839 total views |

Apakah Observer termasuk orang yang parno untuk urusan keamanan rumah? Keamanan di sini bukan hanya dari masalah pencurian ya, tapi dari masalah masalah kecil yang bisa berkembang jadi masalah besar.

Contohnya ya, suami saya adalah orang yang sangat sangat paranoid, tapi pelupa. Tiap pergi dari rumah selalu saja ada yang jadi pikirannya. Mulai dari, aduh lampu kamar sudah dimatikan belum ya, pintu rumah sudah dikunci belum ya, kompor apa sudah dimatikan atau belum ya?

Terus terang karena masalah yang tampak sepele ini bisa berdampak besar terhadap hal lainnya, karena kami memang tidak punya ART di rumah yang bisa diminta tolong untuk melakukan cek ulang. Beberapa kali kami terlambat datang ke suatu acara karena dia bersikeras untuk putar balik ke rumah demi memastikan hal-hal yang menjadi kekhawatirannya itu terjadi atau tidak. Satu kali kami bahkan terancam ketinggalan pesawat hanya karena ia yakin bahwa ia lupa mematikan keran air dan memaksa untuk memutar balik ke rumah. Padahal kami sudah setengah jalan menuju ke bandara.

Kalau hanya memastikan lampu atau kunci pintu, kami masih bisa minta tolong tetangga atau satpam kompleks untuk melihat. Tapi kalau sudah masalah kompor, keran dll agak sulit juga karena mereka tidak mungkin masuk ke dalam rumah.

Sampai saya sempat berkhayal, enak juga kalau punya rumah yang bisa kita kontrol secara terpisah. Kalau merasa lupa sesuatu kita tinggal buka aplikasi untuk melihat lewat cctv yang ada di rumah. Kalau memang ternyata benar lupa dimatikan, bisa dimatikan lewat aplikasi atau perangkat tersebut.

Smart Facilities                                                                                              Smart Home M2M Market

Pas suatu hari teman saya mengajak untuk melihat perumahan di Cluster Caelus di BSD City. Ia sedang mencari hunian baru untuk keluarganya. Dia bilang ini bagus loh, desain rumahnya lucu. Ada hal-hal yang rasanya belum ada di perumahan lain. Kita bisa punya Attic Room, kaya loteng gitu tapi di bawah atap. Terus, terasnya tuh di lantai atas, ngga langsung di pinggir jalan raya gitu, jadinya bisa lebih private kan. Mau nongkrong di teras , bisa pake daster atau celana pendek, ngga takut bakal dilihat tetangga. Saya sih iya iya aja mendengar penjelasan dia.

Smart Facilities

                                                                     Penggunaan Hyundai Smart Home di Rumah Modern

Sampai akhirnya kita bertemu dengan sales, dan saya langsung tertarik dengan satu penjelasan dari Sales. Ternyata rumah-rumah di Cluster Caelus nantinya akan dilengkapi dengan aplikasi smart home. Jadi kita bisa memantau kondisi rumah dari gawai kita. Pengoperasian lampu, AC dan alarm juga bisa dilakukan via gawai kita. Nah loh, kok pas banget ya sama lamunan saya kemarin?

Smart Facilities
                             Hyundai Telecom Smart Home di Gunakan di salah satu cluster di BSD | Panel Hyundai Smart Home

Untuk suami saya yang parno, pasti ia akan lebih tenang, karena kondisi rumah bisa ia pantau langsung sendiri.  Hal hal yang ia khawatirkan bisa langsung di cek saat itu juga.

Sementara untuk saya sendiri sebenarnya punya harapan sendiri terhadap system smart home ini. Jadi ketika sebelum tiba di rumah, saya akan mengatur supaya lampu rumah sudah dinyalakan, dan AC sudah dihidupkan, sehingga ketika saya sampai, rumah sudah terang dan sejuk sesuai keinginan saya.

Oke, baiklah peer selanjutnya berarti membujuk suami supaya mau pindah ke Cluster Caelus. Supaya hidupnya bisa lebih santai, ngga usah khawatir sama hal hal kecil.

Share To: