332 total views,  1 views today

DESKXERCISE: Penting untuk Mereka yang Duduk Dalam Waktu Lama

 

Hayo Observer, pernahkah menghitung berapa jam anda duduk dalam sehari? 4 jam, 8 jam, atau bahkan 12 jam? Bukan hanya pekerja kantoran loh yang terbiasa duduk selama berjam–jam, mereka yang bergerak di bidang kreatif seperti desainer, video atau film editor dan penulis juga pasti sering melakukan hal ini.

Padahal duduk terlalu lama efeknya kurang baik untuk tubuh, postur akan menjadi lemah, otot dan sendi pasti mengalami ketegangan karena ada di posisi yang sama selama berjam–jam. Bahkan beberapa penelitian menemukan fakta bahwa duduk lama bisa menghambat peredaran darah ke otak, sehingga mengurangi produktivitas secara mental.

Tapi kadang karena satu dan lain hal, kita memang terpaksa untuk duduk selama berjam jam. Berikut beberapa DESKXERCISE (Desk Exercise) yang bisa dilakukan untuk membuat badan kita tetap bugar walau harus duduk dalam waktu lama,

1.Melakukan pernafasan melalui diafragma

Bagus untuk melemaskan otot yang tegang dan kaku, serta untuk relaksasi sistem syaraf

Caranya: Letakkan satu tangan di dada, dan satu tangan yang lain di bawah tulang rusuk, sehingga anda bisa merasakan bagian di antara perut dan dada bergerak ketika anda bernafas. Tarik nafas dalam 4 hitungan, rasakan bagian tersebut mengembang. Tahan selama 2 detik, kemudian lepaskan dalam 4 hitungan. Ulangi gerakan ini selama 5 kali, dan rasakan bagaimana badan terasa lebih relaks setelah melakukannya.

2. Segmented Cat-Cow atau Gerakan Menggeliat dan Membungkuk.

Gerakan ini baik untuk menjaga kelenturan bagian punggung dan pinggang.

Caranya: Sambil duduk, lengkungkan punggung anda secara perlahan sehingga bagian perut akan maju dan membentuk curve pada tulang belakang anda. Otomatis dada akan terangkat, dan jangan lupa tarik kepala ke belakang  sehingga anda bisa melihat langit-langit. Setelah itu pelan-pelan lengkungkan seluruh bagian badan ke depan, sampai dagu menyentuh dada.  Ulangi gerakan ini 2-3 kali setiap jam.

3. Figure Four Stretch

Apakah bagian pinggang dan bokong anda sering pegal setelah duduk lama? Lakukan lah latihan ini untuk mengurangi rasa pegal tersebut.

Caranya: duduk tegak kemudian taruh pergelangan kaki kiri di lutut kanan sehingga membentuk seperti angka 4, tarik nafas dan bungkukan badan ke depan sampai perut menyentuh paha atau sejauh badan terasa nyaman.  Tahan selama 30 detik- 1 menit, kemudian tukar posisi kaki dan ulangi.

Travel-Yoga-IMG_1422-600x900
Travel-Yoga-IMG_1417-600x900
Travel-Yoga-IMG_1422-600x900 Travel-Yoga-IMG_1417-600x900

Pic credit: https://styleblueprint.com

4. Seated Thoracic Rotation

Kadang duduk lama bisa mengakibatkan nyeri di bagian leher. Lakukan exercise ini untuk mengurangi rasa sakit. Latihan ini juga bisa membuat pernafasan kita menjadi lebih lancar

Caranya: Sambil duduk, silangkan tangan depan dada. Kemudian pelan pelan putar badan kearah kanan. Ingat, pinggang harus tetap menghadap ke depan. Tahan selama 15 detik, lalu kembali menghadap depan. Lakukan gerakan yang sama ke arah berlawanan, tahan selama 15 detik kemudian kembali hadap depan. Ulangi 2-3 kali.

Selain melakukan stretching ini ingat untuk minum banyak air putih dan jangan terlalu sering menahan buang air kecil. Ingatlah kalau menjaga kesehatan tentu lebih baik daripada mengobati penyakit.