190 total views |

Salah satu tantangan tinggal di apartemen adalah kurangnya space pribadi di luar unit kita yang bisa kita gunakan untuk menanam. Tentu saja metode menyegarkan suasana ruangan seperti ini bukan hal baru. Hijaunya tanaman dapat membuat suasana ruangan menjadi sejuk dan segar. Tak hanya dari segi visual, hadirnya tanaman di dalam rumah juga memperbaiki sirkulasi udara. Wah, ini sesuai banget kan ya Observer dengan filosofi tinggal di Asatti yang terletak di Cluster Vanya Park di BSD City ? Berbagai fasilitas outdoor yang mendukung pola hidup sehat sudah tersedia dari mulai danau alami seluas 3 hektar yang bisa Observer gunakan untuk berolahraga santai atau duduk melepas stress hingga kolam renang sepanjang 150 meter yang bisa Observer gunakan setiap saat.

Asatti
                                          Unit Asatti yang memiliki pemandangan langsung ke kolam renang sepanjang 150 m

Tanaman yang diletakan di pot dan disimpan di dalam unit Observer di Asatti bisa memaksimalkan pola hidup sehat ini. Kita sudah tahu ada bermacam jenis tanaman hias yang dapat hidup di dalam pot dan di dalam ruangan. Tetapi, kali ini kita ingin mengajak Observer untuk menanam sayur – sayuran di dalam ruangan Asatti milik Observer! Wah, ini double advantages namannya, selain dapat sirkulasi udara yang lebih baik di dalam rumah, Observer juga bisa berhemat. Yuk kita pelajari jenis-jenis sayur dan bumbu yang bisa di tanam di pot kecil :
1. Daun bawang
Menaman daun bawang di dalam pot dan diletakan di dapur ini sungguh mengingatkan pada salah satu drama Korea hits tahun ini yang dibintangi Lee Jong Suk dan Lee Na-young. Beberapa adegan dalam seri tersebut memperlihatkan si bintang utama memasak ramyeon (mi khas Korea) dan menambahkan daun bawang yang dipotong langsung dari tumbuhan daung bawang yang masih tumbuh di pot. Bahkan akhirnya si bawang daun ini menjadi hadiah yang diberikan si bintang utama pada temannya.

Daun Bawang

2. Seledri
Seledri ini adalah salah satu sayuran yang paling mudah tumbuh dari sisa-sisa potongannya. Kamu hanya perlu memotong bagian bawah seledri, taruh di mangkok berisi air hangat. Biarkan seledri terkena sinar matahari langsung setiap hari, maka akan muncul daun pada batang seledri.

Seledri

3. Bawang Merah dan Bawang Putih
Kalau kamu punya sisa bawang merah atau bawang putih, ambil satu siungnya dan tanam bagian akar menghadap ke tanah, sedang bagian atasnya dipotong sedikit untuk pertumbuhan tunas. Letakkan pot di tempat yang terkena sinar matahari langsung agar tumbuh tunasnya.

4. Cabai
Jenis sayuran yang satu ini selain selalu dicari, harganya cukup fluktuatif. Walaupun kebanyakan ditanam di pekarangan, tetapi cabai juga bisa ditanam di dalam pot. Caranya cukup sebar bijinya yang sudah dikeringkan, lalu disiram berkala di bawah sinar matahari sampai tumbuh besar dan berbuah. Namun sebaiknya gunakan pot yang sedikit lebih besar agar cabai yang dihasilkan lebih bagus dan segar.

Cabe

5. Selada
Sebagai teman makan daging bakar, atau untuk salad, Observer bisa menanam selada di dalam pot. Cara menanamnya cukup mudah. Tempatkan bagian akar putih selada dalam botol kaca yang diisi air, jangan lupa selalu ditambah airnya kalau kering dan cukupkan sinar mataharinya. Setelah tumbuh tunas, baru deh Observer pindahkan ke pot yang berisi tanah.

Selada

Coba padukan tanaman-tanaman sayur ini dengan pot-pot kecil dan keren, voila! Observer dapat manfaat sayuran, manfaat tanaman untuk sirkulasi udara, bisa menghemat, plus: dekor rumah yang keren! Selamat mencoba.

 

Referensi:

  1. https://www.casaindonesia.com/article/read/9/2017/333/Tanaman-Hias-Apa-yang-Cocok-di-Dalam-Rumah – Diakses 8 Juni 2019
  2. https://www.hipwee.com/tips/sayur-dan-bumbu-dapur-yang-bisa-ditanam-di-pot-kecil/ – Diakses 8 Juni 2019
  3. Key words: sayuran yang bisa tumbuh di dalam rumah
Share To: