Penulis: Santi Apriani| Editor: Ratna MU Harahap

KOTA1

Buat wanita-wanita mandiri di luar sana yang menunggu moment tepat untuk melakukan backpacking sendirian perlu melakukan beberapa persiapan, salah satunya memilih tempat yang tepat untuk dikunjungi. Salah satu faktor penting diluar perkiraan biaya yang perlu dikeluarkan adalah faktor keamanan.

Buat Observer yang belum terlalu paham akan konsep wisata backpacker atau backpacking sendiri, akan sedikit saya jelaskan agar tidak salah kaprah. Konsep wisata backpacker atau backpacking adalah konsep berwisata dengan menjelajahi suatu wilayah dengan biaya relatif terjangkau. Walau biayanya murah, hal yang ditekankan di jenis wisata ini adalah aktivitas mengeksplor suatu tempat. Nah, untuk memenuhi tujuan tersebut dan untuk mempermudah mobilitas biasanya backpacker tidak melakukan aktivitas wisatanya dengan membawa atau menyeret-nyeret koper tapi dengan menggunakan backpack alias ransel.

Dikutip dari situs web resmi pembanding harga asal Inggris bernama Uswitch, terdapat beberapa kota yang digadang sebagai kota-kota terbaik untuk backpacking. Pemilihan kota-kota tersebut berdasarkan daftar yang dibuat majalah CEO World pada 2021 dan sejumlah faktor, di antaranya kesetaraan gender, keamanan, kesetaraan pendapatan, pemberdayaan perempuan, dan inklusi perempuan dalam masyarakat. Berikut beberapa referensi kota-kotanya :

1.Amsterdam, Belanda

KOTA2

Amsterdam menempati posisi teratas sebagai tujuan terbaik untuk backpacer wanita yang akan melakukannya sendirian. Secara keseluruhan, tidak hanya sangat aman, tetapi Amsterdam juga menawarkan 1.256 activity dan 703 kesempatan tours/seightseeing yang bisa dinikmati oleh backcpacker. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan diantaranya :

KOTA3

Tempat yang tepat untuk Observer yang suka seni, budaya dan sejarah. Museum seni dan sejarah terbesar di Belanda ini selalu ramai dikunjungi pengunjung karena memiliki banyak daya tarik. Beberapa karya seni dari seniman besar Belanda seperti Vermeer, Rembrandt, Hals, Steen dan Van Dyck ada disini. Bahkan di museum ini menyimpan koleksi seni dari Indonesia, salah satunya keris pemberian Sultan Madura Cakra Adiningrat VII kepada Raja William I yang bertaburkan 117 batu berlian.

  • Foto di Spot “I Amsterdam”

KOTA4

Sepertinya activity berfoto disini jadi salah satu hal yang tidak dilewatkan wisatawan. Sebenarnya tulisan ini bisa ditemukan di depan Airport Schipol, namun ukuran “I Amsterdam” di belakang Rijksmuseum ukurannya lebih besar, yakni mencapai 2,5 meter.

  • Naik kapal menyusuri kanal di Amsterdam

KOTA5

Belanda terkenal memiliki banyak kanal cantik yang layak untuk dijelajahi. Kanal-kanal tersebut dibangun sekitar abad ke-17 dan menjadi symbol kebangaan Kota Amsterdam. Pada 2010, UNESCO bahkan menetapkan Kanal Amsterdam sebagai salah satu situs warisan budaya dunia. Dengan Panjang sekitar 100 km, Observer bisa menikmati keindahan Kota Amsterdam sambil menyusuri kanal cantik ini. Kanal di Amsterdam ini memiliki banyak jembatan dan bangunan monumental yang pasti akan emberikan pengalaman liburan tak terlupakan.

KOTA6

Bloementmarkt atau floating flower market adalah pasar bunga apung di Amsterdam yang sudah ada sejak tahun 1862. Bloementmarkt adalah satu-satunya pasar bunga terapung di dunia sehingga ditetapkan menjadi situs warisan dunia UNESCO.

Tepat wisata gratis di Belanda ini sangat menarik untuk dijelajahi. Disini, Observer bisa melihat kios-kios transparan yang terapung di sepanjang Kanal Singel diantara Mint Dquare dan Koningsplein Square, Amsterdam.

Tempat belanja oleh-oleh ini menjual berbagai jenis bunga, termasuk tulip berbagai warna. Observer juga bisa membeli berbagai benih bunga dan peralatan berkebun, dan tidak ketinggalan tentunya disini bisa memborong berbagai souvenir lucu dari Belanda. Jika tidak mau berbelanja, sekedar cuci mata saja bisa dilakukan disini karena banyak hal menarik yang bisa dilihat dan difoto.

  • Bersepeda Keliling Kota Amsterdam

KOTA7

Amsterdam adalah salah satu kota di Eropa yang terkenal sebagai Kota sepeda. Observer bisa menikmati Amsterdam dengan naik sepeda untuk mendapatkan pengalaman seru yang tak biasa. Selain lebih murah dibandingkan naik trem, Observer bisa lebih puas menikmati pemandangan Amsterdam dengan naik sepeda.

  • Melihat Karya Seni di Museum Van Gogh

KOTA8

Untuk pecinta seni, Van Gogh tentu bukan nama yang asing. Vincent Willem Van Gogh adalah seorang pelukis Belanda yang terkenal dan berpengaruh dalam sejarah seni di Barat. Mueseum Van Gogh adalah museum seni rupa yang didedikasikan untuk menyimpan karya-karya Vincent Van Gogh beserta seniman besar lainnya.

  • Mencicipi berbagai makanan lezat khas Belanda

KOTA9

Sebagai pecinta makanan, hal ini tentu wajib dilakukan, tentunya kita harus mencicipi berbagai hidangan lezat khas Belanda seperti : haring (ikan herring), hutspot (hotchpotch), croquettes, sup ercis, poffertjes dan stroopwafels.

2. Trondheim, Norwegia

KOTA10

Trondheim, Norwegia adalah pilihan terbaik kedua untuk backpacker wanita yang berpergian sendiri, terutama untuk mereka yang selalu ingin terhubung dengan dunia maya saat berpergian, karena kota ini memiliki koneksi internet terbaik dibandingkan dengan semua kota yang akan direferensikan di artikel ini.

Kota yang berjarak sekitar 491 km dari Oslo, Ibu Kota Norwegia, ini memiliki beragam aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan.  Selama berada di kota tersebut, wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas :

  • Jalan-jalan ke Nidaros Cathedral

KOTA11

Nidaros Cathedral merupakan katedral gotik dari abad pertengahan yang terletak paling utara di bumi. Selesai dibangun pada 1300, katedral ini adalah tempat makam St. Olav, seorang raja Viking Norwegia berada.

Ornamen megah dan jendela berhiaskan kaca patri akan menyambut Observer kala tiba di katedral ini. Nidaros Cathedral memiliki menara yang membuatmu dapat menikmati pemandangan indah Trondheim dari puncaknya, lho!

  • Berkunjung ke museum dan penjara bawah tanah di Kristiansten Festning

KOTA12

Inilah benteng yang sukses menjaga Trondheim dari serangan Swedia tahun 1718. Benteng ini dibangun setelah terjadinya kebakaran besar yang menghantam Trondheim pada 1681. Kini, Kristiansten Festning menjadi salah satu objek wisata terpopuler di kota ini. Adanya museum dan penjara bawah tanah menjadi daya tarik benteng satu ini.

  • Jalan-jalan ke Sverresborg Trøndelag Folk Museum

KOTA13

Jelajahi museum terbuka yang terletak di bekas reruntuhan kastil tahun 1183. Tak hanya satu, ada lebih dari 80 bangunan yang dapat Observer sambangi seperti gereja, rumah kayu, toko kelontong, hingga kantor pos tua.

Sverresborg Trøndelag Folk Museum merupakan museum sejarah dan budaya terbesar ketiga di Norwegia, lho! Museum seluas 70 hektar ini menampilkan ribuan artefak yang membuat Observer dapat mempelajari kehidupan manusia ratusan tahun lalu.

  • Naik sepeda di Bakklandet

KOTA14

Buat Observer yang suka naik sepeda, Bakklandet wajib dikunjungi. Tempat ini adalah lokasi pertemuan favorit warga lokal karena banyaknya toko, kafe, dan galeri di dalamnya. Jalan-jalan atau bersepeda di jalanan berbatu Bakklandet asyik untuk dilakukan. Bahkan, lift sepeda pertama di dunia yang bernama Trampe pun terdapat di Bakklandet.

  • Naik Kayak di Nidelva River

KOTA15

Inilah sungai yang mengalir di tengah kota Trondheim. Nidaros Cathedral, Kristiansten Festning, jembatan, dan gudang-gudang tua penuh warna dapat Observer lihat sambil naik kayak di Nidelva River.

  • Jalan-jalan ke Bryggerekka Bruktmarked

KOTA16

Bryggerekka Bruktmarked adalah pasar loak di Trondheim yang dapat Observer kunjungi setiap hari Minggu. Barang antik adalah daya tarik utama pasar ini. Selain itu, pasar ini terletak di depan bangunan gudang tua yang berwarna-warni, lho!

  • Berkunjung ke Munkholmen Island

KOTA17

Pulau dengan pantai indah ini dulunya adalah lokasi eksekusi bangsa Viking. Munkholmen Island juga pernah menjadi penjara, benteng, dan tempat berdirinya biara tertua di Skandinavia.

  • Naik tebing di Munkstigen Via Ferrata

KOTA18

Ingin menguji nyali dengan memanjat tebing setinggi 950 m? Walaupun menantang, pemandangan indah Trondheim yang ditawarkan puncak Munkstigen Via Ferrata worth it banget, lho!

Source & Refrence :

  1. forbes.com
  2. uswitch.com
  3. antavaya.com
  4. idntimes.com
  5. freerangestock.com
  6. kumparan.com
  7. Instagram
About Author

administrator

Property Observer adalah portal yang memberi informasi secara up to date dan informatif, baik dalam segi lifestyle , bisnis, dan segala jenis aspek kebutuhan. Namun dari semua itu ada satu aspek yang sangat di butuhkan oleh manusia yaitu property.

1 Comment

    Duh indahnya . Jadi pingin terbang kesana. Semoga mimipiku menjadi kenyataan. Terima kasih admin sudah berbagi info penting buat aku untuk refrensi nanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *