294 total views |

Dimanakah Kota Yang Paling Aman di Dunia?

 

Ternyata predikat kota paling aman di dunia masih dipegang oleh Tokyo. Predikat ini sudah bertahan selama 3 tahun berturut turut. No 2 dan no 3 diduduki oleh Singapura dan Osaka. Terjadi pula perubahan yang cukup signifikan dimana Hongkong yang tadinya ada di peringkat 9 melorot drastis ke peringkat 20, sementara itu Washington D.C masuk ke 10 besar untuk pertama kalinya.

Tokyo, kota peringkat 1 yang paling aman di dunia
Washington, Kota pendatang baru di 10 besar kota teraman di dunia
Loading image... Loading image...

Dari tabel di bawah, terlihat bahwa negara-negara di wilayah Asia Pasifik mendominasi peringkat 1- 10 kota paling aman di dunia ini.

World’s Ten Safest Cities
                                                              World’s Ten Safest Cities
                                               Source: The Economist Intelligence Unit

Indeks ini disusun berdasarkan poin-poin seperti keamanan infrastruktur, akses ke sarana kesehatan, manajemen penanganan bencana, keamanan pribadi dan digital security dari 60 negara di 5 benua.

Sedihnya, Jakarta termasuk negara yang ada di peringkat akhir bersama dengan Karachi, Dhaka dan New Delhi.

Itulah sebabnya saya selalu berhati-hati dalam memilih property yang akan saya beli. Satu hal yang menjadi faktor utama adalah faktor keamanan, karena memang kenyataannya kejahatan dan kriminalitas adalah hal yang mudah ditemukan di sekitar kita. Apalagi dengan terus meningkatnya angka kriminalitas mudah ditemukan di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Data dari Badan Pusat Statistik menyebutkan di tahun 2018 saja terjadi 3.138 kasus pencurian di wilayah Jakarta. Menurut data Polda Metro Jaya di tahun 2018 kemarin ada satu kejahatan terjadi setiap 16 menit 27 detik.

Maka, salah satu hal yang membuat saya langsung yakin untuk membeli unit di Alesha House adalah faktor keamanannya. Apalagi unit yang saya beli ini akan saya fungsikan sebagai kamar kos untuk mahasiswa dan pekerja dari universitas dan kantor di seputar BSD City. Sebagai pemilik tempat saya juga merasa bertanggung jawab atas keamanan para penghuni unit saya nanti.

Untuk masuk ke Cluster Alesha, kita harus melewati gerbang yang dijaga petugas keamanan selama 24 jam. Gerbang ini hanya bisa dibuka oleh access card yang dipegang oleh penghuni dan petugas keamanan yang berjaga. Kemudian, layout Alesha House sendiri juga unik, dimana satu blok hanya terdiri dari 8 unit dengan memiliki entrance sendiri yang dilengkapi dengan access card untuk membukanya. Jadi hanya penghuni atau mereka yang memiliki acess card yang bisa masuk ke blok masing-masing. Selain itu petugas keamanan juga selalu berpatroli keliling cluster secara berkala selama 24 jam. Tentu saja mereka yang tinggal di unit-unit saya akan merasa jauh lebih aman dengan system security berlipat ini.

Access Card
security-guard
Loading image... Loading image...

Tidak ada salahnya kita untuk selalu waspada dan mencari yang terbaik untuk keamanan kita dan investasi kita. Apalagi bila keamanan orang lain juga menjadi tanggung jawab kita.

Sumber :

Share To: