1,436 total views |

Tahukah Observer, bahwa saat ini Jerman masih menjadi salah satu negara tujuan utama bagi mereka yang ingin melanjutkan sekolah ke luar negeri. Beberapa faktor yang mempengaruhinya adalah :

1. Institusi Pendidikan Berkualitas :

Jerman memiliki banyak Universitas peringkat atas di Eropa Barat, seperti LMU Munich, Heidelberg University dan Humboldt University of Berlin. Jerman terkenal dengan kualitas pengajaran dan fasilitas-fasilitas canggih, pemerintah juga sangat mendukung sektor pendidikan tinggi.

Cluster Vanya Park
                                                                                                          LMU Munich
European University Consortium
                                                                                           Humboldt University Berlin

2. Kesempatan kerja :

Mahasiswa yang telah lulus diizinkan tinggal 18 bulan di Jerman untuk mencari pekerjaan. Kebijakan ini sangat membantu jika dibandingkan dengan Inggris yang hanya memberikan waktu tiga bulan.

3. Tanpa biaya kuliah :

Di Jerman biaya kuliah di Universitas Negeri nya gratis, baik untuk mahasiswa lokal maupun internasional. Paling hanya ada biaya administratif antara 100 – 500 Euro tiap semester yang sudah termasuk ongkos transportasi umum.

International School

4. Lingkungan Internasional :

Jerman terletak di tengah Eropa, sehingga sangat mudah untuk berpergian ke negara-negara lainnya. Selain itu, beragam program kuliah sudah disampaikan dalam Bahasa Inggris. Jerman juga dikenal terbuka dan mendukung multikulturalisme, sehingga pelajar asing ada di tengah lingkungan yang terdiri dari beragam bangsa dan budaya.

Pilihan Kuliah

Tapi, tentu saja walaupun dengan segala kelebihan di atas, bagi pelajar asal Indonesia tetap dibutuhkan banyak penyesuaian untuk bisa studi di Jerman. Walaupun biaya kuliah gratis, tapi tetap harus disiapkan biaya hidup yang tentu saja jumlahnya tidak sedikit. Selain itu butuh persiapan mental yang cukup untuk bisa survive belajar di negara asing.

Apabila masih ada keraguan, salah satu solusinya adalah dengan kuliah di universitas yang memiliki kelas internasional. Kelas internasional merupakan program kuliah di mana perguruan tinggi terkait bekerja sama dengan perguruan tinggi asing yang menjadi rekannya.

Salah satu universitas yang memiliki program kelas internasional adalah International University Liaison Indonesia (IULI). Universitas yang didirikan oleh Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA, yang merupakan anak sulung dari Presiden ketiga Republik Indonesia, Prof. Dr. BJ. Habibie, merupakan satu-satunya universitas internasional di Indonesia yang memiliki kerja sama dengan European University Consortium.

Double Degree
                                                                                              Acara Open House IULI

Universitas ini tergabung dari lima belas universitas ternama di Eropa, diantaranya Technische Universität Ilmenau, Fachhochschule Erfurt, RWTH Aachen, Technische Universität München, Fachhochschule Osnabrück, Johannes Keppler, dan FHS St. Gallen.

IULI mendapat dukungan penuh untuk beasiswa dan riset dari pemerintah Jerman. IULI juga menawarkan program double degree kepada seluruh mahasiswa yang mampu menyelesaikan riset dan magang di Jerman selama kurang lebih satu tahun. Jadi, mahasiswa IULI akan mengikuti research semester (di semester 7) dan masa internship (di semester 8) di universitas-universitas di Jerman yang sudah menjadi partner IULI.

IULI memiliki beberapa fakultas, mulai dari fakultas teknik, fakultas ilmu pasti serta fakultas bisnis dan ilmu sosial.

Lokasi IULI terletak di pusat kota BSD City yaitu di The Breeze BSD City. Tentu saja pemilihan lokasi ini memberikan keuntungan tambahan bagi para mahasiswa IULI, yaitu :

Kelas International
                                                                                          Kampus IULI di The Breeze

1. Kemudahan transportasi :

BSD City diapit 2 jalur tol, yakni Jalan Tol Jakarta-Tangerang dari Jakarta melalui simpang susun Tomang kemudian keluar Tangerang pada Km. 18 serta Jalan Tol Bintaro Serpong yang juga terhubung dengan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) dan pada ujungnya terdapat 2 pintu keluar menuju BSD City yaitu Lingkar Barat (km 12) dan Lingkar Timur BSD (km 10). Sehingga memudahkan mereka yang datang dari segala penjuru Jakarta untuk menuju BSD City.

BSD City juga dapat diakses dengan mudah menggunakan transportasi umum. Shuttle Bus/Feeder Busway BSD City tersedia di 3 rute, yaitu BSD City – Pondok Indah – Ratu Plaza, BSD City – Kota – Mangga Dua dan BSD City – Harmoni – Pasar Baru. Ketiga rute menuju Jakarta tersebut berhenti di Terminal Bus Shuttle di BSD City.

International School
                                                                                           Feedeer Busway BSD City

Sementara itu bagi pengunjung yang akan menggunakan moda transportasi commuter line, bisa mencapai BSD City dengan berhenti di stasiun Rawa Buntu, Stasiun Serpong atau yang terbaru adalah stasiun Cisauk.

Apapun pilihan moda transportasinya, Mahasiswa IULI akan bisa mencapai kampusnya dengan cepat dan mudah.

2. Beragam pilihan akomodasi.

Apabila orang tua dan mahasiswa memutuskan untuk mencari tempat tinggal di BSD City, ada beragam pilihan yang bisa dipilih. Ada kamar kos di cluster-cluster yang memang diperuntukkan untuk area kost-kost an. Atau kalau memang ingin mencoba kehidupan ala mahasiswa di Jerman, bisa juga memilih alternative untuk tinggal di apartemen yang banyak tersebar di BSD City.

European University Consortium

Salah satu pilihan apartemen yang terbaru di BSD City adalah Apartemen Asatti Chalcedony yang terletak di Cluster Vanya Park. Apartemen Asatti Chalcedony ini memiliki ukuran yang compact, sehingga cocok dengan gaya hidup mahasiswa yang serba praktis. Namun, bukan berarti fasilitas yang tersedia juga adalah fasilitas pas-pas an ala mahasiswa. Para penghuni Apartemen Asatti Chalcedony ini bisa menikmati beragam fasilitas mewah yang diperuntukkan bagi para penghuni Cluster Vanya Park. Mulai dari kolam renang yang lokasinya tepat di seberang Apartemen, kemudian ada clubhouse mewah dengan fasilitas gym, library, lounge dan yoga studio yang juga bisa digunakan oleh para penghuni Apartemen.

Beasiswa dan Riset

Apartemen Asatti Chalcedony

Selain fasilitas tersebut, para penghuni di apartemen Asatti Chalcedony ini bisa juga menikmati suasana danau buatan yang indah, yang memiliki jogging track dan area piknik sehingga para penghuni bisa melakukan beragam aktivitas outdoor di lingkungan yang nyaman.

Cluster Vanya Park

Semua ini hanya berjarak 15 menit dari Kampus IULI di kawasan The Breeze. Hey, tak ada salahnya juga untuk mencoba bersepeda ke kampus. Jalanan di BSD City yang luas dan mulus layaknya jalan di negara-negara Eropa membuat aktivitas bersepeda menjadi lebih menyenangkan. Lagipula, hampir 70% mahasiswa di Eropa mengandalkan sepeda sebagai alat transportasi ke kampus. Mulailah untuk menyesuaikan diri menghadapi masa-masa di mana kamu akan kuliah di Jerman.

The Breeze BSD

Selamat menikmati masa-masa kuliah yang menyenangkan..

Share To: