Penulis: Christopher Rahardja | Editor: Ratna MU Harahap

PORSCHE1

Adakah Observers yang tak kenal dengan Porsche? Ya, Porsche merupakan salah satu brand mobil sport mewah yang telah lama berkecimpung di industri otomotif dunia.Pendiri dari brand Porsche adalah Ferdinand Porsche yang merupakan pria asal Austria.

PORSCHE2

Ferdinand mendirikan perusahaan Porsche pada 1939. Kala itu, Ferdinand juga dikenal sebagai teknisi yang menciptakan mobil pertama Volkswagen. Ferdinand muda sudah menyukai teknologi dan tertarik dengan hal-hal yang berhubungan dengan listrik. Sejak 1800-an sampai 1932, dia bekerja sebagai insinyur kendaraan.Sebelum mendirikan Porsche, Ferdinand membangun usaha bidang konsultasi, pengembangan dan pengerjaan mobil di Austria pada 1931, kemudian memindahkan kantor pusatnya ke Kota Stuttgart. Salah satu tugas pertama perusahaan ini, datang dari pemerintah Jerman yang ingin memproduksi mobil rakyat Volkswagen.

PORSCHE3

Pada 1934, dia dan putranya, Ferdinand Anton Ernst Porsche berkolaborasi mengembangkan desain pertama mobil Volkswagen. Perusahaan ini kemudian menghasilkan Volkswagen Beetle, yang merupakan salah satu desain mobil tersukses sepanjang sejarah.

PORSCHE4
VW Beetle Generasi 1

Porsche 64 yang dikembangkan Ferdinand pada 1939 menggunakan banyak komponen dari Beetle. Inilah yang menjadi cikal bakal mobil-mobil Porsche di masa depan.

PORSCHE5
Porsche 64

Ferdinand Porsche juga adalah pencipta dari model 911, model dari Porsche yang selalu menjadi jantung merek selama beberapa dekade. Kendaraan ini dianggap sebagai mobil sport klasik, yang menjadi benchmark mobil-mobil sport lainnya.  911 juga merupakan pusat referensi untuk mobil Porsche seri lain. Mulai dari Cayenne hingga Panamera, setiap mobil Porsche merupakan model paling sporty di dalam kategorinya masing-masing.

PORSCHE6

Porsche selama ini selalu dikenal sebagai brand mobil sport yang paling nyaman untuk digunakan sehari-hari. Jika dibandingkan dengan brand mobil sport lainnya seperti Ferrari, Lamborghini, dan Bugatti, Porsche terkenal jauh lebih “daily friendly”. Hal ini karena Porsche dikenal memiliki daya tahan mesin yang lebih tinggi, ground clearance yang lebih tinggi, kenyamanan yang lebih baik, dan juga tenaga yang dinilai cukup untuk jalanan perkotaan. Hal ini dibuktikan penduduk Singapura yang memiliki mobil sport mengaku lebih sreg untuk nyetir Porsche dibanding Lamborghini. Bahkan Bos Bugatti, Stephen Winkelmann mengaku selalu menggunakan Porsche sebagai mobil harian.

PORSCHE7

Lini mobil sport dari Porsche sendiri terkenal dengan mesin yang terletak di belakang, atau biasa disebut dengan rear-engine. Rear-engine dikenal akan memiliki efektifitas yang lebih tinggi dimana mobil akan menggunakan poros gardan yang lebih pendek yang mengakibatkan berkurangnya power-loss pada mobil. Lalu karena mesin yang berat diletakan dibelakang, mengakibatkan traksi roda belakang akan semakin maksimal.

PORSCHE8
Porsche 928 (Front-Engine)                          Porsche Cayman (Mid-Engine)

Porsche juga memiliki beberapa mobilnya yang menggunakan mesin tengah (mid-engine) seperti Porsche 718, Porsche Carerra GT, Porsche 918, dan Porsche Cayman. Serta mesin depan (front-engine) seperti Porsche 924, Porsche 928, Porsche Cayenne, dan Porsche Macan. namun tetap ada peribahasa yang berkata “Only Real Porsche is a rear-engined”, karena basis andalan dari sebuah mobil Porsche adalah Porsche 911 dimana Porsche 911 adalah Porsche dengan mesin belakang (rear-engine)

PORSCHE9
Model Porsche 911 dari masa ke masa

Masing-masing lini kendaraan mengusung nafas filosofi dari sebuah Porsche 911.  Lebih dari 820.000 Porsche 911 telah dirakit. Ini membuat 911 menjadi mobil sport paling sukses di seluruh dunia. Untuk generasi ketujuh, para ahli mekanik di Zuffenhausen dan Weissach telah menciptakan ulang, serta mendemonstrasikan dari waktu ke waktu kepada dunia mengenai kekuatan inovatif dari merek Porsche.Tidak seperti kendaraan lain,911 merekonsiliasi kontradiksi yang terlihat jelas, seperti elemen sporty-nya dengan penggunaan praktis untuk keperluan sehari-hari, tradisi serta inovasi, eksklusivitas penerimaan sosial, desain dan fungsionalitas.

PORSCHE10

Meski dikenal sebagai lini klasik, Porsche 911 terkenal dengan teknologi kelas atasnya. Banyak dari ide dan teknologi yang muncul melalui debut Porsche 911 saat dilahirkan melalui arena balapan.  Sejak awal, 911 berkomitmen pada prinsip performa dan balapanlah yang dijadikan sebagai lab uji yang paling penting.Sejak awal, Porsche 911 selalu hadir di arena sirkuit seluruh dunia, sehingga melahirkan reputasi pemenang yang dapat diandalkan dan multiguna.Dua per tiga dari 30.000 kemenangan Porsche hingga saat ini ditorehkan 911.

PORSCHE11

Seiring perkembangan bisnis, Porsche Automobil Holding SE dan Volkswagen AG (VW) sepakat menggabungkan kedua perusahaan ke dalam grup pada 2011. Dalam kesepakatan tersebut diciptakan satu grup baru dengan 10 merek mobil di bawah naungan nama besar VW. Seperti Audi, Volkswagen, Skoda, Seat, Bentley, Bugatti, Lamborghini, Scania, Ducatti, dan MAN. Menjadikan VW Group menjadi merger brand terbesar dalam industri otomotif di seluruh dunia.

PORSCHE12

About Author

administrator

Property Observer adalah portal yang memberi informasi secara up to date dan informatif, baik dalam segi lifestyle , bisnis, dan segala jenis aspek kebutuhan. Namun dari semua itu ada satu aspek yang sangat di butuhkan oleh manusia yaitu property.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *