665 total views |

Setelah membeli 2 unit rumah di cluster Alesha, saya memasuki babak berikutnya untuk menjadi pengusaha, terutama di bidang hospitality. Terus terang saya cukup kaget juga dalam masa persiapan ini, karena ternyata tidak mudah untuk menjadi tuan rumah atau host yang baik bagi tamu – tamu yang akan menginap di unit saya nanti. Kira – kira apa sih yang harus dipersiapkan? Langsung baca poin – poin di bawah ya.

1. Ikut terlibat secara personal pada saat proses check in

Yups, akan lebih baik bila anda sendiri yang datang menyambut tamu anda, atau kalau anda berhalangan bisa saja diwakilkan oleh orang kepercayaan kita. Sehingga kita bisa memastikan para tamu sudah tiba dan tidak mendapat kesulitan apapun pada saat check in.

Tuan Rumah yang Baik

Kalau memang tidak memungkinkan untuk hadir, beri mereka penjelasan sejelas – jelasnya lewat email/pesan tertulis : seperti “Ketika sudah tiba hubungi pak xx /security, untuk meminta access card dan kunci kamar. Unit ada di sebelah kiri gerbang, no A5, pintu warna merah”. Dengan ini tamu tidak merasa kebingungan ketika mereka tiba di Alesha.

Jangan lupa untuk meninggalkan nomor anda yang bisa dihubungi oleh para penyewa ini.

2. Beri informasi sejelas jelasnya kepada tamu

Nyambung dari no 1, setelah berhasil check in tentu tamu butuh untuk menyesuaikan diri dengan unit anda. Beri tahu dimana letak ruangan – ruangan seperti dapur dan kamar mandi. Beri penjelasan yang lengkap mengenai penggunaan alat – alat seperti kompor, microwave, mesin cuci dll. Jangan lupa berikan penjelasan secara jelas mengenai peraturan – peraturan yang anda terapkan di unit anda, misal dilarang merokok di dalam unit, dilarang mengadakan pesta atau acara tanpa izin dari anda. Pastikan ada petunjuk tertulis yang anda tempelkan di dekat peralatan elekronik anda, sehingga jika tamu anda lupa (kemungkinannya adalah 50:50), maka mereka bisa membaca petunjuk yang tersedia.

Petunjuk yang Jelas

3. Selalu berusaha menjaga kebersihan & kerapihan unit anda

Sepertinya ini sudah menjadi standar di dunia hospitality/perhotelan ya. Selalu jaga kebersihan unit anda, kamar mandi, kamar tidur dan area umum. Pastikan tidak ada sisa – sisa tamu sebelumnya di unit anda (sampah, piring kotor, handuk lembab dll). Kamar mandi harus selalu berada dalam kondisi bersih dan kering pada saat tamu datang.

Pastikan juga semua barang yang anda sediakan kondisinya baik. Misal, menyediakan seprai dan handuk yang masih dalam kondisi bagus, jangan yang sudah tipis atau bahkan bolong.

Penyewa Hotel

Ingat anda berada di bisnis hospitality, walaupun dalam skala kecil, tetapi standart kebersihan dan kenyamanan harus disamakan dengan hotel berbintang. Kualitas barang boleh dibawah hotel berbintang (tak perlu anda menyediakan bed sheet dengan 3000 helai benang), tetapi pastikan semua dalam kondisi bersih dan tidak berbau.

Kerapihan Unit

4. Keep it simple

Hindari terjadinya tumpukan barang atau pernak pernik di unit anda. Lebih baik hindari memasang foto pribadi atau meninggalkan barang – barang pribadi (album foto, buku catatan, dll). Dengan ini tamu akan merasa lebih rileks dan santai, tidak merasa seperti mereka berada di rumah orang lain.

5. Bantulah tamu anda untuk mengeksplor area sekitar

Anda bisa memberikan rekomendasi restoran terdekat, coffee shop, mini market yang bisa mereka datangi jika ingin atau butuh. Apalagi di dekat Cluster Alesha banyak sekali tempat – tempat yang bisa dieksplor, misal yang paling dekat adalah Vanya Lake dan Club House. Atau tempat-tempat seperti BSD Xtreme Park, AEON Mal, ICE BSD, dll. Anda juga bisa memberitahu mengenai acara – acara yang sedang diadakan di BSD, misal pameran atau konser, siapa tahu tamu anda tertarik untuk datang. Bantulah mereka untuk bisa dengan mudah dan cepat beradaptasi dengan area sekitar.

Rekomendasi Café Terdekat

6. Antisipasi kebutuhan penyewa

Tidak ada salahnya anda menyediakan barang – barang atau makanan yang sederhana seperti mie instan, roti, selai sehingga memudahkan penyewa untuk menyediakan sarapan.

Atau sediakan fitting listrik dalam berbagai bentuk untuk memudahkan penyewa, terutama yang berasal dari luar negeri menggunakan barang elektronik mereka. Kemudian, kalau anda tahu mereka membawa anak kecil, mungkin bisa disediakan mainan anak atau toiletries khusus untuk anak.

Antisipasi Kebutuhan Penyewa

7. Responsif

Responsif disini baik untuk menanggapi calon penyewa, misal dengan cepat membalas email atau menjawab pertanyaan mereka sehingga komunikasi berjalan dengan lancar.

Kedua, responsif dalam menanggapi keluhan atau masalah yang mungkin terjadi di unit anda seperti keran bocor, bola lampu padam, AC bermasalah, dll, sehingga para penyewa benar – benar merasa bahwa anda peduli terhadap mereka.

Responsif terhadap Penyewa

Dengan menerapkan poin-poin ini, diharapkan para penyewa akan memberikan respon dan review positif terhadap unit anda, sehingga calon penyewa baru tidak akan ragu untuk memilih unit anda.

Share To: