140 total views |

Sinarmas Land yang merupakan pengembang dari BSD City, sangat serius dalam mengatasi isu lingkungan yang terjadi. Sinarmas Land sebagai pengembang berupaya untuk mewujudkan kepedulian terhadap masalah pelestarian lingkungan melalui penerapan visi green di setiap proyeknya. Salah satu proyek yang sudah konsisten menerapkan konsep green adalah BSD City.

Dalam menciptakan suatu kawasan perkotaan yang ramah lingkungan atau low carbon emission, BSD City telah  melakukannya di tiga sektor, yaitu : Sektor Ruang Terbuka Hijau, Sektor Efisiensi Energi di gedung perkantoran, dan Sektor Transportasi Publik.

Low carbon emission

Sejauh ini yang telah dilakukan Sinar Mas Land  di BSD City adalah penanaman  lebih dari tiga juta pohon di area komersial, pedestrian, median jalan, taman lingkungan, dan mengembangkan taman kota serta hutan kota. Selain itu berbagai program untuk menunjang pelestarian lingkungan hidup juga telah diwujudkan, misal pembangunan kawasan hijau Green Office Park, sertifikasi Green Building, pembangunan The Breeze, Mall tanpa dinding yang ramah lingkungan, dibangunnya jalur-jalur pejalan kaki yang nyaman serta pelaksanaan Festival Hijau untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan yang diselenggarakan setiap tahun.

The Breeze BSD
                                                                                                                   The Breeze, BSD City

The Breeze,

Untuk pembangunan Green Office Park ini, pihak Sinarmas Land benar-benar menerapkan prinsip gedung hijau. Dibangun di atas lahan seluas 25 ha dan terbagi menjadi beberapa gedung. Gedung-gedung disini menggunakan kaca khusus untuk mengurangi masuknya hawa panas ke dalam gedung, sehingga diharapkan bisa mengurangi pemakaian AC, memakai lampu tenaga surya untuk penerangan jalan umum di kawasan perkantoran, dan menerapkan sistem water fixtures dengan flow rate rendah untuk menghemat air.

Green Office Park

Facade bangunan didesain agar dapat menghemat penggunaan energi secara pasif, mengurangi radiasi panas matahari yang masuk ke dalam gedung, serta mengoptimalkan penggunaan cahaya alami. Gedung juga didesain sehingga sirkulasi udara alami dapat berputar dengan lancar di dalam gedung. Selain itu gedung-gedung di kawasan Green Office Park ini juga dibangun menggunakan bahan bangunan ramah lingkungan (eco friendly material).

Eco friendly material

Tak heran kalau BSD Green Office Park merupakan distrik pertama di Indonesia yang mendapat sertifikasi ‘Gold’ Green District dari BCA (Building Construction Authority) Singapura. Sejumlah institusi pun seperti Asia Pacific Economic Cooperation atau APEC, Ministry of Economy, Trade and Industry from Japan & Kementerian ESDM telah melakukan peninjauan terhadap penerapan konsep hijau di BSD Green Office Park.

Keseriusan dalam isu penerapan konsep hijau ini juga terlihat di pembangunan Cluster terbaru di BSD City, yaitu Cluster Caelus, yang merupakan bagian dari Grand Cluster Greewichpark.

Desain rumah dibuat dengan konsep tropis, dengan banyak bukaan sehingga sinar matahari bebas masuk dan sirkulasi udara lebih lancar. Setiap rumah memiliki Sky Deck Terrace, sehingga para penghuni masih bisa menikmati udara luar di teras rumah masing-masing.

Building construction authority

Saat ini walaupun  kondisi Cluster Caelus masih dalam tahap pembangunan, tapi kita sudah bisa melihat rumah contoh dan perkiraan kondisi cluster nanti. Terlihat memang keseriusan pihak BSD City dalam mengembangkan konsep huniannya .

Saya sempat berkeliling ke beberapa cluster yang terletak di sekitar Grand Cluster Greenwich ini  untuk melihat- lihat, dan saya cukup terkesan dengan kerapihan, kebersihan dan kerimbunan pepohonan yang ada di cluster-cluster tersebut. Satu lagi yang cukup mengesankan adalah pengembang juga membuat walking path, yang menghubungkan antar cluster dan sarana-sarana umum seperti club house–club house yang ada di Grand Cluster Greewich ini.  Pepohonan yang ada di sisi walking path membuat berjalan di sini menjadi lebih nyaman.

Share To: