396 total views |

HOTEL UNIK : HIGHTECH, SPACESHIP and PODTECH

Membahas jenis hotel memang tak akan pernah ada habisnya. Apalagi para pengusaha hotel atau hotelier memang selalu berusaha menghadirkan inovasi-inovasi baru supaya hotelnya menjadi stand out di antara ribuan hotel lain yang tersebar di segala penjuru dunia.

Kali ini saya akan membahas mengenai high-tech hotel. Inovasi apa sih yang akan mereka miliki sekarang

1. The Yotel New York City
New York, United States

Terletak di kawasan Hell’s Kitchen, New York, Yotel yang memiliki 669 kamar merupakan perpaduan yang sempurna untuk bisnis dan pleasure. Yotel merupakan salah satu hotel yang menggunakan robot dan artificial intelligence untuk memenuhi segala keinginan konsumennya. Self Check In dilakukan melalui “touch screen kiosk”. Apabila anda datang terlalu cepat, silahkan titipkan koper anda di YOBOT yang merupakan layanan penyimpanan dengan menggunakan robot. Ketika anda sudah siap masuk ke kamar, tinggal masukan kode pengambilan, kemudian koper anda akan diambil dengan menggunakan tangan robot.

Kamarnya juga unik, walaupun ukurannya tidak besar, tapi amat efisien. Tempat tidur bisa dilipat secara otomatis jika tidak digunakan untuk menghadirkan space yang lebih luas. AC dikendalikan dengan sensor gerak tubuh.

Sungguh, menginap disini memberikan pengalaman yang berbeda untuk para tamu. Hmm apakah rasanya sama dengan ketika para astronot memasuki pesawat ruang angkasa mereka?

Yotel Self Check in Kiosk

Yotel Self Check in Kiosk

YOBOT

YOBOT

Salah satu kamar di The Yotel New York

Salah satu kamar di The Yotel New York

berita2
Loading image... Loading image... Loading image... Loading image...

 

2. Pengheng Space Capsules Hotel
Shenzhen, China

Hotel Kapsul atau Capsul Pod sedang menjamur dimana-mana. Tempat seperti ini biasanya dipilih oleh para traveler dengan budget terbatas. Tapi bukan berarti hotel ini dibuat dengan “seadanya”.

Hotel ini terdiri dari 150 capsul pod yang tersebar di 27 kamar. Sejak awal masuk untuk check in, kita tidak akan pernah bertemu dengan manusia, semua kegiatan dilakukan oleh robot. Ingin berjalan-jalan dan mengetahui tentang apa yang menarik di kota ini, silahkan berdiskusi dengan robot yang ada di front desk.

Semua capsul pod dilengkapi dengan TV Flat screen dan tablet yang bisa digunakan gratis. Kalau anda lapar, silahkan pesan makanan lewat tablet, tak lama kemudian pesanan anda akan datang diantar oleh robot.

berita2
berita1
Robot Pengantar Makanan

Robot Pengantar Makanan

berita4
Loading image... Loading image... Loading image... Loading image...

 

3. City Hub
Amsterdam, The Netherlands

Satu lagi hotel kapsul yang canggih dan banyak diminati traveler muda dengan budget terbatas dan terbiasa dengan teknologi.

Terdiri dari 50 kapsul yang dilengkapi dengan wifi, layanan audio streaming, dan para tamu bisa mendownload aplikasi “Cityhub” di smart phone mereka yang bisa digunakan untuk memesan kamar, check in, mendapatkan informasi sampai mengontrol lampu di kapsul masing-masing.

Begitu datang dan check in, setiap tamu akan mendapatkan gelang. Gelang ini bisa digunakan untuk membuka pintu dari kapsul mereka, sekaligus juga bisa digunakan sebagai alat pembayaran untuk makanan dan minuman yang mereka pesan disini.

berita5
berita3
berita2
berita1
berita6
berita4
Loading image... Loading image... Loading image... Loading image... Loading image... Loading image...
Share To: