704 total views |

Asuransi Rumah
                                       Asuransi rumah diperlukan untuk antisipasi berbagai hal yang dapat mengancam rumah Anda

Ketika hendak membuat tulisan ini saya mengambil inspirasi dari rumah impian saya yaitu Caelus. Dengan harga berkisar antara Rp. 3 Milliar hingga Rp. 5 Milliar, Cluster Caelus di BSD City merupakan investasi yang memerlukan banyak usaha dan kerja keras untuk didapat.  Tentu saja investasi tersebut sangatlah worth it! Dengan fasilitas yang ditawarkan seperti 3 theme parks, connectivity path hingga Caelus Smart Home System. Belum lagi lingkungan di sekitar Greenwich Park yang merupakan cluster utama Caelus yang terletak dekat dengan sekolah-sekolah terkenal seperti St. Ursula, rumah sakit kenamaan seperti Eka Hospital dan pusat perbelanjaan seperti Q-Big dan Teraskota.

Hunian Impian
    Caelus sudah melindungi Anda,
                saatnya Anda melindungi Caelus
                             kesayangan Anda

Observer wajib memikirkan perlindungan untuk rumah yang dimiliki, salah satunya dengan membeli asuransi rumah. Jenis asuransi ini tidak sepopuler asuransi jiwa dan asuransi kesehatan tetapi sebenarnya manfaat yang ditawarkan sangat membantu menghadapi resiko berbagai macam kerusakan rumah dari mulai bencana gempa bumi hingga pencurian.

Sebenarnya, apa sih asuransi rumah dan apa manfaatnya?

Tujuan utama asuransi tentu saja untuk mengurangi resiko pengeluaran uang dalam jumlah besar di waktu-waktu yang tidak terduga. Dengan adanya asuransi apabila terjadi sesuatu yang tidak diharapkan seperti sakit, tabrakan mobil, kebakaran rumah dan lain-lain, tanggung jawab pembayaran dibagi dua antara anda sendiri dan perusahaan asuransi.

Bayangkan apabila rumah anda yang sudah anda isi dengan dekorasi interior sesuai mimpi anda tiba-tiba mengalami kerusakan misalnya dikarenakan cuaca buruk.  Jika Observer tidak memiliki asuransi maka beban ini harus Observer tanggung sendiri tetapi dengan adanya asuransi maka beban dapat dibagi dua.

 

 

 

 

 

Coverage Asuransi
                                                        Cermati dan pahami setiap kebijakan asuransi sesuai dengan yang kita butuhkan

Perusahaan-perusahaan asuransi besar umumnya menawarkan perlindungan jenis ini. Tetapi tentu saja sebelum memutuskan, ada beberapa hal yang perlu Observer cermati.

  1. Perhatikan coverage yang ditawarkan

Kondisi apa sajakah yang dapat dilindungi oleh asuransi Observer ini? Setiap perusahaan dan polis memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Sayangnya, tidak ada cara lain selain membaca dengan teliti proposal asuransi yang ditawarkan agen Observer untuk memahami perlindungan apa saja yang ditawarkan. Beberapa perusahaan menawarkan perlindungan yang cukup lengkap dari mulai kerusakan akibat gempa bumi hingga pencurian tanpa kekerasan.  Bertanya yang lengkap pada agen dan pastikan semua permintaan Observer tercantum di dalam polis.

  1. Pastikan jumlah premi sesuai

Apabila nilai bangunan dan isi yang sudah Observer design sesuai impian Observer bernilai Rp. 1,5 Milliar, pertimbangkan nilai pertanggungan yang mencukupi. Jangan sampai demi menghemat premi, nilai pertanggungan yang dipilih Observer hanya Rp. 500 juta sehingga resiko tanggungan Observer menjadi sangat besar.

  1. Pilih Perusahaan Asuransi Terbaik

Salah satu faktor yang bisa dipertimbangkan dalam memilih perusahaan asuransi terbaik adalah dengan mencari tahu tingkat kemudahan pada saat kita melakukan klaim. Observer bisa melakukan riset di internet untuk membantu mendapatkan referensi tentang sebuah perusahaan.  Saran saya, jangan tergantung pada agen yang saat itu mendatangi Observer karena agen tersebut bisa berpindah tempat pekerjaan.  Pilihlah perusahaan yang memang bereputasi baik dan bisa diandalkan.

Asuransi Rumah
                                                  Sudah saatnya kita lindungi properti kesayangan kita dengan mengasuransikannya

Kabar gembiranya, premi asuransi rumah tinggal ini terbilang terjangkau dibandingkan asuransi kesehatan atau asuransi jiwa. Rate premi yang ditawarkan bisa dalam satuan persen atau permil.  Misal 0,2 persen atau 2 permil.  Jadi untuk nilai pertanggungan Rp. 1 milliar, premi yang dikenakan adalah sebesar Rp. 2,000,000 per tahun. Cukup worth it untuk investasi berharga Observer, bukan?

Referensi:

  1. https://www.cermati.com/artikel/asuransi-rumah-apa-itu-dan-bagaimana-cara-kerjanya – Diakses 5 Februari 2019
  2. https://www.finansialku.com/cara-menghitung-premi-asuransi-rumah/ – Diakses 5 Februari 2019
  3. https://axa.co.id/asuransi-umum/individu/rumah-tinggal – Diakses 5 Februari 2019
Share To: