The Observer

Australia: Benua Unik yang Layak Diulik

Penulis: Andria Harahap | Editor: Ratna MU Harahap

Halo Observer, kali ini saya ingin bahas fakta-fakta yang menarik seputar Australia. Australia sendiri sudah merupakan sebuah tempat yang unik, karena Australia merupakan benua terkecil, namun juga merupakan salah satu negara terbesar di dunia. Australia juga merupakan salah satu negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia, hanya terpisah oleh Laut Arafuru.

Aussie1

Nah berikut beberapa fakta unik dari Australia,

1. Australia memiliki peradaban yang tertua di dunia.

Ketika penjelajah Belanda, Willem Janszoon mendarat di Australia pada tahun 1606, benua itu sudah dihuni oleh sekitar 10.000 warga asli Aborigin dan warga Kepulauan Torres. Ketika dilakukan penelitan DNA secara ekstensif oleh Cambridge University, ditemukan bahwa ternyata warga Aborigin Australia merupakan salah satu peradaban manusia pertama. Warga asli ini bermigrasi ke Sahul ( benua prehistoric yang merupakan cikal bakal dari Australia dan Papua New Guinea) sekitar 50,000 tahun lalu. Pada akhirnya, kenaikan level air laut menyebabkan pulau-pulau ini menjadi wilayah yang terpisah, sehingga membuat masyarakat Aborigin terisolasi, tidak bisa membaur dan membangun komunitas sendiri.

2. Australia merupakan “rumah” bagi hewan-hewan unik

Australia memiliki hewan asli, yang tidak bisa ditemukan di negara manapun. Hal ini terjadi karena lokasi Australia yang memang terisolir secara geografis, sehingga 80% dari hewan dan tumbuhan yang ada di Australia tidak bisa ditemukan di tempat lain. Observer hanya bisa bermain dengan Koala yang menggemaskan, Kangguru yang unik, Wallaby dan Wombat di Australia. Tasmanian Devil, yang awalnya saya kira hanya ada di film kartun, ternyata merupakan salah satu hewan asli Australia.

3. Australia memiliki pantai terbanyak di dunia.

Ada begitu banyak pantai di Australia, sehingga dibutuhkan waktu 27 tahun untuk mengunjungi setiap pantai yang ada di Australia.

4. Highway 1 adalah salah satu jalan tol terpanjang di planet bumi.

Dengan jalanan yang mulus dan lebar yang terbentang sepanjang jalur pantai, menembus padang pasir dan melintasi pegunungan, Australia merupakan surga bagi mereka yang senang road trip. Salah satu jalan bebas hambatan yang terkenal adalah Highway 1 ( atau dikenal juga dengan nama Big Lap) merupakan jalan sepanjang 14,500 km yang membentuk lintasan panjang mengelilingi benua Australia, menghubungkan kota-kota besar seperti Sydney, Melbourne, Adelaide, Perth, Darwin dan Brisbane.

Jalur yang paling terkenal adalah “90 Mile Straight”, yaitu jalur lurus sepanjang 146,6 km yang melintas melalui jalan lurus dan rata, di wilayah tanpa pepohonan yang terbentang antara Balladonia and Caiguna, di Western Australia.

5. Australia memiliki lapangan golf terpanjang di dunia.

Nullarbor Links merupakan lapangan Golf terbesar di dunia, dan bahkan melintasi 2 negara bagian di Australia. Hole 1 ada di Kalgoorlie, Western Australia dan berakhir 1364 km berikutnya di Ceduna, South Australia. Lapangan ini memiliki beragam jenis rintangan, dan bahkan tak jarang para pemain akan bertemu dengan kawanan Kangguru dan Wombat di sepanjang jalur ini. Biasanya pemain membutuhkan waktu selama 4 hari penuh untuk menyelesaikan seluruh jalur.

6. Australia juga punya Gunung Alpen

Nah ini yang menarik Observer, ternyata Australia juga punya Gunung Alpen loh, malah disini ternyata salju yang turun lebih banyak daripada di Gunung Alpen Swiss. Thredbo dan Perisher merupakan 2 ski resort besar yang berlokasi di dekat Canberra. Sementara itu, ada juga area Blue Cow Mountain yang sudah terkenal sebagai area bersalju dengan beragam pilihan akomodasi.

Untuk Observer yang mau datang untuk menikmati salju disarankan untuk berkunjung antara bulan Juni-September. Wahhh, jadi ngga perlu jauh-jauh ke Swiss untuk main salju nih Observer.

7. Penduduk Australia gemar berjudi.

Jumlah penduduk Australia perkapita yang mengahbiskan uangnya untuk berjudi ternyata jumlahnya jauh lebih banyak dibandingkan negara lain. Sekitar 80% dari warga dewasa di Australia melakukan kegiatan perjudian dalam berbagai bentuk. Bahkan dari seluruh mesin poker yang ada di dunia, 20% nya ada di Australia.

Sumber :

interestingfacts.com

travelnation.co.uk

makemytrip.com

Exit mobile version