Walaupun tahun ini siswa siswi yang lulus SMA harus mengalami jalan yang luar biasa dimana untuk kelulusan tahun ini, mereka gagal menikmati hari-hari terakhir di masa paling berarti dalam hidup mereka, tidak bisa melalui acara syukuran kelulusan yang biasanya paling berkesan, bahkan kelulusan mereka di fast-forward beberapa bulan.  Ujian masuk perguruan tinggi di Indonesia pun diundur.

Alhasil, banyak waktu untuk para siswa yang sampai dengan bulan Februari kemarin belum mendapatkan tempat kuliah atau bahkan belum mendaftar untuk memikirkan jurusan apa yang akan mereka ambil di saat kuliah nanti.

Saat ini trend pekerjaan dimasa mendatang menuju jenis pekerjaan yang lebih fleksibel, bisa dilakukan secara mobile tetapi tetap memberikan pendapatan yang lebih dari cukup.  Bahkan kalau dilihat trend property saat ini pun banyak yang mendukung trend pekerjaan seperti ini.

Ketika waktu saya cukup banyak untuk browsing dan survey, saya menemukan Upper West dari BSD City.  Hunian yang satu ini memang ditujukan untuk generasi yang mobile, kreatif dan penuh dengan ide cemerlang serta gak takut untuk ambil resiko bisnis.  Selain lokasinya yang super strategis yaitu tepat di seberang AEON Mall dan disamping Green Office Park yang merupakan lokasi dari beberapa perusahaan teknologi besar seperti Apple dan Unilever bernaung, Upper West juga punya fasilitas yang unik, yang seperti saya bilang tadi, mendukung banget untuk generasi muda yang mau punya usaha sendiri, seperti fasilitas Experimental Resto, sebuah restoran temporary yang dilengkapi dengan kitchen standard resto , yang bisa disewa sesuai dengan kebutuhan atau Creator Room, yang dilengkapi dengan beragam perlengkapan canggih untuk membuat video ataupun rekaman musik. Dan yang bisa menikmati hanya mereka yang sudah jadi penghuni.

[URIS id=6485]

Tetapi, pastinya tidak semua jurusan sesuai untuk bekerja secara mobile dan remote. Untuk Observer yang memiliki anak atau saudara atau bahkan Observer sendiri sedang mencari jurusan yang bisa mendukung gaya hidup mobile seperti itu, ada beberapa jurusan yang dianggap tepat untuk gaya hidup seperti itu:

1.Jururan Teknologi Informasi

Dengan berbagai cabang keilmuannya, sangat dimungkinkan bagi Observer yang memiliki gelar ini untuk bekerja di rumah seperti membangun aplikasi, bekerjasama dengan tim global untuk membuat program dan masih banyak lagi bisa menjadi pilihan bekerja di rumah untuk Observer dengan gelar ini.

2. Website Design and Development

Membangun website tentu sangat memungkinkan untuk dilakukan secara remote, asalkan Observer giat membangun jaringan dan pemasaran atas hasil karya Observer.

3. Ekonomi dan Bisnis

Kalau Observer ingin memulai usaha dari rumah, seperti misalnya membuka toko retail, gelar sarjana ekonomi tentu akan membantu Observer manguasai hal-hal dasar yang perlu diketahui dalam menjalankan bisnis.

4. Sastra dan Jurnalisme

Jurusan ini tentu memberi bekal bagi Observer untuk bisa menghasilkan uang dari rumah sebagai penulis.  Baik itu penulis fiksi, non-fiksi, membuat artikel sampai membuat content semua bisa dilakukan dengan gelar ini.

[URIS id=6492]

5. Hospitality

Saat ini, banyak short-term rental yang membutuhkan tenaga kerja dengan pengetahuan di bidang hospitality.  Teman yang mengoperasikan beberapa BnB mungkin memerlukan jasa Observer jadi, jurusan ini bisa menjadi pilihan untuk Observer yang ingin bekerja dari rumah.

6. Early Childhood Education

Selain menjadi guru tetap di suatu lemabaga resmi seperti sekolah, dengan memiliki gelar ini, Observer bisa membuat day-care dari rumah lho.  Siapa yang tidak perlu day-care dijaman yang serba cepat ini?

7. Accounting

Nah, gelar yang satu ini mirip dengan teknologi informasi. Banyak lini yang bisa dilakukan seseorang dengan gelar sarjana Akuntansi dan hampir semua bisa dilakukan dari rumah sebagai konsultan independent seperti konsultan pajak, konsultan keuangan personal, financial model analyst dan lain sebagainya bisa menjadi alternative pekerjaan bagi mereka dengan latar belakang akuntansi.

8. Foreign Languages

Lahan pekerjaan yang paling sering dilakukan dari rumah saat ini adalah seorang translator. Memiliki gelar sarjana Bahasa asing tertentu akan membantu Observer menjadi translator andal yang memiliki competitive advantage disbanding mereka yang otodidak.

9. Music

Pilihan jenis pekerjaan di bidang ini antara lain Observer bisa mengajar music private di rumah hingga membuat music untuk iklan dan lain-lain.

10. Culinary Arts

Siapa yang tidak suka makanan enak? Apalagi dengan perkembangan teknologi informasi seperti sekarang, jenis makanan semakin berlipat ganda sebagai hasil pencampuran berbagai budaya. Bahkan Upper West pun melihat hal ini sebagai potensi besar sampai-sampai mereka menyiapkan Experimental Resto yang cocok bagi Observer yang baru akan memulai karir di bidang ini.

Yang pasti menjalankan bidang kerja apapun dan dari manapun akan berhasil apabila sesuai dengan minat ditambah kerja keras Observer. Tapi yang pasti, semakin hari fasilitas dan inftastruktur untuk bekerja secara mobile dan remote memang semakin banyak untuk mendukung mereka yang ingin memilih karir ini.

Referensi:

  1. https://www.collegeconsensus.com/features/best-degrees-work-from-home/ – diakses 12 April 2020
About Author

administrator

Property Observer adalah portal yang memberi informasi secara up to date dan informatif, baik dalam segi lifestyle , bisnis, dan segala jenis aspek kebutuhan. Namun dari semua itu ada satu aspek yang sangat di butuhkan oleh manusia yaitu property.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *