Penulis: Santi Apriani| Editor: Ratna MU Harahap

MUSIK1

Buat Observer yang lahir ehem…. di tahun 80an suka kangen ga sih sama masa-masa muda waktu di bangku sekolah di tahun 90an? Rasanya di masa itu beban hidup ga seberat sekarang, buat saya masa-masa tersebut masa paling membahagiakan dan sekarang merasa miris dan kasian sama anak karena keterbatasan kegiatan selama Pandemi jadi tidak bisa menikmati kebahagiaan menonton pertunjukan-pertunjukan yang biasanya diadakan sekolah-sekolah melalui PENSI.

Saat ini yang bisa saya lakukan hanyalah menceritakan kesenangan dan memory masa lalu waktu acara-acara PENSI kepada anak. Cerita tentang suasananya, serunya,apa saja yang ada disana, dan hal-hal yang biasa terjadi saat kita nonton PENSI. Harapannya nanti sang anak bisa menikmati langsung kegiatan-kegiatan seru ini saat Pandemi sudah berlalu.

Berbeda dengan sekarang-sekarang, rasanya dulu kalau bisa memainkan instrument music dan bisa sampai memainkan lagu di PENSI merupakan kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri. Nah… di masa-masa tersebut (yang saya alami ya…) pada umumnya ada beberapa lagu dan group band tertentu yang menjadi lagu wajib untuk dimainkan, mungkin untuk anak-anak generasi sekarang yang suka music bisa jadi referensi tambahan mengingat sekarang-sekarang ini yang merajalela adalah K-POP.

Di masa 90’an banyak band-band dari Inggris yang menjadi favorit anak-anak untuk dibawakan lagu-lagunya. Masa ini dikenal sebagai masa kejayaan Britpop dengan band-band iconic yang lagunya menjadi lagu wajib PENSI pada masa itu. Nah, ini dia band-band Britpop iconic tersebut,:

1.The Cure

MUSIK2

The Cure merupakan band dari Inggris pengusung Punk Rock, Gothic, dan New Wave.Terbentuknya The Cure pertama kali di Sussex, Inggris, oleh 3 orang anak muda di sekitar tahun 1976. Mereka adalah Robert Smith (vocal/ gitar), Michael Dempsey (bas), dan Laurence ‘Lol’ Tolhurst (drum).

Pada awalnya, The Cure bernama Easy Cure, dan baru mengeluarkan album pada tahun 1979 dengan judul “Three Imaginary Boys”. Album ini mendapat acungan jempol oleh banyak kritikus musik di Inggris saat itu.

The Cure yang meramu musiknya dari Punk Rock, Gothic, dan New Wave ini pun, mulai memasukkan bunyi keyboard pada album kedua mereka yang berjudul “Seventeen Seconds”. Posisi keyboard tersebut di isi oleh Mathieu Hartley. Keputusan inilah yang menambah kaya musik The Cure, dan mulai banyak dipuji oleh kalangan pers music Inggris.

Walaupun sudah mengeluarkan 7 album, namun popularitas The Cure di Amerika baru melonjak setalah album “Disintegration” yang dilepas tahun 1989. Album ini berhasil masuk dalam jajaran 12 besar U.S Charts dan berhasil menggondol platinum album.

Musik The Cure sendiri cenderung berwarna suram, dengan lirik-lirik yang bernuansa keputus-asaan. Gaya vocal Robert Smith yang khas mirip seperti orang tercekik, dengan dandanan khas seperti “Joker”, akhirnya menjadi trade mark The Cure sampai sekarang.

Setelah berganti-ganti formasi, The Cure terakhir tercatat dengan susunan Robert Smith, Porl Thompson, Simon Gallup, dan Jason Cooper dan merilis album ke-13 mereka di tahun 2008.Godfather band Inggris bernama The Cure ini, cukup banyak mempengaruhi jagad permusikan rock dunia, terutama di masa tahun 90an. Beberapa lagu yang jadi lagu wajib yang sering dinyanyikan di PENSI pada masa itu adalah:

Friday I’m in Love :

Boys Don’t Cry :

2. Radiohead

musik3

Radiohead adalah sebuah grup musik eksperimental rock alternatif asal Inggris yang terbentuk pada tahun 1985. Band ini terdiri dari Thom Yorke (vocal utama, gitar ritmis, piano), Jonny Greenwood (gitar utama, keyboard, penyintesis modular, OndesMartenot, glockenspiel, dan lain-lain), Ed O’Brien (gitar, vokal, perkusi tambahan), Colin Greenwood (gitar bas, penyintesis), Phil Selway (drum, perkusi).

Pada mulanya, mereka membentuk sebuah band dengan nama On a Friday. Nama ini diambil karena mereka selalu latihan bareng setiap hari Jumat di sekolah. Di awal tahun 1990-an, nama On a Friday akhirnya diganti menjadi Radiohead bertepatan ketika mereka dikontrak oleh label rekaman EMI. Nama Radiohead sendiri sebenarnya tidak memiliki arti yang spesifik. Radiohead sebenarnya diambil dari judul lagu “Radio Head” yang dipopulerkan oleh band beraliran rock asal Amerika Serikat, Talking Heads.

Ya, band yang satu ini banyak merilis lagu-lagu yang fenomenal dan tentunya digemari oleh banyak kalangan. Salah satu lagu yang paling terkenal adalah “Creep”. Dilansir dari festival sherpa, lagu ini ditulis oleh Thom Yorke setelah ia ditolak oleh perempuan yang disukainya semasa kuliah dulu.

Uniknya, para personil Radiohead sendiri tidak menyukai lagu yang membesarkan namanya saat pertama kali debut sebagai Radiohead di tahun 90-an silam. Kabarnya, sekarang mereka bosan karena terlalu sering membawakan lagu ini, sehingga mereka kurang bersungguh-sungguh saat menyanyikan lagu “Creep” di atas panggung.

Selain “Creep”, ada banyak judul lagu lainnya yang tak kalah nge-hits. Sebut saja lagu yang berjudul High and Dry, Fake Plastic Trees, Paranoid Android sampai True Love Waits dan No Surprises. Hingga kini, Radiohead sendiri sudah merilis sembilan album. Dua di antaranya adalah OK Computer yang dirilis di tahun 1997 dan A Moon Shaped Pool yang dirilis tahun 2016.

Dan untuk lagu wajib yang sering banget dibawakan saat PENSI diantaranya:

Creep :

High and Dry :

Karma Police :

3. Oasis

musik4

Oasis adalah kelompok musik rock yang dibentuk di Manchester, Inggris pada tahun 1991. Pada awalnya grup music ini bernama The Rain dan dibentuk oleh Liam Gallagher pada vokal dan tamburin, Paul Arthurs pada gitar, Paul McGuigan pada gitar bass, dan Tony McCarroll pada drum dan perkusi, kemudian ikut bergabung juga kakak sulung dari Liam, yaitu Noel Gallagher yang menempati posisi gitar dan vokal.

Oasis memainkan pertunjukan live pertama mereka pada bulanAgustus 1991 di klub Boardwalk, Manchester. Kemudian mereka bergabung dengan label rekaman Indie Creative dan merilis album pertama mereka Definitely Maybe pada 1994, pada tahun selanjutnya mereka merilis album teranyar mereka (What’s the Story) Morning Glory? dengan drummer baru mereka Alan White dan memulair ivalitas dengan grup musik Blur.

Noel dan Liam yang merupakan ikon terpopuler dari grup ini sering mucul menghiasi halaman-halaman majalah, tabloid dan Koran mingguan di Inggris karena gaya hidup mereka yang liar dan kontroversial. Sayangnya band ini bubar di tahun 2009, namun lagu-lagunya masih memiliki tempat tersendiri di hati penggemarnya.

Beberapa lagu wajib Oasis yang sering dibawakan pada PENSI diantaranya:

Don’t Look Back in Anger :

Wonderwall :

Gimana Observer? Jadi teringat masa-masa indah itu ga? Buat Observer yang belum tau lagu-lagu ini. Yuk coba dengerin karena di masa ini sepertinya sudah jarang musisi-musisi membawakan jenis lagu seperti ini. Selamat mencoba!!

Source & Refrence:

  1. .kaskus.co.id
  2. Tribun News
  3. kompas.com
  4. bacaterus.com
  5. detik.com
  6. Wikipedia
  7. Pexels.com
About Author

administrator

Property Observer adalah portal yang memberi informasi secara up to date dan informatif, baik dalam segi lifestyle , bisnis, dan segala jenis aspek kebutuhan. Namun dari semua itu ada satu aspek yang sangat di butuhkan oleh manusia yaitu property.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *