The Observer

Berapa Jam Sih Waktu Tidur Ideal Kita?

Girl using smart phone and lying down in bed late at night

Observer pasti sudah paham ya kalau tidur merupakan salah satu aktivitas terpenting bagi manusia. Walau begitu kadang malah waktu tidur ini yang banyak kita korbankan, apakah karena tumpukan pekerjaan, masalah keluarga, atau bahkan karena keasyikan nonton Netflix atau baca Novel. Yang ada , waktu tidur berkurang drastis dan kita bangun dalam keadaan pusing dan kurang fit.

[URIS id=6016]

Nah, apakah waktu tidur yang kita butuhkan benar-benar 8 jam sehari, seperti pengetahuan yang selama ini kita dapat? Menurut penelitian yang dilakukan oleh National Sleep Foundation selama 2 tahun, kebutuhan tidur setiap manusia berbeda, sesuai tingkatan usianya. Berikut hasil penelitian mereka atas kebutuhan jam tidur berdasarkan usia :

[URIS id=6019]

National Sleep Foundation  juga menyatakan bahwa kurang tidur akan menyebabkan berbagai penyakit, misalnya penyakit jantung, dan yang paling menyebalkan adalah perasaan lelah dan “cranky” yang akan dihadapi  sepanjang hari.

[URIS id=6024]

Di sisi lain, tidur terlalu lama juga ternyata bukan hal yang baik. Waktu tidur maksimal kita juga berbeda – beda, sesuai dengan usia. Ternyata tidur terlalu lama malah bisa menimbulkan rasa depresi. Jadi, bagi yang sedang merasa galau, harap di ingat untuk tidak tidur terlalu lama.

Berikut adalah durasi jam tidur yang sebaiknya dihindari :

National Sleep Foundation juga menganjurkan agar kita berusaha mengatur jadwal tidur yang teratur (bahkan saat weekend), lebih disarankan kalau kita juga melakukan ritual stretching ringan sebelum tidur, berolahraga secara teratur dan menghindari makan berat 2 jam sebelum tidur. Jangan lupa untuk mengatur suhu dan cahaya ruangan supaya tidur lebih berkualitas.

[URIS id=6027]

Yang paling penting, jadikanlah tidur sebagai prioritas utama, jangan menunda atau mengacaukan waktu tidur untuk melakukan hal-hal lain, apalagi untuk hal-hal yang “kurang” penting seperti marathon nonton series di Netflix. It’s time to give better attention to your body!

Exit mobile version