The Observer

Cancel Culture, Sanksi Sosial Masa Kini

Penulis: Andria Harahap | Editor: Ratna MU Harahap

Hai Observer, siapakah yang saat ini sedang mengikuti kasus yang menimpa actor korea, Kim Seon-ho, pemeran utama dari serial Hometown Chachacha yang sedang menjadi serial yang banyak digemari. Akibat skandal pemaksaan aborsi terhadap mantan kekasih terungkap.Kim Seon-ho pun otomatis terkena “cancel culture”. Salah satunya adalah tuntutan baginya untuk mundur dari berbagai proyek baik di televisi maupun film dan penghapusan “wajah”dari brand- brand yang selama ini menggunakannya sebagai bintang iklan.

Cancelculture1

Cancel culture ini merupakan tindakan penarikan support atau dukungan terhadap seorang individu, baik itu dukungan terhadap karir ataupun popularitas karena perkataan atau tindakan mereka yang tidak dapat ditolerir oleh publik.

Kebanyakan mereka yang mengalami cancel culture ini adalah public figure yang memiliki pengaruh besar terhadap fans atau followers mereka yang jumlahnya tidak sedikit, dan apa yang mereka katakan atau lakukan menimbulkan kerugian terhadap seseorang,sebuah kelompok atau bahkan menimbulkan kerugian terhadap sebuah komunitas.

Mungkin cancel culture ini konsepnya kurang lebih sama seperti boikot, yang menurut KBBI artinya sama dengan bersekongkol menolak untuk bekerja sama (berurusan dagang, berbicara, ikut serta, dan sebagainya).

Nah ternyata selain Kim Seon-ho, banyak juga selebriti yang terkena sanksi sosial ini. Siapa sajakah mereka?

1. Kim Min-gwi

Aktor Korea ini mendapatkan pemotongan adegan di serial Nevertheless. Hal tersebut terjadi karena masalah perselingkuhannya yang diketahui oleh publik. Berawal dari unggahan anonymous di sebuah forum online “The true nature of an actor from drama ‘N_v_rth_l_ss’ is revealed” yang menuding actor ini berselingkuh, bersikap kasar dan melanggar protokol kesehatan. Walaupun ia sudah muncul dan meminta maaf, publik sudah terlanjur bersikap dingin, dan akibatnya tim produksi Nevertheless mengeluarkan pernyataan bahwa mereka akan memotong sebagian besar adegan di mana actor ini muncul.

2. Johnny Depp

Aktor Johnny Depp juga terkena sanksi sosial setelah ia tersandung kasus dugaan penganiayaan terhadap Amber Heard. Hal ini membuat penggemar Harry Potter protes dan menuntutnya mundur dari film Fantastic Beast. Akhirnya Depp pun resmi mengundurkan diri dari perannya sebagai Gellert Grindelwald dalam film Fantastic Beast 3.

3. Harvey Weinstein

Skandal yang melibatkan produser Harvey Weinstein ini cukup membuat gempar Hollywood, dan menggagas gerakan #MeToo di tahun 2017. Lebih dari 90 aktris termasuk Angelina Jolie dan Salma Hayek menuduh Weinstein atas perundungan seksual. Akibat skandal ini, Weinstein dipecat dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences, para partnernya juga memintanya untuk mundur dari perusahaan produksinya. Dan di tahun 2020 ia menerima putusan hukuman penjara selama 23 tahun atas tindak kriminal yang ia lakukan.

4. Gofar Hilman

Berawal dari cuitan di Twitter dari seorang perempuan yang merasa dilecehkan oleh Gofar Hilman, Ternyata cuitan ini berbuntut panjang karena kemudian muncul korban-korban lain yang juga merasa telah dilecehkan oleh Gofar. Akibatnya bagi Gofar, selain menghadapi tuntutan hukum, kekecewaan terhadap pelecehan ini menggema di media sosial, sehingga Gofar sempat berhenti produksi konten di Youtubenya. Seperti juga Weinstein, Gofar Hilman “dipaksa” mundur oleh para rekan bisnisnya di Lawless Burger.

5. Seungri

Seungri adalah personel dari Bigbang salah satu boyband Korea Selatan yang sangat populer. Pada tahun 2019 ia tersandung skandal Burning Sun, yaitu skandal seks dan obat-obatan yang menjadi skandal terbesar dalam industri hiburan Korea Selatan. Akibat keterlibatannya Seungri mengalami pembatalan kontrak dengan beberapa iklan dan terpaksa mundur dari Industri hiburan Korea Selatan. Ia pun mendapatkan hukuman penjara selama 3 tahun dan denda sebesar 1.156.900.000 won atau sekitar Rp 14 miliar.

Referensi:

1. CNN indonesia

2.DW.com

3. GoodToKnow

4. Kompas

Exit mobile version