1,165 total views |

“Tipe anjing yang cocok untuk space kecil”

Anjing peliharaan
Tipe anjing yang cocok untuk tinggal di rumah kecil atau apartmen

Suatu hari, saya kedatangan tetangga rumah saya. Wajahnya galau sekali. Ia datang membawa si Bonbon anjing Shih Tzu kesayangannya. Kemudian dia bertanya, apakah saya mau mengadopsi si Bonbon. Wah, saya heran juga kok tiba – tiba dia memutuskan untuk melepas Bonbon, padahal selama ini dia kelihatan sayang sekali pada si Bonbon, sampai kadang dia bela – belain beli sebuah “essential oil” yang cukup mahal untuk si Bonbon yang sedang “ngga” enak perut.

Setelah saya tanya, kemudian dia cerita karena ia dan keluarganya mau pindah ke apartemen, dia merasa “ngga” mungkin membawa si Bonbon, karena kan lingkungannya beda dengan perumahan. Kemudian saya tanya, memang di apartemennya ada aturan tentang binatang peliharaan? Dia bilang belum paham juga, tapi biasanya sih kalau anjing biasanya pengelola apartemen agak keberatan.

Apakah Observer pernah memiliki pengalaman serupa dengan tetangga saya ini?

Karena kasihan melihatnya, saya mengaja dia untuk “googling”, mencari tips dan trik untuk memelihara anjing di apartemen atau bahkan di rumah yang tidak terlalu luas.

Ternyata, ada beberapa hal yang harus diperhatikan bila kita mau memelihara anjing di apartemen, yaitu keramahan (karena anjing ini pasti akan ikut berinteraksi dengan tetangga), suara gonggongan, energi yang dikeluarkan dan ukuran badan anjing.

Dari hasil riset sederhana ini kemudian kami dapat beberapa jenis anjing yang masih bisa dipelihara di apartemen, yaitu :

1. Pug

Apartemen
Jenis anjing Pug

Pembawaan Pug ceria, setia dan dapat dengan mudah beradaptasi di lingkungan dan dengan gaya hidup baru. Kebutuhan energi Pug juga rendah dan Pug bukanlah anjing yang sering menggonggong. Cuma, Pug tidak suka ditinggal sendiri, ini yang harus diperhatikan. Jangan sampai dia ketakutan dan mulai mengonggong sehingga mengganggu ketenangan.

2. French Bulldog & English Bulldog

Rumah kecil
French Bulldog
Binatang
English Bulldog

Sama dengan Pug, jenis anjing Bulldog adalah anjing yang tenang dan tidak suka mengonggong tanpa alasan yang jelas. Mereka juga bukan anjing yang banyak bergerak, lebih suka tidur dan duduk – duduk santai. Hanya saja anjing jenis ini tidak tahan dengan udara panas. Jadi pastikan AC unit apartemen Anda selalu hidup.

3. Shih Tzu

Tips
Anjing Shih Tzu

Anjing Shih Tzu ini dari segi ukuran dan tingkat energi juga cocok untuk tinggal di apartemen, hanya saja Anda harus rajin merawat bulunya yang panjang supaya tetap terawat dan tidak menimbulkan bau tidak sedap.

4. Greyhound

Ruang sempit
Anjing Greyhound

Ternyata walaupun ukurannya besar tapi Greyhound masih cocok untuk dipelihara di apartemen. Greyhound tidak memerlukan banyak ruang, asal ada tempat yang lembut dan hangat mereka akan tetap tenang di sana. Mereka juga memiliki tabiat yang ramah serta tenang. Namun seperti halnya semua anjing berukuran besar, mereka juga memiliki energi yang besar. Sehingga harus rutin dibawa keluar untuk berjalan – jalan.

 

Tetangga saya cukup puas dengan hasil riset kami ini. Wajahnya terlihat lega sekali. Tapi saya juga mengingatkan bahwa pemilik anjing ini harus mengajari anjingnya untuk bersikap ramah dan tenang, selain itu anjing juga harus dijauhkan dari ruang terbuka, jendela dan balkon. Anjing juga harus tetap dibawa berjalan jalan keluar, jangan ditinggal terus di dalam apartemen.

Anda juga harus menjaga kebersihan anjing anda, supaya tidak mengganggu lingkungan sekitar Anda.

Jadi, jangan patah semangat ya untuk Observer pecinta anjing yang tinggal di tempat dengan “space” terbatas, Anda masih bisa kok memelihara anjing. Yang paling penting, jangan lupa izin dulu ke pengelola apartemen Anda ya…

Share To: