269 total views |

Benefits of Playing Instruments for Your Kids

 

1. Playing Reduces Stress
Menurut psikolog Jane Collingwood, musik membawa efek tenang bagi pendengarnya. Bahkan musik klasik yang slow terbukti berefek positif bagi psikologis kita termasuk diantaranya menetralisir detak jantung, menurunkan tekanan darah dan menurunkan tingkat hormone pembawa stress!

Musik Klasik

2. Playing Instrument is creative
Setelah mempelajari teknik dasar, pemain musik memiliki kesempatan luas untuk membuat musik mereka sendiri. Selain sebagai jalan untuk mengeksperesikan musik, dengan membuat suara-suara sendiri atau lagu ciptaan sendiri, seseorang bisa menemukan wadah untuk menyuarakan ekspresinya.

3. Builds Up Your Confidence
Walaupun hanya berlatih di rumah, aktivitas ini meningkatkan kepercayaan diri karena sepelan apapun instrument Observer, suaranya pasti terdengar orang lain. Jadi dalam proses pembelajaran itu, Observer atau anak Observer harus mengatasi rasa malu atau ketakutan terhadap kritik ketika memainkan tangga nada yang tidak sesuai.

4. Team Building Exercise
Ketika dua atau tiga teman Observer mulai bergabung untuk berlatih bersama, mulai lah latihan team building dimulai. Dalam kasus anak saya, seringkali si Kakak harus mengiringi si Adik atau sebaliknya dan melihat mereka mendapatkan kolaborasi yang pas antara piano dan biola sangat fascinating. Mereka dilatih untuk paham siapa yang sedang lead, maka yang lain harus mengikuti walaupun posisi lead itu sering kali dipegang oleh si adik karena tipe instrumennya.

Team Building Exercise

5. Give You A Sense of Accomplishments
Setelah mencoba berkali-kali dan gagal, sehingga akhirnya Observer menguasai satu line yang yang sulitnya setengah mati jelas memberikan a sense of accomplishments!

6. It Helps Improve Your Memory
Riset membuktikan bahwa bermain alat musik meningkatkan memori verbal, penalaran spasial dan keterampilan literasi. Bermain musik memaksa Observer untuk menggunakan kedua sisi otak Observer sehingga akan meningkatkan kekuatan otak.

Improve memory

7. It Increase dicipline and time management skills
Selama Observer atau anak Observer bukan seorang jenius dalam hal musik, diperlukan ketekunan dan latihan yang rutin bagi seseorang untuk bisa berhasil memainkan satu instrument. Ini sangat membantu anak-anak untuk memahami bahwa apabila mereka ingin menguasai alat musik mereka, mereka harus berlatih keras dan mengatur waktu mereka sendiri untuk berlatih.

8. Practicing a musical instrument improves patience
Banyak komposisi musik termasuk dalam kategori rumit. Misalnya karya Franz Liszt. Diperlukan kesabaran tinggi untuk mengulang-ngulang dan berlatih komposisi-komposisi ini hingga Observer atau anak-anak bisa memainkannya. Keberhasilan menyelesaikan lagu sama dengan satu ujian kesabaran!

FLiszt
                                                                   Franz Liszt

Saya sih, di luar keuntungan luar biasa dalam bermain alat musik, musik selalu membuat saya happy. Sepertinya sih, saya akan menyusul anak-anak mempelajari instrument musik!

Selain dari hal-hal positif diatas memiliki hobby bermain musik juga memiliki sisi negatif yang biasanya kurang diperhitungkan ketika Observer memilih hunian.

Bayangkan ruang yang terpakai untuk piano, bayangkan ketika anak anda sedang berlatih yang pada beberapa alat musik sering terjadi salah nada yang menyebabkan lengkingan-lengkingan suara yang jauh dari merdu. Hal ini akan diperparah jika tidak semua anggota keluarga memiliki toleransi terhadap suara dan area yang terokupansi oleh alat musik.

female play a piano

Alternatif lain untuk penggunaan attic room yang khas ditawarkan di cluster Caelus di BSD City adalah menggunakannya sebagai music room. Observer bisa bebas mengekspresikan jiwa seni Observer atau mungkin anak-anak Observer di bidang musik di rumah. Kedua anak saya bermain instrument. Satu pemain biola dan satu pemain piano. Kalau piano sudah jelas memakan tempat dan akan sangat membantu apabila ditempatkan di ruangan sendiri, tapi yang sedikit tidak terduga, adalah biola. Anak saya mulai berlatih biola dari usia 6 tahun. Saat itu, kami baru tahu bahwa biola itu punya berbagai ukuran, jadi hingga saat ini, dia sudah berganti tiga ukuran dan itu pun belum sampai penuh. Jadi memiliki attic room yang bisa digunakan sebagai musik room sangat membantu agar alat-alat bisa tersimpan dengan rapih. Apalagi, biola ini juga sedikit ringkih. Tidak bisa kepanasan, kalau terbanting suaranya akan rusak dan lain-lain.

Music Studio

Bagi saya ruangan tersembunyi seperti attic room yang dimiliki Caelus adalah solusi untuk ”persembunyian” pemain musik lokal (alias anak saya) ketika dia sedang berlatih biola dan bisa menjadi area ”library” bagi saya ketika saya ingin menjalani ME time saya.

Untuk Observer yang berada jauh dari BSD dan masih betah tinggal di kota observer, segera buka website www.caelus.id untuk mendapatkan insipirasi attic room yang multifungsi.

Referensi:

1. https://musicoomph.com/playing-musical-instruments-benefits/ – Diakses 14 Agustus 2019
2. https://www.classicfm.com/discover-music/reasons-to-play-a-musical-instrument/ – Diakseas 14 Agustus 2019

Share To: