The Observer

Ingin Menjadi Se-Happy Orang Denmark? Let’s Do Hygee And Be Happy!

Mungkin Anda pernah membaca bahwa negara Denmark adalah negara yang tingkat kebahagiaan penduduknya paling tinggi?

Negara paling bahagia di dunia
                                                                   Ranking negara yang tingkat kebahagiaan penduduknya tinggi

Setelah saya baca – baca ternyata salah satu penyebab mereka bahagia adalah karena mereka menerapkan Hygee dalam kehidupan mereka.

                                                                   Orang – orang Denmark yang tingkat kebahagiaannya tinggi

Apa sih Hygee itu?

Hygee (dibaca “hoo-guh”) adalah istilah Denmark untuk mendeskripsikan bagaimana kita menikmati hal – hal kecil dalam keseharian kita untuk mencapai kesenangan dan kebahagiaan.

Dalam skala yang lebih besar dan melibatkan lingkungan sekitar, konsep hygee ini bisa di terjadi di lingkungan di mana setiap orang bisa berinteraksi dengan normal, tanpa harus ada satu orang yang berusaha menjadi pusat perhatian. Konsep hygee ini juga bisa diartikan sebagai keadaan dimana setiap orang bisa nyaman menjadi diri sendiri, meninggalkan semua kesulitan dan topeng yang mereka pakai, untuk menghargai kehadiran orang lain.

                                             Hygee dapat menciptakan ruang yang aman dan nyaman bagi lingkungan sekitar

Dengan menciptakan waktu khusus untuk menerapkan hygee ini kita dapat menciptakan ruang yang aman dan nyaman bagi keluarga dan teman untuk berkumpul bersama tanpa ada rasa stress. Tapi tentu saja hal ini membutuhkan usaha dari semua pihak.

Dalam skala yang lebih personal, hygee ini bisa kita terapkan dengan melakukan hal – hal yang bisa membuat kita merasa lebih bahagia, terutama yang berhubungan dengan tempat tinggal kita.

Apa saja sih yang bisa dilakukan ?

1. Menciptakan suasana yang tenang di rumah.

Nyalakan lilin, bakar sedikit aromatheraphy, tutup tirai, matikan telepon Anda, nikmati benar – benar kesendirian ini. Walaupun hanya sekitar 30 menit, tapi hal ini akan menimbulkan rasa happy pada diri kita.

2. Ciptakan suasana nyaman di rumah.

Apabila udara sedang panas sekali, nyalakan AC dan set sampai terasa sejuk. Nikmati kesejukan, setelah Anda berpanas – panas di luar sana. Rasakan perbedaan suasana hati setelah anda melakukan hal ini.

3. Ciptakan suasana outdoor di dalam rumah.

Bukaaann, saya tidak menyarankan Anda untuk memasukkan segala jenis unsur outdoor masuk ke dalam rumah. Pilihlah salah satu unsur yang Anda sukai. Karena saya adalah penyuka tanaman hijau, maka saya sengaja menempatkan beberapa tanaman hijau di dalam hunian saya. Saya juga mulai menggunakan unsur kayu dalam elemen dekoratif saya. Unsur outdoor ini akan menciptakan suasana yang lebih hangat dan natural, sehingga otomatis akan berpengaruh pada mood kita.

4. Minum minuman favorit anda.

                                                                                              Minumlah minuman favorit Anda

Apakah segelas wine, sekaleng bir, susu coklat hangat, atau teh earl grey yang memiliki rasa unik. Apapun itu, minuman favorit ini akan memberikan perasaan bahagia, yah walaupun memang hanya sementara, tapi jelas akan merubah mood Anda sepanjang hari ini.

5. Makan makanan favorit anda.

Jelas makanan adalah salah satu unsur yang bisa membuat hati bahagia. Apakah hanya sepotong kue coklat, sepotong steak, paha ayam yang crispy, mie yang penuh citarasa, semua akan mempengaruhi mood Anda. Hanya hati-hati, konsumsi secukupnya saja. Jangan menggunakan alasan ini untuk mengkonsumsi secara berlebihan.

                                                                                     Makanlah makanan favorit anda

Memang seperti sudah saya katakan di atas hygee ini hanya akan menimbulkan perasaan senang yang sementara. Begitu Anda keluar, Anda sudah akan menemukan berbagai masalah dan problematikanya. Tapi minimal, di satu waktu tertentu Anda bisa merasa damai dan bahagia, sehingga apapun masalah yang terjadi, Anda bisa menjalani dengan lebih tenang.

Let’s Hygee to be Happier!!

Exit mobile version