273 total views |

Ketika kemarin menentukan destinasi liburan berikutnya, sempat terjadi perdebatan yang kurang penting mengenai destinasi wisata. Satu teman saya ingin ke Maldives, sementara teman saya yang satu lagi ngga mau ke sana. Ngapain ke Maldives? Nanti foto-foto liburan kita sama dengan foto-foto liburan orang lain. Cari destinasi yang lain ah, yang orang masih jarang ke sana, jadi nanti foto liburan kita tuh unik gitu, ngga ada yang nyamain. Sempat pusing juga mencari destinasi baru, sampai akhirnya teman saya itu datang dan langsung mengumumkan, “We Are Going to Andaman Islands!!”.

Haaa… Pulau Andaman? Di manakah itu? Naik apa ke sana? Ada apa di sana? Mulailah kami googling, sampai satu teman saya berteriak, ya ampun itu pulau terpencil, malah katanya lebih banyak gajah dari manusia di sana! Geger lah kami semua. Tapi ternyata dasar teman saya malas membaca, fakta yang dia kemukakan itu kurang tepat. Kepulauan Andaman ini merupakan kumpulan dari 572 pulau-pulau kecil, yang sebagian besar tidak berpenduduk. Dari pulau-pulau tidak berpenduduk ini, ada beberapa pulau yang memang dihuni oleh gajah gajah liar.

Pantai Radhanagar
Tahukah Anda, bahwa ternyata kepulauan Andaman ini letaknya tidak terlalu jauh dari Sabang, Aceh? Hanya sekitar 150 Km saja, atau sama dengan jarak Jakarta – Bandung via Tol Cipularang.

Akhirnya setelah melewati riset yang cukup panjang, kami sepakat untuk pergi liburan ke Andaman. Tepatnya ke Taj Exotica Resort and Spa.

Destinasi Liburan
                                                   Pantai Radhanagar

Taj Exotica ini terletak di Pantai Radhanagar Pulau Havelock, yang merupakan salah satu pulau yang paling banyak  penduduknya di gugusan Kepulauan Andaman.

Sesampainya kami di Taj Exotica ini kami disambut oleh para staff resort yang menyanyikan lagu – lagu tradisional sebagai ucapan selamat datang. Setelah proses check in dan menikmati welcome drinks yang menyegarkan, kami pun diantar menuju villa yang akan menjadi tempat tinggal kami selama di Taj Exotica.

Desain villa nya sendiri sebenarnya simple, menyesuaikan dengan lingkungan sekitar resort yang alami, dengan mengambil bentuk dasar seperti bentuk tenda. Tapi tentu saja bagian dalam villa tetap dibuat nyaman dan mewah sesuai dengan standar resort bintang 5. Sore itu kami habiskan dengan beristirahat dan bersantai di beranda villa yang langsung menghadap laut Andaman.

Taj Exotica
                                                                                                              Desain Villa Taj Exotica
Maldives di India
                                                                                                       Desain Villa Taj Exotica
Life of PI
                                                                                                               Desain Villa Taj Exotica
Villa Taj Exotica
                                                                  Kamar mandi di Villa Taj Exotica

Tahukah anda, bahwa ternyata kepulauan Andaman ini letaknya tidak terlalu jauh dari Sabang, Aceh? Hanya sekitar 150 Km saja, atau sama dengan jarak Jakarta – Bandung via Tol Cipularang. Dengan perahu nelayan sederhana saja jarak ini bisa ditempuh hanya dalam waktu 2 – 3 jam. Sayangnya belum ada akses transportasi resmi langsung dari Sabang kesini. Kalau iya, saya yakin Kepulauan Andaman akan segera diserbu warga hipster dari Jakarta.

Malam ini kami memutuskan untuk dinner di Turtle House, restoran di resort yang menyediakan beragam daging dengan ukuran yang cukup besar. Restoran ini terletak tepat di pinggir infinity pool. Ambience nya santai dan akrab, sehingga kami pun menghabiskan waktu cukup lama untuk bersantap dan bercakap-cakap.

Resort di India
                                                                                                           Restaurant Turtle House

Hari ke dua di Andaman dibuka kami bangun agak kesiangan, sehingga niat breakfast terpaksa diganti dengan brunch di The Settlers, yang menyediakan beragam menu yang merupakan hidangan asli dari pendatang-pendatang yang berimigrasi ke kepulauan Andaman ini. Beragam menu dari Diglipur, Baratang, Rangat, Mayabunder, bisa ditemukan berdampingan dengan menu tradisional India dari daerah Tamil, Bangla, Bihari dan Kerala.

Berlian Spesial Edition
                                                                                                    Menu makanan di The Settlers

Aktivitas berikutnya tentu saja adalah snorkeling dan scuba diving. Perairan yang tenang berwarna biru turquoise ini sangat menggoda untuk dijelajahi. Kabarnya ada lebih dari 135 jenis spesies bawah laut yang bisa ditemukan di sini. Kami juga berencana untuk menjelajahi area karamnya kapal MV Mars, yang merupakan salah satu spot favorit.

Jangan takut karena tenaga professional yang disediakan oleh pihak resort sudah terbiasa untuk menemani para tamu, baik yang baru belajar maupun yang sudah ahli, sehingga semua bisa menikmati keindahan bawah laut Andaman dengan aman.

Scuba Diving
                                         Snorkeling di perairan berwarna biru turquoise dengan 135 jenis spesies bawah laut

Malam harinya, saya mengikuti sebuah aktivitas yang unik yaitu Night Kayaking di Hutan Mangroves. Setelah matahari terbenam saya dan beberapa tamu yang mengikuti aktivitas ini diantar menuju private jetty, di mana di sana sudah menunggu pemandu professional yang akan mendampingi petualangan kami mengayuh kayak malam ini. Salah satu alasan saya mengikuti aktivitas ini adalah keinginan untuk menikmati fenomena alam bioluminescence. Jadi, sambil mengayuh kayak dalam kegelapan malam, menyusuri gua dan celah sempit di Hutan Mangrove, kami bisa melihat ratusan phytoplankton yang bersinar-sinar di dalam air, seperti salah satu adegan di film Life of Pi. What a surreal experience. Benar-benar pengalaman yang tidak akan terlupakan seumur hidup saya.

Life of PI
Kami bisa melihat ratusan phytoplankton yang bersinar-sinar di dalam air, seperti salah satu adegan di film Life of Pi. What a surreal experience

Sementara saya mengayuh kayak, salah satu teman saya yang lain mengikuti aktivitas unik yang disediakan oleh pihak hotel, yaitu Birding atau Bird watching. Aktivitas ini dilakukan di Chidiyatapu (Bird’s Island), yang dikenal karena sering terjadi penampakan burung-burung langka seperti Purple Moorhen, Lesser Whistling Teal, White bellied Sea Eagle, White-breasted Kingfisher, Andaman Treepie, Racket-tailed Drango, Scarlet Minivet, Green Imperial Pigeon, Glossy Staling, Andaman Cuckoos dan Bulbul. Sambil duduk santai di pinggir pantai dengan lampu-lampu yang temaram, membuat pengalaman ini juga menjadi sangat mengesankan bagi teman saya.

Bird Watching
                                  Kami benar-benar menjalankan “the art of doing nothing” di sini.

Sebenarnya masih banyak lagi aktivitas yang bisa dilakukan, seperti memancing dan turtle nesting. Tapi kami memutuskan di hari terakhir kami hanya ingin menikmati kenyamanan Taj Exotica, dari mulai berjemur di pinggir pantai, berenang di infinity pool, membaca buku di teras villa. Kami benar-benar menjalankan “the art of doing nothing” di sini.

Liburan ini benar-benar membuka mata saya akan destinasi baru yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya. Hasilnya adalah, pengalaman baru, hati yang bahagia, dan ribuan foto untuk diunggah di medsos nantinya.

Berlian Spesial Edition
                                                                                             Kolam renang di villa Taj Exotica

Facts About Taj Exotica

How to get here :

Terbang dari Bandar Udara Kolkata, Chennai, Mumbai dan New Delhi ke Veer Savarkar International Airport, Port Blair. Kami sarankan anda memilih penerbangan pagi, supaya bisa tiba maksimal pukul 12:30, karena kita akan menyebrang dengan Ferry ke Pulau Havelock pada jam 14:00.

Perjalanan dengan Ferry akan memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Sesampainya di Pulau Havelock, kendaraan hotel akan membawa anda berkendara selama 30 menit menuju Taj Exotica.

Anda dapat menginap di sini dengan tariff mulai dari 9,5 juta/malam.

Share To: