262 total views |

“Ternyata tempatnya bukan di tong sampah lho !”

 

Tentu saja selama hidup kita sering mengkonsumsi beragam obat-obatan. Nah, kadang yang terjadi, obat belum habis tapi kita sudah sembuh. Obat tersimpan lama kemudian kadaluarsa.

Sisa Obat

Jangan sampai salah ya, karena untuk obat perlu penanganan khusus terhadap sampahnya.  Jangan sampai sampah obat kita malah menyebabkan kerusakan bagi makhluk hidup lain.

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk obat-obatan yang sudah tak (bisa) dikonsumsi?

  1. Pilah persediaan obat kita.

Untuk obat yang belum lewat tanggal kadaluarsa bisa didonasikan ke klinik amal untuk diberikan kepada yang membutuhkan. Tentu saja ini hanya berlaku untuk kondisi obat yang masih bagus. Artinya tablet/kapsul masih dalam wadahnya (strip, blister) yang belum dibuka, sementara untuk obat cair, tutup botol belum dibuka

  1. Untuk obat yang sudah kadaluarsa titipkan ke apotik, rumah sakit, atau pabrik obat. Pihak-pihak tersebut biasanya melakukan pemusnahan rutin terhadap stok obat yang sudah kadaluarsa. Tapi sebelum dititipkan jangan lupa untuk membuang terlebih dahulu kemasan obat. Misalnya stiker pada botol disobek, kotak kemasan digunting. Hal ini untuk mencegah pemalsuan obat, karena bisa ada pihak yang menyalahgunakan obat kadaluarsa ini. Tetapi bila anda merasa jalan ke apotik atau rumah sakit atau pabrik obat itu membutuhkan usaha luar biasa, maka lihat cara no 5 untuk membuang obat kadaluarsa anda.
  2. Kalau jumlah tablet/kapsul yang sudah kadaluarsa terdapat dalam jumlah sangat besar, dapat juga dititipkan di pabrik semen, untuk dijadikan campuran semen.
  3. Vitamin dan mineral cair bisa dipakai sebagai pupuk dengan cara langsung dituangkan ke tanaman. Bila berbentuk kapsul, isinya dikeluarkan. Jika berbentuk tablet, dihancurkan terlebih dahulu. Kemudian taburkan bubuk obat tersebut ke tanaman.
  4. Beberapa obat resep yang mengandung zat yang dikendalikan, seperti opiat (fentanyl, morfin, diazepam, oxycodone, buprenoprhine) tidak boleh dibuang langsung ke dalam tempat sampah, karena metode ini mungkin masih memberikan kesempatan bagi anak atau hewan peliharaan untuk secara tidak sengaja menelan obat-obatan tersebut. Untuk obat-obat ini direkomendasikan untuk dibuang dengan diguyur ke dalam toilet segera setelah mereka tidak lagi digunakan.

Mengelola Obat

Jadi yuk Observer, cek persediaan di lemari obat anda, pilah dan buang sesuai ketentuan obat yang sudah kadaluarsa.

Sumber :

1.https://www.wwf.or.id/tentang_wwf/upaya_kami/iklim_dan_energi/solusikami/kampanye/gaya_hidup_hijau/tips_bijak_terhadap_sampah_batu_baterai/bijak_terhadap_sampah_obat.cfm

  1. http://www.greenlifestyle.or.id/tips/detail/obat_yang_sudah_tidak_terpakai_diapakan_ya
Share To: