396 total views |

Saya baru saja menonton The Longest Ride yang dibintangi Scott Eastwood, selain terbayang sang Cowboy nan gagah, saya juga terkesima dengan horse riding yang ditampilkan di film tersebut. Beberapa adegan menampilan Eastwood dan lawan mainnya Britt Robertson berdampingan menunggang kuda di hamparan rumput yang hijau! Walah! Mendung-mendung begini! Tetapi, menunggang kuda ini, percaya gak Observer semacam gampang-gampang susah tapi banyak manfaatnya!

Scoot Eastwood
                                                           Scoot Eastwood dan Britt Robertson dalam film The Longest Ride

Menurut Dr. Allison Stout,DO dari situs www.healthiestbest.com, menunggang kuda memberikan health benefits sebagai berikut:

Dr. Allison Stout, DO

1. Melatih keseimbangan dan koordinasi karena pada saat menunggang kuda kita harus selalu menjaga keseimbangan dan untuk itu diperlukan kerja dari berbagai bagian tubuh secara serasi.

2. Mengencangkan otot dan meningkatkan fleksibilitas karena saat menunggang kuda, semua otot tubuh bekerja untuk menjaga keseimbangan terutama otot dalam paha dan pinggul yang bekerja keras saat kita menjaga posisi tegak saat menunggang kuda.

3. Tergantung jenis latihan yang kita jalani, menunggang kuda bisa menjadi latihan bagi fungsi jantung atau kardio.

4. Yang terpenting, menunggang kuda

Kalau Observer kemudian berfikir, memangnya dimana sih stable kuda yang gampang dicapai di sekitar kita? Bagi Observer yang tinggal di BSD City, jangan kuatir, sedikitnya ada dua ranch dan tempat yang menawarkan kelas menunggang kuda di sekitar BSD City. Yang pertama adalah APM Equestrian Center yang terletak di Cikupa Tangerang. APM Equestrian Center ini memiliki boarding school yang isinya adalah para atlet berkuda nasional lho. Fasilitasnya jangan ditanya, apalagi kuda-kuda yang tersedia merupakan kuda-kuda yang berprestasi secara nasional dan internasional.

Alternatifnya, terutama bagi para pemula yang masih dalam tahap berkenalan dengan olahraga berkuda bisa mencoba Branchsto Equestrian Park. Branchsto ini terletak tidak jauh dari Vanya Park yang merupakan cluster utama dari Alesha dan Asatti. Bahkan begitu keluar dari gerbang Vanya Park, langsung terlihat penanda jalan untuk menuju Branchsto ini.

Branchsto Park
                                                                                                 Brancshto Equestian Park

Nah ini lho yang sebenarnya sangat sulit ditandingi dari BSD City. Ditengah tantangan untuk menyeimbangkan antara penggunaan gadget yang seringkali dibutuhkan untuk bekerja dan membuat tugas sekolah dengan kegiatan fisik, BSD City menawarkan solusi yang sempurna karena beragamnya kegiatan fisik yang tersedia sesuai minat, sambungan internet di BSD City juga tidak perlu diragukan lagi untuk mendukung tugas Observer. Tidak ada lagi kompleks perumahan terintegrasi seperti BSD City yang menawarkan berbagai jenis lifestyle. Dalam hal berkuda ini saja, Observer punya pilihan akan mencoba sekolah berkuda yang professional seperti APM Equestrian Center atau Branchsto. Akhirnya, saya jadi teringat, kalau Observer baru mau akan mengambil manfaat dari fasilitas-fasilitas BSD City yang beragam ini dan akan mencoba menunggang kuda untuk pertama kalinya, berikut ini beberapa tip mengenai hal-hal yang harus dilakukan ketika akan menunggang kuda untuk pertama kalinya:

  1. Duduk relaks tapi tegak dan jangan membungkuk karena apabila Observer dalam posisi membungkuk, akan lebih sulit mengontrol kuda yang ditunggangi sehingga berbahaya bagi Observer sendiri seandainya terjadi gerakan mendadak dari sang kuda.
  2. Kendalikan kuda dengan memegang tali kendali dengan relaks tapi terkontrol: tidak terlalu kencang dan tidak terlalu longgar. Ikuti gerakan kepala kuda.
  3. Lihat ke depan / ke jalan dan jangan terpaku melihat kuda yang Observer tunggangi. Yang umum sih untuk melihat kedepan melalui kedua telinga kuda untuk menjaga kesimbangan kalian berdua.
  4. Gunakan peralatan keamanan yang memadai terutama helmet. Ada kalanya dimana gerakan antara penunggang dan kuda tidak singkron atau tidak seimbang yang menyebabkan kuda melakukan gerakan yang tiba-tiba seperti berdiri atau berlari kencang. Dalam kondisi penunggang tidak siap
  5. Last but not least, sapalah kuda yang akan Observer tunggangi. Tidak ada salahnya berkenalan dengan kuda sebelum Observer naik. Ingat lho, kuda juga mahluk hidup yang memiliki perasaan.

Nah, BSD City residents, sudah siapkah untuk menunggang kuda hari ini?

Referensi:

  1. https://www.healthiestbest.com/benefits-of-horseback-riding – diakses 25 Januari 2019
  2. http://www.apmequestrian.com/ – diakses 25 Januari 2019
  3. https://www.thesprucepets.com/things-not-to-do-the-first-time-you-ride-1887064 – Diakses 25 Januari 2019
  4. https://www.thesprucepets.com/common-beginner-horse-riding-mistakes-1886057 – Diakses 25 Januari 2019
Share To: