233 total views |

Barbizon Hotel NY (dulunya hotel khusus wanita!)

 

Barbizon Hotel merupakan salah satu bangunan yang penuh sejarah di New York, tepatnya di sudut antara Lexington Avenue dan 63rd Street. Mulai beroperasi sejak tahun 1926, dengan positioning “Hunian untuk Wanita Profesional”, Barbizon Hotel memiliki 700 unit kamar dengan ukuran kecil yang hanya muat satu tempat tidur single, meja dan lemari kecil. Kamar mandi terletak di luar dan harus berbagi dengan penghuni lain. Dan karena khusus wanita, pada saat itu pria tidak diperkenankan untuk naik, pria hanya boleh masuk sampai area lobby dan area communal di lantai 2.

Ternyata keberadaan Hotel Barbizon ini sangat berguna bagi para wanita yang pada saat itu mulai berdatangan ke New York, untuk memulai karir mereka. Bagi para wanita ini (dan orang tuanya), Hotel Barbizon dianggap sebagai tempat yang aman untuk wanita, dimana mereka bisa saling mengurus satu sama lain dan menjadi bagian dari komunitas “wanita pekerja professional” yang pada waktu itu masih terbilang jarang sekali. Mungkin ini bisa disebut sebagai cikal bakal dari co living yang sekarang kembali menjadi tren.

barbizon3
barbizon6
a40a1c853b1f8e5c408ac6f28c982232
Loading image... Loading image... Loading image...

Beberapa artis dan selebritis wanita terkenal seperti Grace Kelly, Joan Didion, Lauren Bacall, Liza Minelli, Sylvia Plath, Joan Crawford, Candice Bergen, Elaine Stritch, and Cybill Shepherd pernah menjadi penghuni dari Hotel Barbizon ini pada awal mereka mulai meniti karir dan belum terkenal. Eileen Ford, pemilik agensi model terkemuka juga menyewa satu lantai khusus untuk tempat tinggal para modelnya. Ia ingin mereka memiliki tempat tinggal yang aman, jauh dari incaran tabloid dan mudah ia awasi

Di tahun 1980-an, Hotel Barbizon berganti kepemilikan dan mulai berubah bentuk dan nama menjadi Manhattan Hotel & Spa. Di tahun 1990-an hotel ini dijual dan kembali bertransformasi menjadi Hotel Melrose. Sampai akhirnya di tahun 2000-an hotel ini kembali beralih kepemilikan kepada BPG Properties dan Prudential Douglas Elliman yang berkeinginan untuk mengembalikan kejayaan Hotel Barbizon. Mereka merubah konsep hotel menjadi kondominium dengan nama Barbizon /63.

Renovasi besar-besaran pun dilakukan terhadap bangunan ini. Mereka membangun 66 unit apartemen dengan 1 sampai 3 kamar tidur, dan beberapa penthouse yang memiliki desain yang fantastis, seperti salah satu unit penthouse yang memiliki double-height ceiling dan jendela dekoratif setinggi 14 kaki sehingga sinar matahari dengan leluasa bisa masuk menerangi ruangan. Unit penthouse yang lain dilengkapi oleh teras yang sangat luas dengan hiasan pilar-pilar berdesain Moor.

barbizon-63-140-east-63rd-street-07
barbizon-63-140-east-63rd-street-11
barbizon_63_lounge
3e4f017671d4a1483bbb7ba868026d7a
barbizon-63-140-east-63rd-street-01
Loading image... Loading image... Loading image... Loading image... Loading image...

Unit-unit disini dijual dengan harga mulai dari 1 juta dollar untuk one bedroom apartemen sampai 15 juta dollar untuk penthouse seluas 500m2.

Uniknya, karena adanya peraturan mengenai penyewaan apartemen yang ketat di Kota New York, saat ini ada 10 penghuni wanita yang masih bisa tinggal disana sampai mereka meninggal dengan membayar uang sewa sebesar $113 to $424 perbulan. Rata-rata penghuni ini adalah penghuni yang sudah tinggal selama 40-50 tahun di sini.

Bagaimanapun bentuknya, apapun namanya, Hotel Barbizon ini tetap dikenang sebagai salah satu dari Icon kota New York, yang menjadi simbol dari sebuah tempat aman untuk para wanita yang modern dan mandiri di setiap zaman.

 

Sumber artikel :

https://nypost.com/2016/08/27/this-nyc-hotel-housed-some-of-the-worlds-most-beautiful-women/
https://insideouttours.com/2019/07/08/the-glamour-and-the-despair-the-barbizon-hotel/

Share To: