219 total views |

Ciptakan Surga Kecil untuk Anak – Anak Kita

 

Tahukah Observer, bahwa bermain di luar rumah merupakan salah satu hal yang menjadi kunci perkembangan anak-anak kita? Mengapa? Coba simak beberapa poin di bawah ini.

1. Sinar matahari

Anak-anak butuh sinar matahari untuk vitamin D, yang sangat penting bagi tubuh kita, mulai dari pertumbuhan tulang sampai membentuk system imun. Selain itu sinar matahari juga penting, untuk mematikan bakteri TBC, yang masih menjadi momok bagi negara tropis seperti Indonesia.

2. Olahraga

Anak-anak butuh bergerak secara aktif minimal 1 jam dalam sehari, dan bermain di luar adalah salah satu cara untuk memastikan mereka bisa bergerak dengan aktif. Biarkan anak-anak bermain bola atau bersepeda di luar untuk memastikan otot-otot mereka terlatih dengan baik.

3. Fungsi eksekutif

Fungsi ini yang akan membantu anak-anak untuk membuat perencanaan, menentukan skala prioritas, mengatasi masalah, bernegosiasi dan multitasking. Hal-hal yang dibutuhkan untuk kesuksesan masa depan. Untuk melatih hal-hal ini anak-anak butuh “unstructured time”, dimana mereka bisa berhubungan dengan anak-anak lain untuk menciptakan permainan, menyelidiki suatu hal baru atau hanya untuk bersenang-senang. Hal-hal ini akan terasa lebih menyenangkan apabila dilakukan di luar ruangan.

4. Resiko

Anak-anak harus belajar untuk mengambil resiko. Sebagai orang tua, tentu saja hal ini membuat kita menjadi snewen, karena kan kita maunya anak kita selalu aman. Tapi apa jadinya kalau kita selalu berusaha melindungi anak kita, membuat mereka hidup dalam gelembung tidak kasat mata ini? Mereka akan tumbuh menjadi anak-anak yang kurang percaya diri dan selalu takut dalam menghadapi resiko-resiko yang akan terjadi dalam hidup mereka. Dengan bermain di luar, anak-anak akan belajar untuk mengambil resiko dan menghadapi hasil dari keputusan yang mereka ambil ini.

5. Sosialisasi

Anak-anak harus belajar untuk bekerja dan bermain bersama, mereka harus belajar cara berteman, berbagi dan saling menghargai. Apabila mereka selalu ada dalam suasana yang tertata seperti di dalam rumah atau sekolah, maka mereka akan sulit untuk mempelajari hal-hal tersebut.

6. Menghargai alam

Apabila anak-anak tumbuh tanpa ada kedekatan dengan alam, tidak pernah merasakan asiknya bermain di ruang terbuka, hiking, bermain dengan tanah dan tumbuhan, melihat binatang di habitat aslinya, bermain di gunung ataupun sungai dan laut maka mereka tidak akan mengerti apa yang terjadi apabila alam dan sekitarnya terenggut secara paksa dari kehidupan mereka. Masa depan dari planet bumi ada di tangan mereka, sehingga mereka harus mulai belajar untuk menghargai alam sebelum mulai sadar untuk menjaganya.

Sayangnya saat ini sulit untuk mencari ruang terbuka yang aman dan nyaman bagi anak-anak. Hal inilah yang membuat kami sekeluarga membulatkan tekad untuk membeli rumah di Whelford, BSD City. Selain karena tertarik dengan konsep desain rumahnya, yang memiliki cukup banyak ruang untuk kami sekeluarga, menjadi tujuan utama kami untuk membeli unit ini adalah keberadaan private flying garden yaitu taman bersama yang posisinya tepat di depan pintu rumah kami. Dengan konsep ini, kami sebagai orang tua merasa bisa memenuhi kebutuhan anak akan adanya area outdoor dimana mereka bisa bermain dan berkembang dengan lebih baik.

Bayangkan, begitu anak keluar dari pintu rumah, ia akan disambut oleh taman yang asri dan bebas polusi. Mereka bisa bebas bermain, berlari-lari, bersepeda ataupun hanya bersantai tanpa takut ada kendaraan yang mengganggu keasikan mereka bermain. Kita juga sebagai orang tua bisa ikut mengawasi sambil bersosialisasi dengan tetangga. Komunitas kehidupan bertetangga pun akan menjadi lebih erat dan “guyub”, suatu hal yang sudah langka terjadi, terutama di hunian yang terletak di jalan-jalan besar.

Beberapa teman dan kerabat kami juga memutuskan untuk pindah ke Whelford, setelah mereka berkunjung kesini. Konsep bangunan dan lingkungan lah yang menjadi daya tarik utama mereka. Apalagi, sekarang ada program khusus yang membuat kami penghuni lama menjadi sedikit “iri” pada pembeli baru. Bayangkan, hanya dengan 190 juta, para penghuni baru sudah mendapatkan hunian lengkap dengan seluruh furniture nya. Teman saya yang baru pindah bahkan hanya membawa pakaian, barang elektronik seperti TV dan komputer, serta barang lain seperlunya. Semua sudah disediakan di Whelford!

Share To: