677 total views |

Menikmati kuliner bersama keluarga tentu merupakan hal yang menyenangkan apalagi kalau kulinernya enak banget. Itu yang ingin saya lakukan di akhir pekan kemarin, tepatnya hari Sabtu tgl. 05/05.

Saya membuat rencana untuk cari tempat jajanan yang sekitarnya ada tempat mainnya karena bawa krucil, semua harus happy pokoknya. Kebetulan saya menginap di rumah Tante saya yang berlokasi di BSD City yang dikelilingi oleh banyak pilihan kuliner.

Sebelum menentukan tempat makan, saya bertanya kepada suami (saya memanggilnya abi) mau makan apa. Katanya ingin makanan tradisional, terserah mau masakan tradisional daerah mana yang penting selera Nusantara, lagi ga mau masakan Barat.

Mulai deh saya googling untuk mencari referensi makanan favorit di BSD yang di pusat kota, dapet deh Soto Bang Mamat. Setelah dapat lokasinya, besoknya saya bersama keluarga langsung jalan ke tempat makannya, saya ambil yang di Jalan Raya Serpong karena dekat kemana-mana, sekalian mau berenang ke Ocean Park abis makan, atau nonton di Blitz Teras Kota hehehe…

Pas dateng tempatnya lumayan penuh, parkirnya susah (untung tadi memutuskan pake mobil berbasis aplikasi online karena malas parkir). Wah… ini pasti enak banget…. Lihat menunya lumayan beragam variasi makannnya, ada soto daging/campur, sop daging/campur, oseng daging/campur, soto/sop/oseng ayam, sate ayam, dan sate kambing. Untuk tambahannya ada nasih putih, nasi goreng, gado-gado/karedok, ayam goreng, empal goreng, tahu/tempe goreng, Bakwan udang/perkedel/jagung, kerupuk, emping dan otak-otak. Pilihan minumannya es jeruk, es teh manis, teh botol sosro/fruittea, minuman soda, air mineral, es teh, es susu soda, es kelapa, dan es podeng.

Abi dan krucil menyukai soto daging. Saya sendiri memilih oseng daging. Menu ini sama saja dengan soto. Hanya saja daging dan kuahnya dipisah. Daging dioseng dengan irisan cabe rawit, mirip tumisan. Saya suka dagingnya dimasak seperti ini. Rasanya pun lebih sedap (menurut saya ya.…) apalagi kalau kuahnya ditambah perasan air jeruk limo.… Hmmm yummy banget deh pokoknya…

Harga satu porsi soto daging maupun oseng daging di Rp 30 ribu-an per porsi. Untuk es jeruk perasnya seharga Rp 15 ribu per gelas. Kehitung murah buat rasanya yang enak banget.

BSD
                                                                                                                              Soto Betawi Bang Mamat

Beres makan jadinya memutuskan ke AEON Mall karena konon katanya kalau belum ke AEON Mall, belum ke BSD (segitunya ya…). Ternyata di AEON Mall cukup lengkap, nemu brand-brand resto Jepang yang belum pernah saya lihat atau coba sebelumnya (sudah dicatat untuk wisata kuliner selanjutnya), fashion & pernak-pernik dari Jepang di dept store-nya AEON. Puas keliling-keliling di AEON Mall (cerita lengkapnya nanti yaaa…) langsung lanjut ke atas, mau liat pusat ramen dan food court yang lumayan terkenal. Ternyata eh ternyata…. di food courtnya ada soto bang mamat juga…, walaupun menunya ga selengkap di pusatnya tapi menu favoritnya ada semua… Yah… tau gitu tadi makan disini aja… Tapi jadi pengalaman juga sih, jadi tau ternyata Soto Bang Mamat memang favorit banget sampai udah ada di mall.

Dan saya dapat ilmu baru juga melihat fenomena soto bang mamat ini, ternyata semakin berkembang kawasan perumahan raksasa, makanan khas menjadi bukan khas provinsi lagi tapi khas kawasan perumahan tersebut.

OK… Nantikan cerita lanjutan saya keliling BSD ya… Ternyata di BSD banyak yang bisa diexplore!

Share To: