290 total views |

Roseville soho and suite
                                                                                          Lift Elevator pada Ericsson Globe

Tahukah kamu bahwa elevator atau lift yang tampak sangat modern, apalagi yang berbentuk gelembung dengan dikelilingi kaca, itu sebenarnya sudah ada semenjak ribuan tahun yang lalu? Yang pertama kali menemukan elevator tidak lain adalah ilmuwan terkenal Archimedes ditahun 236 SM. Menurut kitab Vitruvius, Archimedes yang merupakan seorang ahli matematika, fisika, penemu dan astronomer dan terkenal dengan teriakan “Eureka!” yang ia lakukan spontan tanpa berbusana, menemukan konsep elevator saat ia mengangkat drum yang diikatkan dengan tali lalu diangkat secara manual melalui putaran jangkar atau capstan.

Menariknya, ribuan tahun kemudian, di tahun 1743, Raja Louis XV menggunakan prinsip yang sama untuk mengoperasikan apa yang pada saat itu beliau sebut sebagai “kursi terbang” yang memungkinkan untuk membawa salah satu selirnya, langsung ke kamar sang raja di lantai tiga istana Versailles. Raja Louis XV juga menggunakan prinsip tali dan capstan ciptaan Archimedes tadi untuk membuat “meja terbang”. Meja terbang yang sudah siap dengan hidangan dan jamuan diatasnya akan ditarik ke ruangan khusus raja dan tamu pribadinya agar mereka bisa makan tanpa interupsi para pelayan.

Apartemen bsd
                                                                           Elevator pertama karya Otis (kiri). Elisha Graves Otis (kanan)

Tapi penemuan Elisha Graves Otis di tahun 1852 merubah segalanya. Di tahun tersebut, Otis  menemukan safety break untuk mencegah elevator untuk jatuh apabila tali penyangganya putus.  Di tahun 1857, elevator pertama karya Otis digunakan di sebuah departemen store berlantai 5 di New York City dan semenjak saat itu, pembangunan bangunan – bangunan pencakar langit pun menjadi kenyataan.

spesifikasi roseville
                                                       Sigma Elevator, IRIS NV

Otis masih menjadi salah satu produsen elevator terbaik di dunia, tetapi tidak dapat disaingi, kini sudah banyak pesaing – pesaing tangguh lainnya dengan inovasi dan kelebihan masing – masing. Salah satu pesaing Otis terbaik saat ini adalah Sigma. Sigma adalah perusahaan Korea yang berkomitmen untuk memberikan produk dan servis terbaik bagi para pelanggannya. Saat ini elevator Sigma sudah digunakan di lebih dari 50 negara di dunia mulai dari Rusia hingga Mexico, termasuk Indonesia. Hal utama yang ditawarkan oleh Sigma adalah keselamatan pengguna, selain juga keindahannya. Roseville SOHO and Suites yang menyadari pentingnya keselamatan, kenyamanan dan kecepatan pada elevator (lift) yang akan menjadi kendaraan sehari – hari penghuni tenants dan tamu-tamunya, menggunakan merek Sigma untuk semua lift yang digunakan di Roseville.

#ayotinggaldiroseville
                                   Elevator Sigma yang ada di Roseville

Di beberapa tempat terutama gedung – gedung yang menggunakan lift, ketidaknyamanan yang ditimbulkan biasanya adalah keterbatasan ruang, waktu tunggu yang lama dan pengguna elevator seringkali harus berdesakan dengan orang lain. Selain berdesakan, Observer juga pasti pernah merasakan ketidaknyamanan ketika salah satu pengguna elevator berbicara dengan keras, atau tertawa dengan keras. Untuk bangunan – bangunan apartemen yang juga memiliki sarana untuk umum, ketidaknyaman bisa bertambah karena mereka yang tinggal di gedung harus berbagi elevator dengan orang asing pengunjung toko atau kantor yang terdapat di bangunan tersebut.

Roseville ternyata sangat memperhatikan dan menyadari ketidaknyamanan – ketidaknyamanan tersebut. Untuk itu, selain mencari merek terkenal dan terpercaya untuk menyediakan elevator yang aman dengan kecepatan mumpuni, Roseville juga menawarkan semi-private elevator. Dimana Observer akan mendapatkan Roseville memiliki 3 Lobby Lift, dan penggunaan yang terpisah untuk SOHO dan untuk hunian (west & east).

Menarik, bukan? Apalagi tidak semua tipe hunian sejenis menawarkan hal yang sama lho.  Penulis pernah tinggal di salah satu apartment, dimana mendapatkan lift apalagi ketika pagi hari bagaikan mendapatkan tiket film box office ketika premiere tayang, harus lamaaa menunggu.

Salah satu masalah elevator, sudah ditangani dengan baik oleh Roseville. Sudah waktunya untuk Observer untuk segera check Roseville dan mulai berinvestasi di Properti.

Reference:

https://www.history.com/news/who-invented-the-elevator accessed on July 12, 2018.
http://www.sigmaelevator.com/html/sub_pr01.asp accessed on July 12, 2018
https://www.britannica.com/biography/Archimedes accesed on July 12, 2018
http://www.thedailyrecords.com/2018-2019-2020-2021/world-famous-top-10-list/world/best-elevator-lift-manufacturing-companies-world-schindler-german/10223/#forward – accessed on July 12, 2018

Share To: