541 total views,  1 views today

TAKE A FULL ADVANTAGE OF YOUR MINI LIBRARY

 

“membaca nyaring ternyata salah satu kunci keberhasilan anak-anak”

 

Library di era Digital ini memiliki makna yang berbeda dengan Library di era internet belum berjaya. Banyak arsitek dan interior designer melabel ruangan yang tenang, nyaman, memiliki area duduk yang bisa digunakan sebagai area kerja sebagai “library”. Tentunya agar label itu dapat sah secara fungsi, maka kehadiran rak buku dengan buku-buku bacaan tetap wajib hukumnya.

Rak Buku dan Buku Bacaan

Library ini, dirancang untuk melepas stress sehingga lebih tenang dan nyaman dibandingkan bagian rumah yang lain, library juga bisa berfungsi sebagai tempat dimana keluarga Observer bisa melakukan quality time yang bermanfaat salah satunya adalah membaca nyaring atau read aloud.

Berdasarkan penelitian, membaca nyaring ini merupakan kunci keberhasilan anak-anak Observer di masa depan, karena :

1. Reading aloud is a great way to engage your children
Pada saat Observer membacakan cerita, ajak anak berdiskusi tentang cerita yang sedang dibacakan. Dalam banyak kesempatan, Observer dapat mengambil nilai-nilai baik dalam cerita tersebut yang bisa Observer perkenalkan dan diskusikan pada anak-anak hingga mereka mengerti tanpa terasa seperti nasihat yang membosankan.

Discussion with children

2. Reading aloud promotes language development and early literacy skills
Berbagai skills yang diperlukan sebagai dasar literasi, dapat dibangun di saat orang tua membacakan cerita dengan nyaring, seperti misalnya menambah kosa kata baru dan mengerti arti kata, melatih rentang perhatian dan menyimak, menarik ide dari suatu cerita, melatih kemampuan mendengar.

3. Build Motivation and curiosity
Seperti Observer ketahui, anak-anak memiliki imajinasi yang tidak terbatas. Imajinasi mereka bisa berkembang ke mana-mana, apalagi apabila otak mereka distimulasi dengan cerita-cerita yang merangsang imajinasi mereka. Dari mulai pohon kacang yang menembus awan, hingga manusia yang bersahabat dengan singa kumbang di pedalaman hutan, Imajinasi ini lah yang dimasa mendatang merupakan cikal bakal inovasi-inovasi yang bisa merubah dunia!

Child Imagination

4. Build Memory and Attachments
Pada saat membaca bersama, cari posisi nyaman bersama anak, diselingi dekapan atau elusan sayang. Gesture Observer pada saat membaca nyaring bisa memberikan kenyamanan dan memberikan rasa aman bagi mereka. Di saat mereka sedang mengalami hari yang berat, kegiatan ini bisa menjadi wadah untuk melepas stress dan anxiety. Dengan membacakan cerita, anak akan merasa dekat dengan orang tuanya. Hal ini akan memberikan perasaan nyaman kepada anak. Jadi di kepala anak akan mengasosiasikan kegiatan membaca dengan rasa nyaman. Ini lah modal dasar untuk membuat anak suka membaca.

Adult Affection

Semoga hal-hal ini juga memotivasi Observer untuk mengkoleksi buku berkualitas dan membaca buku-buku tersebut bersama anak-anak yang dapat mengantarkan anak-anak Observer menjemput masa depannya!

Apabila Observer masih mencari ide atau belum terpikir area mana di dalam hunian Observer yang akan menjadi Library, silahkan kunjungi website: www.caelus.co.id karena Caelus memiliki ruangan unik yaitu attic room yang sangat memenuhi kriteria menjadi “library”. Caelus didesain minimalis tropical seperti sebuah villa yang dilengkapi dengan special attic room dan sky balcony. Perumahan mewah yang ditawarkan mulai harga Rp. 3M ini memiliki berbagai sarana pendukung suasana liburan di dalamnya.

Jika memang Observer berdomisili di Jakarta dan ingin pindah ke area BSD karena disana ada 70 sekolah yang siap menjadi partner observer dalam mendidik anak, maka saya sarankan observer untuk mengunjungi rumah contoh Caelus dan melihat secara langsung attic room mereka.

Referensi:

  1. http://www.reachoutandread.org/our-story/importance-of-reading-aloud/ – Diakses 13 Agustus 2019