3,100 total views |

Manfaat mandi air panas
                                                                                                                  Hidup itu Untuk Dinikmati

Pastinya semua sudah tahu betapa nyamannya berendam di whirlpool yang hangat setelah seharian beraktivitas dan otot-otot terasa kaku semua. Tapi, tahukah Observer bahwa whirlpool yang terkenal nyaman itu sudah ada semenjak 70 tahun yang lalu?

Candido jacuzzi
          Candido Jacuzzi. Terimakasih Pak,
       jasamu membuat hidup lebih nyaman.

 

 

Whirlpool ini ditemukan oleh Candidio Jacuzzi yang merupakan seorang keturunan bangsa Itali yang berimigrasi bersama saudara-saudaranya ke Amerika Serikat pada di awal tahun 1900an.  Usahanya dimulai dengan membuka bengkel mesin hingga pada tahun 1949, putra Mr. Jacuzzi yang bernama Kenneth didiagnosa menderita rheumatoid arthritis dimana para dokter kemudian merekomendasikan terapi air yang disebut hydrotheraphy. Jadi mulailah Mr. Jacuzzi senior mengotak-atik pompa yang kemudian ia tempelkan di dalam sebuah bathtub. Voila! Jadilah whirlpool pertama. Hanya dalam beberapa tahun, whirlpool kemudian menjadi best-selling item dari Perusahaan Jacuzzi Brothers bahkan hingga sampai ke Barbuda Clubhouse dan siap memberikan kenyamanan bagi residen Vanya Park.

 

 

 

 

 

Dari membaca artikel-artikel ini saya juga baru tahu kalau Jacuzzi itu adalah merek pertama whirlpool yang asal muasalnya ya berasal dari nama Mr. Candidio Jacuzzi. Padahal, saya sempat mengira jacuzzi itu adalah nama lain whirlpool dari bahasa lain. Duh!

Jacuzzi
                                                                                                                 Jacuzzi dengan ukuran besar

Tapi terus terang, setelah itu saya jadi penasaran. Apakah dengan kemajuan ilmu kedokteran saat ini whirlpool tetap memiliki fungsi terapi. Ternyata, selain untuk memberikan treatment terhadap keletihan pada otot, hingga saat ini whirlpool tetap digunakan untuk keperluan therapi terutama untuk membantu meningkatkan fungsi sirkulasi, mobilitas dan memberikan kenyamanan terutama paska cedera dan operasi. Tentu saja whirlpool yang digunakan untuk treatment keletihan seperti yang ada di Vanya Park, berbeda dengan whirlpool yang digunakan treatment kedokteran seperti untuk menyembuhkan cedera dan luka paska operasi.

Whirlpool untuk kedokteran memiliki perbedaan fungsi antara whirlpool dengan air hangat dan air dingin. Whirlpool dengan air panas ditujukan untuk meningkatkan sirkulasi darah karena kehangatannya bisa membuka pembuluh darah. Sirkulasi yang baik bisa meningkatkan kandungan darah segar, oksigen dan sel yang diperlukan menuju area yang cedera yang tentunya kemudian dapat membantu pemulihan. Sedangkan whirlpool yang dingin bisa membantu mengatasi bengkak dan luka setelah cedera.

manfaat mandi air panas
                                                           Gabungan pijatan air dan air hangat, dapat merelaksasi otot dan menurunan tekanan darah

Sedangkan whirlpool yang umum kita temui di resort mewah atau di fasilitas spa dan juga di clubhouse seperti Barbuda memiliki manfaat yang lebih umum seperti berikut:

  • Berendam dalam jacuzzi ternyata bisa menurunkan tekanan darah. Saat tubuh Anda menyerap panas, tubuh akan mengalami beberapa perubahan fisiologi. Saat jacuzzi mulai menghangat maka aliran darah juga meningkat. Pembuluh darah akan mengembang dan tekanan darah pun menurun.

    manfaat mandi air panas
                                                                                   Air dengan tekanan menghilangkan penat
  • Berendam juga akan membuat otot jadi rileks. Ini karena panas yang merasuk dalam tubuh akan masuk dan menekan otot sehingga akan jadi rileks saat berendam.
  • Semua rasa sakit pada tubuh ternyata akan bisa hilang dengan berendam dalam jacuzzi. Otot-otot akan melemas dan ini akan membuat tubuh terasa lebih rileks.
  • Rasa sakit pada punggung akan hilang dengan air hangat yang mengalir dengan arus dari jacuzzi. Ini akan menjadi obat anti bengkak yang sangat ampuh dari semua penyakit.
  • Sebuah studi bahkan menunjukkan bahwa berendam dalam jacuzzi dapat bermanfaat untuk mengontrol diabetes dan juga berat badan. Sudah terbukti bahwa berat badan akan berkurang setelah berendam dalam jacuzzi.
  • Tidur juga akan lebih berkualitas jika Anda sering berendam dalam jacuzzi, Ladies. Semua masalah tidur pun akan teratasi.

    Vanya Park
                                                                                                         Club house Vanya Park di BSD City

Wah ternyata, whirlpool ini bukan sekedar alat untuk bersantai ya. Jika Observer sedang terpikir untuk memasang Whirlpool tapi malas dengan perawatannya segera langkahkan kaki ke Club House Vanya Park di BSD City. Tentunya untuk menikmati hal tersebut Observer harus membeli salah satu unit di Kawasan Vanya Park.

Vanya Park
                                                                           Whirlpool yang dapat dinikmati bagi penghuni di Vanya Park

 

Referensi:

  1. https://www.nytimes.com/1986/10/10/obituaries/candido-jacuzzi-83-is-dead-inventor-of-whirpool-bath.html – Diakses 16 Desember 2018
  2. https://www.verywellhealth.com/whirlpool-use-in-physical-therapy-2696642 – diakses 16 Desember 2018
  3. https://www.prohealthcareproducts.com/blog/10-reasons-to-use-whirlpool-therapy/ – diakses 16 Desember 2018
  4. https://www.vemale.com/kesehatan/77210-manfaat-berendam-dalam-jacuzzi-untuk-kesehatan.html – diakses 16 Desember 2018
Share To: