The Observer

Mau Sehat dan Bugar? Yuk Kita Olah Raga!

Penulis: Andria Kencana| Editor: Ratna MU Harahap

Halo Observer! Semoga semua selalu dalam keadaan sehat ya. Apalagi saat ini, dimana pandemi kok rasanya ngga kelar-kelar. Malah muncul terus varian baru.

Salah satu hal yang harus penting untuk dilakukan di masa pandemi ini adalah meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh. Caranya adalah dengan menjaga asupan gizi,mengkonsumsi vitamin, dan rutin berolahraga. Yang terakhir ini yang kadang agak sulit dilakukan ya. Mulai dari malas untuk mulai bergerak atau sudah niat untuk bergerak tapi bingung untuk memulai dari mana.

Nah, kali ini saya mau bantu dengan share beberapa channel youtube yang biasa saya gunakan untuk olahraga di rumah. Kalau kita berolahraga di rumah, kendala-kendala seperti cuaca, transportasi, biaya dll bisa dieliminir. Yang dibutuhkan hanya, sepatu olahraga dan matrass serta niat untuk memulai.

BUGAR2

Berikut channel YouTube yang bisa digunakan sebagai panduan untuk memulai olahraga di rumah:

  1. Blogilates

Channel ini dimulai oleh Cassey Ho pada tahun 2009. Saat ini channel ini telah menjadi kerajaan fitness online dengan fokus untuk wanita yang cukup besar di Youtube dengan 6,04 juta subscriber. Yang membuat channel ini terasa menyenangkan adalah latihan -latihan dilakukan dengan menggabungkan antara musik pop dan gerakan pilates yang menghasilkan gerakan dance yang simple dan mudah diikuti. Jenisnya juga beragam, mulai dari latihan untuk 1 lagu full sampai rangkaian latihan selama 20menit. Jenis latihannya tidak memerlukan peralatan sama sekali. Cukup dengan matrass dan sepatu olahraga saja.

2. The Fitness Marshall

Sejak memulai channel ini di tahun 2014, Caleb Marshal telah membuat konten-konten latihan dengan koreografi yang menghibur, meningkatkan semangat dan mudah diikuti. Konten-konten di channel ini cocok dilakukan ketika waktu kita untuk melakukan latihan tidak banyak, karena durasinya singkat. Biasanya saya compile 3 konten sekaligus dalam satu sesi olahraga. Salah satu yang menjadi hiburan ketika berolahraga mengikuti channel ini adalah ekspresi Caleb yang sangat menghibur!

3. Leslie Sansone’s Walk at Home

Channel ini saya pakai sebagai panduan, jika ingin latihan yang lebih tenang, dengan hentakan minimal, namun tetap memberikan hasil yang maksimal. Walaupun di menit-menit pertama kadang rasanya seperti melihat video latihan Jane Fonda di tahun 80 an tapi channel ini tetap mengasyikan ntuk diikuti. Durasinya pun beragam, kita bisa ikut latihan dengan durasi seperti berjalam 1 mil, 2 mil dan 3 mil. Jenisnya juga beragam, ada yang “happy walk” ada juga yang lebih cepat.

4. HASfit

Channel ini punya motto“every Heart and Soul deserves to be fit,” HASfit telah berkomitmen untuk membuat semua program di channel mereka ini gratis, tanpa biaya. Awalnya saya pikir, ah semua juga tidak ada biayanya, namun ternyata setelah saya ikuti channelnya dan kemudian masuk ke websitenya,baru saya sadar bahwa program yang ada HASfit ini sangat ekstensif. Bukan hanya membahas latihan, tapi ada pula program untuk 30-90 hari dan juga program untuk “meal plans” yang bisa memenuhi kebutuhan latihan dan diet untuk beragam kondisi tubuh. Untuk mengikuti semua program secara full kita bisa masuk ke website mereka https://hasfit.com atau mendownload aplikasi mereka yang sudah ada baik di play store maupun apple store. Sementara untuk Youtube yang mereka upload hanya video latihan saja.

5.Yoga With Adrienne

Channel ini termasuk salah satu channel yang cukup besar di youtube dengan jumlah subscriber 10,9 juta. Dimulai oleh Adriene Mishler, seorang instuktur yoga dari Texas. Pilihan gerakan yoganya sangat beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan kondisi kita. Apakah sedang ingin yoga untuk stretching, yoga untuk fat burning dan bahkan ada yoga untuk mengurangi tingkat kecemasan dan migren.

Kalaupun kadang bosan melakukan di rumah, latihan-latihan ini sebenarnya bisa dilakukan dimana saja. Kadang saya sengaja keluar di pagi buta, supaya bisa melakukan latihan ini secara outdoor, untuk menghindari keramaian.

Maka, ketika minggu kemarin kami pergi melihat-lihat rumah di Askara Nue, saya merasa seperti menemukan surga kecil. Layout yang lega membuat saya bisa melakukan home exercise dimana saja tanpa mengganggu aktivitas penghuni lain.

Apalagi kamar tidurnya juga cukup luas, sehingga masih ada space kalau saya ingin melakukan home exercise di kamar tidur. Dan rasanya pasti akan berbeda, karena di kamar tidur, ada jendela besar yang memiliki pemandangan danau. Ini sih kemewahan yang rasanya sulit didapatkan di rumah-rumah lain.Semua aktivitas di kamar bisa dilakukan sambil menikmati pemandangan danau.

Kalaupun bosan melakukan home exercise, yang saka lakukan hanya tinggal menyebrang dari area rumah saya dan masuk ke area Vanya Lake yang superrrrr luar. Saking luasnya, walaupun banyak orang yang beraktivitas disana namun kita tetap akan bisa menemukan spot yang private.Mau coba nge gym. Tinggal nyebrang juga ke Vanya Club, bisa berenang dan berendam di Jacuzzi.

Ngga usah mengeluarkan effort bangun di pagi buta untuk bisa berolahraga outdoor dengan nyaman!

Lokasinya juga pas buat keluarga, karena di sekitarnya sudah ramai dan semua kebutuhan keluarga bisa dicapai dengan mudah. Mau makan, bisa langsung ke Food Hawker, untuk beragam kebutuhan bisa didapat di ruko-ruko yang ada di area West Park. Bahkan rekreasi ke Branchsto bisa dilakukan sambil berjalan kaki. Benar-benar surga kecil untuk keluarga.

Exit mobile version