350 total views |

“The more that you read, the more things you will know.

The more that you learn, the more places you’ll go.”

                                                                         -DR.SEUSS

Membaca Buku
                                                                   Banyak sekali manfaat membaca buku bagi anak – anak

Minat membaca di Indonesia dapat dibilang masih rendah. Menurut World’s Most Literate Nation, Indonesia ada diperingkat 60 dari 61 negara yang diurutkan minat bacanya pada 2016. Indonesia bahkan berada di bawah negara Malaysia, Thailand, dan Afrika Selatan. Hmm.. Sangat disayangkan ya Observer.

Membaca sejak dini sudah menjadi budaya di negara – negara maju seperti Finlandia, Norwegia, Islandia, Denmark, dan Swedia. Membaca seperti makanan sehari – hari untuk mereka, sehingga tidak begitu mengherankan jika melihat anak – anak membaca buku tebal di angkutan umum. Ketika anak yang sudah diperkenalkan membaca buku semenjak dini, tidak akan kesulitan saat memasuki usia sekolah, karena kemampuan mengenal kosa kata dan kemampuan membaca mereka meningkat sebelum memasuki sekolah dasar.

Menurut artikel yang disajikan oleh Cam Everland Primary School di Inggris banyak sekali loh manfaat membaca bagi anak – anak.

Gambar pada buku membantu anak untuk berimajinasi

Beberapa keuntungan membaca bagi anak-anak yang gemar dan rutin membaca adalah:

1. Membaca memberikan latihan yang berkesinambungan bagi otak.Aktivitas membaca merupakan tugas yang lebih sulit bagi otak dibandingkan menonton TV, karena itu membaca dapat meningkatkan kinerja sel-sel otak.

2. Membaca dapat meningkatkan konsentrasi karena anak-anak diharuskan duduk tenang saat melakukan aktivitas ini. Apabila sering dilakukan maka lama kelamaan, anak-anak akan terbiasa fokus.

3. Membaca mengajarkan anak-anak mengenai dunia melalui materi yang dibacanya.

4. Membaca meningkatkan kemampuan berbahasa dan perbendaharaan kata-kata yang dimiliki anak.

5. Membaca meningkatkan daya imajinasi anak.

6. Membaca juga dapat meningkatkan empati pada anak yaitu pada saat si anak membayangkan bagaimana perasaannya apabila apa yang terjadi di buku terjadi padanya.

7. Membaca adalah salah satu cara untuk meluangkan waktu bersama antara orang tua dan anak-anaknya.

Manfaat Membaca
                                                             Membaca dapat meningkatkan ikatan antara orang tua dan anak

Setiap orang tua pasti ingin meningkatkan kemampuan anak pada saat masa tumbuh kembang mereka. Dan orang tua adalah guru terbaik bagi anak Anda. Saat ini sudah banyak buku dengan berbagai macam warna dan bentuk yang dapat membuat anak Anda tertarik membaca.

Minat Membaca
                                                                                            Contoh buku dengan tipe pop up

Dari pada mengenalkan anak Anda dengan video – video Youtube yang tidak jelas, alangkah baiknya kita perkenalkan buku semenjak dini kan Observer?

Share To: