699 total views |

“Beragam gaya swimming pool untuk observer”

Menjelang kepindahan mereka ke family compound di Cluster Alesha BSD City, Ibu dan tante saya punya kesibukan baru. Mereka sudah sepakat untuk dekorasi rumah disesuaikan dengan selera masing-masing, yang kemudian menjadi perhatian adalah dekorasi untuk common area, yaitu area kolam renang.

Tante saya kebetulan kemarin baru pulang dari Maroko, dan di sana ia menginap di Riad Yasmine Hotel, sebuah butik hotel yang memang memiliki interior yang sangat cantik. Tante saya amat terkesan dengan area swimming pool nya sehingga ia agak “keukeuh” ingin menerapkan dekor cantik tersebut pada kolam renang di blok kami.

Swimming Pool
                                  Photo credit : ig : @leriadyasmine

Sementara Ibu saya mengajukan 2 pilihan, dekorasi yang simple and clean dengan konsep colonial atau sekalian warna-warni yang super colorful. Menurut dia, warna-warni yang super colorful sesuai dengan warna pastel di fasad bangunan unit-unit di blok kami.

Layout Furniture
                                                                                                          The Colonial Villa Bali

Dekorasi Colorful

Cluster Alesha
                                                                                                                       Tijili Hotel, Bali

Keduanya agak ngotot dengan pilihan masing-masing, sehingga akhirnya saya terpaksa menjadi penengah.

Berdasarkan beberapa artikel yang saya baca, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dulu dalam memilih furniture dan dekorasi untuk area kolam renang dan area outdoor, yaitu :

1. Perhatikan bahan dasar furniture

Untuk daerah tropis yang panas dan lembab, sebaiknya tidak menggunakan bahan dasar kayu karena cuaca yang panas berisiko merusak permukaan kayu. Furniture berbahan kayu pun biasanya membutuhkan perawatan khusus agar tampak selalu cantik.

Pilh material seperti aluminium, fiberglass atau rotan sintetis yang lebih tahan banting menghadapi cuaca luar. Untuk kain pelapis juga sebaiknya gunakan kain yang diperuntukkan khusus untuk furniture outdoor sehingga lebih mudah dibersihkan, tahan air dan tahan lama.

BSD City

Gaya Swimming Pool

2. Layout Furniture

Layout ini penting, karena kita ingin area ini tetap indah kan. Bukan untuk jadi area yang dipenuhi oleh furniture atau berbagai elemen dekorasi.

Mood Positif

3. Pertimbangkan juga aspek kenyamanan dan keamanan.

Kenyamanan dan keamanan ini penting, karena yang menggunakan kolam ini usianya beragam, mulai dari balita sampai orang tua. Mungkin untuk anak-anak, duduk dengan memakai bean bag adalah hal yang biasa, tapi untuk orang tua ternyata duduk di bean bag itu kurang nyaman. Penempatan patung-patung dekorasi juga sebaiknya diminimalisir mengingat akan ada bocah-bocah kecil yang berlarian kesana kemari.

Salah satu usulan tambahan dari saya menyangkut masalah adalah meletakkan gazebo atau space yang menggunakan atap. Tujuannya supaya ketika sedang panas di luar, kita masih bisa duduk-duduk dengan santai di area kolam renang. Jadi, kalau ibu atau tante saya arisan atau kumpul-kumpul dengan temannya mereka bisa menggunakan area ini juga.

Cluster Alesha BSD

Swimming Pool Cantik

Gaya Swimming Pool

Setelah mendengarkan penuturan tadi, Ibu dan Tante saya akhirnya mencapai kata sepakat. Akhirnya yang dipakai tema yang colorful, alasannya supaya bagus untuk foto-foto. Oalah, ternyata nenek jaman sekarang tidak kalah ya dengan cucu-cucu ABG nya. Anything for a good picture.

Mood Positif

Share To: