan odol, diamkan dulu semalaman, setelah itu cuci seperti biasa.

 

cleaning hacks3. Membuat perhiasan perak Anda kembali berkilau.
Gunakan sikat gigi untuk menggosok perhiasan perak Anda dengan odol. Setelah itu bilas dengan air hangat. Perhiasan perak Anda akan terlihat bersinar seperti baru kembali.

4. Melepaskan bekas permen karet dari baju.
Oles bagian yang terkena permen karet dengan menggunakan odol, tekan menggunakan penggaris, tunggu sampai mongering. Saat odol sudah mengering dan keras, permen karet akan lebih mudah untuk dilepaskan.

5. Membersihkan noda dan kerak pada keran air atau shower yang terbuat dari bahan stainless di kamar mandi.
Basahi bagian yang akan dibersihkan, oleskan pasta gigi secara merata pada bagian yang akan dibersihkan. Gosok sampai berbusa, kemudian bilas dengan air bersih. Lap dengan kanebo dan keringkan dengan lap kering. Trik ini juga bisa dilakukan untuk peralatan lain yang berbahan stainless seperti velg motor dan velg mobil.

 

Teh Celup Bekas

cleaning hacks
Hand with tea bag

Mulai sekarang jangan buang dulu teh celup yang sudah Observer pakai, karena ternyata masih bisa digunakan untuk hal-hal berikut loh:

1. Melindungi tanaman hias Anda dari jamur.
Masukan teh celup bekas ini ke dalam air hangat. Setelah didinginkan gunakan air teh ini untuk menyiram tanaman hias Anda. Bisa juga Anda pindahkan ke dalam botol semprot, dan semprotkan pada daun – daun tanaman hias Anda.

2. Menetralkan bau kurang sedap
Keluarkan bubuk teh dari bungkusnya, kemudian sebarkan di tempat tempat yang menjadi sumber bau, misalkan di dasar tempat tempat sampah, atau bisa juga di bawah alas kotoran kucing bagi Anda yang memiliki peliharaan kucing di rumah.

3. Menghilangkan bau tak sedap dari tangan Anda.
Selesai mempersiapkan bahan – bahan makanan, kadang tangan Anda akan berbau kurang sedap karena terkena bawang putih, bawang merah, bumbu – bumbu, atau bahkan berbau amis dari ikan atau ayam. Cucilah tangan dengan menggunakan teh celup bekas ini. Remas – remas bungkusan teh celup bekas sebelum mencuci tangan menggunakan sabun biasa. Bau tak sedap akan hilang dari tangan Anda.

4. Melunturkan lemak dari panci dan wajan.
Biasanya sulit sekali melunturkan bekas lemak pada panci dan wajan yang digunakan untuk memasak. Rendam dulu panci dan wajan ke dalam air hangat bersama dengan teh celup bekas pakai (gunakan lebih dari 2 teh celup bekas ya). Larutan teh ini akan membantu untuk melunturkan bekas – bekas makanan dan lemak dari panci dan wajan, sehingga akan lebih mudah untuk dibersihkan.

Kaos Kaki

Ayo, coba Observer lihat lagi, apakah di rumah Observer ada kaos kaki yang tidak ada pasangannya? Entah kenapa ya, pasangan kaos kaki ini sering sekali hilang/tercecer/terselip, sehingga banyak kaos kaki yang akhirnya jomblo ga punya pasangan. Jangan dibuang dulu, karena masih bisa digunakan kok…

1. Gunakan sebagai pengharum sepatu.

cleaning hacks
Masukkan baking soda secukupnya ke dalam kaos kaki, kemudian ikat ujung atasnya. Taruh di dalam sepatu olah raga, atau sepatu yang biasa digunakan sehari hari, sehingga sepatu Anda tetap segar tanpa bau yang menganggu. Trik ini juga bisa digunakan untuk lemari atau rak tertutup lainnya.

2. Gunakan untuk membersihkan vertical blind dari debu.
Gunakan kaos kaki sebagai sarung tangan, dan gunakan untuk membersihkan bilah – bilah vertical blind Anda. Sedikit gaya statis yang dihasilkan oleh kaos kaki akan membuat debu menempel dengan mudah, sehingga membersihkan bilah-bilah ini menjadi lebih cepat dan bersih
Selain untuk vertical blind, kaos kaki ini juga bisa untuk membersihkan debu di segala permukaan perabot. Ketika sudah kotor, Anda tinggal mencucinya dan voila kaos kaki siap digunakan untuk bebersih properti lagi.

cleaning hacks

Langsung saja praktekkan tips – tips saya ini supaya rumah dan properti Anda bersih mengkilat dan bebas dari bau-bau ngga sedap… Cling – cling!

 

Share To: