1,697 total views |

Dari data peringkat negara dengan sistem pendidikan terbaik menurut US NEWS, Indonesia menempati peringkat 56 dari 80 negara di tahun 2018. Posisi ini sangat jauh dibandingkan tetangga dekat Singapura yang menempati peringkat 20 dan Malaysia di urutan ke 44.

Banyak pekerjaan rumah yang harus dibenahi oleh pendidik dan pembuat kebijakan di Negeri tercinta ini untuk memperbaiki peringkat pendidikan di Indonesia dengan harapan agar siswa siswi lulusan Indonesia akan memiliki competitive advantage yang lebih baik ketika harus bersaing dengan tenaga kerja asing.

Anak SD
Sebagai Lembaga pendidikan yang bercita-cita membantu para siswa agar lebih siap bersaing dalam dunia global dengan tidak meninggalkan identitas kebanggaannya sebagai orang Indonesia dengan segala kearifan lokalnya, Sekolah Cita Luhur meluncurkan kampanye “Cita Luhur Goes Global” yang terdiri dari peningkatan penerapan dual language di Cita Luhur dan Penerapan MAP Growth Test. Dalam kampanye ini, selain memantapkan penerapan dual language yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang memang sudah ditetapkan semenjak sekolah ini berdiri di tahun 2012 lalu, kini Sekolah Cita Luhur juga menggandeng Northwest Evaluation Association (NWEA) yang merupakan sebuah organisasi non-profit di Amerika Serikat untuk mengimplementasikan MAP Growth Test di Sekolah Cita Luhur mulai tahun ajaran 2019/2020 untuk siswa TK B hinga SMP.

Siswa Cita Luhur
                             Sekolah Cita Luhur Medan mengasah kreativitas dengan menggelar Business Day

Sekolah Cita Luhur Medan mengasah kreativitas dengan menggelar Business Day
MAP Growth adalah sebuah test yang dilakukan secara periodic untuk siswa agar dapat mengukur apa yang sudah diketahui oleh siswa dan memberikan informasi kesediaan mereka untuk pelajaran selanjutnya. Informasi ini kemudian diberikan kepada guru dengan tujuan agar guru dapat mengajarkan kepada siswa sesuai kebutuhan masing-masing siswa sehingga secara keseluruhan dapat meningkatkan kualitas belajar siswa. MAP Growth ini akan diberlakukan untuk mata pelajaran Matematika, IPA dan Bahasa Inggris. Penerapan MAP Growth Test ini dapat membantu perangkat sekolah untuk mengevaluasi kualitas kegiatan belajar mengajar di Cita Luhur agar dapat dibandingkan dengan standar internasional.

Map Growth Test
                                                                           Salah satu contoh kegiatan MAP Growth Test

Salah satu contoh kegiatan MAP Growth Test
Tentu saja ini hanya langkah awal dari komitmen panjang Sekolah Cita Luhur untuk berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan nasional secara keseluruhan. Perangkat sekolah secara continue akan mengevaluasi kurikulum dan metoda pembelajaran di kelas agar kualitas pendidikan dapat terus ditingkatkan.

Logo Cita Luhur
Untuk berbagai informasi lainnya mengenai pembelajaran di dalam kelas Cita Luhur, Observer yang kebetulan berdomisili di Medan dan sedang mencari sekolah untuk putra putri Observer untuk tingkatan Playgroup (2 tahun) hingga tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), bisa menghubungi Sekolah Cita Luhur Medan di Jl. Juanda 14-16 Medan (samping Hotel Pardede) atau di nomor telepon:

Miss Nita

Miss Nita

Miss Fiona

Miss Fiona

 

Referensi:

  1. https://www.usnews.com/news/best-countries/best-education – Diakses 12 Mei 2019
  2. https://www.nwea.org/map-growth/ – Diakses 12 Mei 2019
Share To: