344 total views |

Top 5 ECO FRIENDLY RESORT

 

Pada dasarnya bisnis hotel ini merupakan salah satu bisnis yang tidak mudah untuk mengimplementasikan eco friendly. Tapi, tentu saja ada hotel-hotel yang memang sejak awal dibangun sudah mencoba untuk menjadi lebih eco friendly. Hotel yang akan saya bahas ini adalah hotel/resort bintang 5 yang dengan sungguh-sungguh menerapkan green lifestyle dalam operasional harian mereka, walaupun mungkin sulit untuk benar-benar secara 100% menerapkannya tanpa mengorbankan sedikit kenyamanan para tamu.

1. The Brando, French Polynesia

The Brando adalah sebuah resort mewah di Pulau Tetiaroa yang terletak kepulauan French Polynesian. Berdasarkan sejarahnya, bintang film terkenal Marlon Brando yang menemukan lokasi ini ketika sedang syuting sebuah film di tahun 60’an. Ia jatuh cinta dengan keindahannya dan langsung membeli pulau ini.

The Brando terdiri dari 35 villa yang langsung menghadap laut, dimana setiap villa memiliki plunge pool pribadi dengan pemandangan yang menawan.

Tapi di balik segala kemewahan yang ditawarkan, The Brando sangat serius dalam menjalankan eco living dalam operasional hariannya. Resort ini menggunakan system air laut dari kedalaman 3000 kaki, minyak kelapa dan solar panel untuk menghasilkan energi yang digunakan untuk lampu dan AC dan mengurangi kebutuhan energi sampai 80%. The Brando juga menampung dan mengolah air hujan yang digunakan untuk persediaan air dan laundry.

Resort ini terkenal dengan deretan tamu VIP yang pernah datang seperti Barack Obama dan Pippa Midleton.

The Brando 2
The Brando 3
The Brando 1
Loading image... Loading image... Loading image...

2. Nihi Sumba, Sumba Indonesia

Resort ini pernah diulas juga di artikel Resort Terbaik Itu Ada di Indonesia! Find Your Paradise in East Indonesia
Hotel ini terdiri dari 33 suites dan villa yang dibangun dengan tangan, dengan memanfaatkan material lokal yang bisa didaur ulang. Bisakah anda bayangkan bahwa ternyata semua energy yang dibutuhkaan untuk menjalankan fasilitas-fasilitas mewah disini adalah bio fuel yang dihasilkan dari kelapa.

Nihi Sumba juga menyisihkan sebagian keuntungannya untuk membangun wilayah di sekitar resort ini. Sampai saat ini mereka sudah membangun sumur-sumur dan sumber air, 16 sekolah dan 4 klinik yang bisa digunakan oleh 25,000 penghuni pulau.

Nihi Sumba 3
Nihi Sumba 1
Nihi Sumba 2
Loading image... Loading image... Loading image...

3. Hotel Brooklyn Bridge

Hotel ini terletak di kawasan tersibuk di New York yang merupakan salah satu kota terbesar di dunia, tapi begitu anda masuk, maka akan langsung terlihat hal-hal yang berbeda dengan hotel-hotel mewah lainnya.

Semua yang ada di sini, mulai dari bahan bangunan sampai perabotan terbuat dari natural recycled material yang di dapat dari wilayah lokal di sekitar lokasi, dengan desain yang ramah lingkungan. Semua linen yang digunakan terbuat dari bahan katun organik, dan hampir semua material yang digunakan untuk detail hotel adalah material yang berasal dari alam.

Hotel ini 100% menggunakan energi yang dihasilkan dari energi angin. Mereka juga menyediakan mobil Tesla untuk antar jemput tamu. Sistem penampungan dan pengolahan air hujan juga digunakan untuk menyediakan sumber air untuk hotel.

Hotel Brooklyn Bridge 3
Hotel Brooklyn Bridge 1
Hotel Brooklyn Bridge 2
Loading image... Loading image... Loading image...

4. Six Senses Con Dao, Vietnam

Prinsip dasar dari Six Senses adalah membangun sesuatu yang bisa memberikan manfaat dan kontribusi lebih terhadap komunitas lokal di sekitar lokasi. Hal ini dilakukan tanpa mengesampingkan kemewahan dan kenyamanan ala resort bintang 5 seperti personal butler dan pemandu lokal yang siaga 24 jam.

Resort ini memiliki pengolahan air sendiri untuk menghasilkan air minum botolan, yang dimasukkan ke dalam botol kaca tentunya karena mereka menerapkan kebijakan no plastic di sini. Selain itu, resort ini juga meracik sendiri pupuk dan pestisida organik untuk menumbuhkan tanaman yang nantinya akan diolah menjadi bahan-bahan yang digunakan di Spa.

Resort ini juga memiliki penangkaran kura-kura, dan bekerjasama dengan taman nasional di sekitar untuk melindungi area pantai, terumbu karang dan area perairan dimana tinggal ikan dugong yang dilindungi.

Six Senses Con Dao 3
Six Senses Con Dao 2
Six Senses Con Dao 1
Loading image... Loading image... Loading image...

5. Jean-Michel Cousteau Resort, Fiji

Surga yang terletak Vanua Levu di Fiji ini dibangun menggunakan material lokal yang berasal dari hutan lokal yang tersertifikasi. Untuk penerangan di seluruh resort menggunakan bola lampu hemat energi dan resort ini memiliki kebun sendiri untuk mengembangkan bahan-bahan kebutuhan pangannya.

Selain aktivitas seperti snorkeling, spa, dan hiking tamu-tamu juga diberi kesempatan untuk mengikuti aktivitas konservasi seperti menanam mangrove dan restorasi terumbu karang, sehingga sambil berlibur, para tamu juga ikut berperan aktif dalam menjaga lingkungan di sekitar resort.

Jean Michel Cousteau Resort 1
Jean Michel Cousteau Resort 2
Jean Michel Cousteau Resort 3
Loading image... Loading image... Loading image...

Satu hal, yang harus kita garis bawahi, bahwa resort dan hotel kelas atas ini bukan hanya menerapkan gaya hidup eco living dalam operasional sehari-harinya tapi mereka juga ikut berperan aktif dalam menjaga keseimbangan lingkungan di sekitarnya untuk efek jangka panjang.

Sumber :
https://www.jetsetter.com/magazine/
https://wearetravelgirls.com/best-luxury-eco-hotels/
https://www.cntraveller.com/gallery/best-eco-friendly-hotels

Share To: