370 total views,  1 views today

Baru-baru ini saya membaca artikel mengenai Nathanial Hannan.  Seorang tutor asal Amerika Serikat yang memberlakukan tarif tutor atau les private sebesar USD1,250 / jam atau sama dengan Rp. 17,500,000 per jam! Setelah itu, saya iseng browsing mengenai pekerjaan tutor di Indonesia. Dan benar. Profesi tutor atau guru les privat di Indonesia ini sudah semakin luas bidang dan formatnya dibandingkan jaman saya sekolah, ehm, beberapa tahun (baca: dekade) yang lalu. Di titik yang ekstrim, ada layanan tutorial online internasional dimana murid dan tutor bisa berasal dari negara yang berbeda-beda dan tutor dibayar menggunakan dolar Amerika per jam, contohnya seperti yang ditawarkan oleh English First dan Say ABC.

Nathanial Hannan
                                                     Nathanial Hannan, Observer harus mengeluarkan Rp. 17.500.000/jam untuk mendapatkan jasanya

Wah, ini dia nih profesi lain yang diam-diam menghanyutkan dan cocok berat dengan Alesha. Kenapa Alesha?

1. Alesha dirancang sebagai hunian 3 tingkat sehingga memungkinkan untuk lantai pertama dirancang sebagai tempat bekerja. Dengan layout ruang Alesha, setiap lantai dimungkinkan untuk memiliki privasi sehingga murid-murid observer bisa belajar di lantai 1. Tetapi, tidak tertutup kemungkinan, apabila jumlah murid bertambah, Observer bisa juga menggunakan lantai 2 untuk bekerja dan membiarkan lantai 3 sebagai tempat tinggal.

Alesha House
                                                  Lantai 1 Alesha House, bisa anda sulap menjadi ruangan belajar yang menyenangkan
Alesha House
 Lantai 3 Alesha House, kamar yang sekaligus juga bisa menjadi tempat mempersiapkan materi les

2. BSD City yang berupaya menjadi pionir kota masa depan Indonesia dengan pemasangan fiber optic yang menghubungkan seluruh bagian BSD memungkinkan untuk koneksi internet yang super cepat sehingga akan mendukung Observer yang ingin menjadi private tutor dalam melakukan riset, mempersiapkan bahan pembelajaran dan mempersiapkan kertas kerja siswa. Bahkan apabila Observer beruntung mendapatkan posisi tutor online, koneksi internet yang cepat dan stabil seperti yang ditawarkan oleh MyRepublic merupakan keharusan dan syarat utama yang harus dipenuhi.

Tutor Online
                                                   Bermain sambil belajar seperti ini tentu harus didukung dengan WIFI yang super cepat

3. Lokasi yang aman dan nyaman memberikan keyakinan bagi orang tua untuk mengirimkan anaknya les bersama Observer. Above all, keamanan dan kenyamanan anak adalah prioritas utama bagi semua orang tua yang akan mengirimkan anak-anak mereka untuk belajar bersama Observer. Tempat les yang bersih dan nyaman seperti yang ditawarkan oleh lingkungan BSD secara keseluruhan tentu menjadi nilai tambah.  Belum lagi, keamanan Alesha yang terletak di Vanya Park ini cukup ketat. Sehingga meninggalkan anak di tempat ini akan memberikan keamanan bagi orang tua.

Alesha House
                                                                                             Penjagaan ketat masuk ke Alesha House

Berdasarkan situs www.lesprivatbigbang.com, fee les tutor private ke rumah untuk tingkat SMA Internasional di Tangerang bisa mencapai Rp. 350,000 / siswa / jam atau setara dengan Rp. 2,800,000 / siswa / bulan untuk 8 jam les / bulan. 10 siswa saja, Observer bisa menghasilkan Rp. 28,000,000 bulan.  Cukup untuk menutup KPR dan biaya operasional lainnya. Angka ini bukan tidak mungkin mengingat banyaknya jumlah sekolah bertaraf internasional di BSD seperti Bina Nusantara. Perkiraan ini belum termasuk pendapatan tutor online, yang sangat dimungkinkan Observer dapatkan apabila Observer fasih berbahasa Inggris.  Jadi, ini merupakan prospek yang sangat fisibel.

 

Referensi:

  1. https://moneypantry.com/make-money-teaching-english-online/ – Diakses 14 Januari 2019
  2. https://www.cnbc.com/2013/12/12/meet-the-400000-a-year-tutor.html – Diakses 14 Januari 2019
  3. http://lesprivatbigbang.com/biaya/#usia-dini – Diakses 14 Januari 2019