The Observer

Cara Ampuh untuk Melepas Kangen sama BTS

Penulis: Santi Apriani | Editor: Ratna MU Harahap

BTS1

Di masa pandemi sekarang ini tentunya banyak hal yang harus rela kita lepas, diantara banyak hal yang harus kita relakan, salah satu aktivitas yang saat ini tidak bisa dilakukan adalah menonton konser artis-artis favorit kita. Dan buat Observer yang suka sama K-Pop, tentunya kangen banget bisa nonton/ketemu langsung sama artis idolanya, dan diantara semua artis K-Pop yang ada, tidak ada yang tidak kenal dengan BTS, bahkan yang tidak suka dengan K-Pop pasti minimal tahu nama boyband dari Korea ini karena sudah sangat terkenal di seluruh dunia.

Kenapa BTS bisa sangat terkenal? Apa istimewanya mereka?

BTS Bangtan Sonyeondan, juga dikenal sebagai Bangtan Boys, adalah sebuah boy band beranggotakan tujuh orang asal Korea Selatan yang dibentuk oleh Big Hit Entertainment. Nama tersebut kemudian berakronim menjadi Beyond the Scene pada bulan Juli 2017.

Army BTS

Grup musik asal Korea Selatan ini menjadi salah satu boyband paling populer di dunia. Melansir Fresherslive.com, jumlah Army (merupakan fanbase nya BTS, Army singkatan dari Adorable Representative MC for Youth) pada 2021 mencapai 90 juta orang di seluruh dunia. Dari puluhan juta itu, termasuk di antaranya penggemar dari Indonesia. Berdasarkan sensus yang pernah dilakukan terhadap 400.000 Army di seluruh negara, jumlah Army BTS terbesar adalah dari Indonesia yakni sebanyak 20%, jika dikalkulasikan berarti jumlah Army yang ada di Indonesia bisa mencapai 18 juta orang!! Wow… Amazing!!

Grup musik ini terdiri dari tujuh anggota, yaitu Jin, Suga, J-Hope, RM, Jimin, V, dan Jungkook. Mengutip Insider, debut mereka pada 2013 dan musiknya telah beredar di 91 negara. Youngdae Kim, seorang kritikus musik Korea sekaligus penulis “BTS The Review: A Comprehensive Look at the Music of BTS”, mengatakan, subjek musik BTS berperan dalam kesuksesan mereka. Musik BTS biasanya berisi pesan tentang masalah sosial untuk penggemar.

Album pertama mereka “2 COOL 4 SKOOL” sukses dan menempati 10 besar chart musik Korea sebulan setelah rilis. Lagu utama album tersebut berjudul “No More Dream” mengangkat tentang tekanan yang dihadapi remaja di Korea.

Konsep dalam setiap penampilan BTS bisa sangat “menjual”. Perpaduan tarian, lagu, dan video musik yang mengesankan, mampu menarik banyak penggemar.

Untuk memoles penampilan mereka, BTS berlatih selama berjam-jam. Saat bersiap untuk penampilan debut, tujuh personel BTS bekerja selama 12 hingga 15 jam sehari.

Proses perekrutannya pun dilakukan jauh hari, bahkan bertahun-tahun sebelum debut. Big Hit Entertainment, perusahaan manajemen yang menaungi BTS merekrut anggota BTS pada 2010. Proses pencarian bakatnya beragam, baik secara online atau dalam kehidupan nyata. Misalnya, anggota BTS Suga direkrut melalui audisi online pada musim gugur tahun 2010. Sementara, Jungkook direkrut agen setelah mengikuti audisi Superstar K, sebuah ajang pencarian idola di Korea.

Setelah menghimpun beberapa orang, Big Hit menjalankan pelatihan dan pembinaan. Banyak peserta remaja, berusia antara 13-15 tahun. Anggota termuda, JungKook, sekarang berusia 22 tahun. Ia berusia 14 tahun ketika pertama kali memulai pelatihan.

Internet dan media sosial memegang peranan penting dalam keberhasilan BTS. Pakar budaya pop Kim Hern-sik mengatakan, BTS sebenarnya dikelola oleh agensi yang cukup kecil dan memiliki kelonggaran dibanding grup atau artis lainnya. Mereka diberi kebebasan untuk berinteraksi dengan Army di media sosial.

Melalui berbagai platform, para penggemar menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengunggah konten, mengirim pesan, dan berbagi kisah tentang idola. Bahkan, karena pengaruhnya di internet, BTS dua kali muncul di Guinness World Records edisi 2019 atas rekornya di media sosial. Grup ini memiliki rekor keterlibatan Twitter terbanyak, dengan masing-masing tweet mereka memiliki rata-rata 330.624 retweet, balasan, like, atau interaksi lainnya.

Saking memberi pengaruh yang besar, bahkan BTS berhasil menjadi Asian Music Icon pertama yang dipercaya menjadi Brand Ambassador Louis Vuitton yang kemudian mereka menjadi model di runway LV!

Tentunya banyak cara yang Army tempuh untuk bisa melepas kangen, yang paling mudah adalah cari-cari info di medsos, atau nonton di YouTube, tapi… tentunya hal itu bisa dilakukan semua orang kan? Sebagai Army sejati pasti ingin memiliki produk/barang yang sifatnya sangat personal dari BTS, produk yang ga semua orang bisa miliki! Menjawab keinginan tersebut, BTS menghadirkan merchandise terbarunya dengan jumlah yang terbatas yakni BTS HANGEUL MESSAGE CHOCOLATE.

Terdiri dari 2 packaging yang berwarna hitam dan pink, didalam BTS HANGEUL MESSAGE CHOCOLATE ini terdapat 8 kemasan yang berisikan 7 coklat berisikan lirik lagu (lirik lagu mikrokosmos pada packaging yang berwarna hitam dan lirik lagu spring day pada packaging yang berwarna pink) dan 1 coklat berisikan logo BTS serta 2 buah sticker. Tentunya merchandise yang WAJIB DIMILIKI nih… Setiap saat kangen, bisa langsung memandang/membaca lirik di coklatnya atau bahkan memakannya (kalau ga sayang ya…). Inget… ini personal banget, karena jumlahnya yang terbatas!

Didalam press conference yang dilakukan Ralali.com (sebagai distributor resmi di Indonesia) pada Jumat, 8 Oktober 2021, diungkapkan bahwa selain jumlahnya yang sangat terbatas, merchandise ini juga ASLI dibawa langsung dari Korea, dan untuk menunjukan keaslian produknya, akan tersedia barcode di packagingnya yang bisa discan untuk menunjukan keaslian produk.

Sayangnya sekarang ini untuk pemesanan merchandise tersebut baru bisa dilakukan secara pre-order di Ralali.com. Tapi Observer jangan bersedih, Ralali.com mengungkapkan bahwa mereka akan menunjuk partner yang akan memasarkan produk ini, tapi… masih rahasia. Jangan khawatir, pastinya Property Observer akan memberikan updatenya untuk para Observer. Segera!

Source :

  1. Kompas.com
  2. Wikipedia
  3. Ralali.com
  4. Thesillytv.com
  5. Samsung
Exit mobile version