749 total views |

Rata-rata kenaikan harga tanah di BSD City yang mencapai 508% dalam kurun waktu 10 tahun terakhir memang tergolong pesat bahkan diatas tingkat kenaikan harga tanah di Jakarta Selatan yang berkisar pada 400% pada kurun waktu yang sama. Contohnya, di tahun 2008, harga lahan di BSD City hanya berkisar Rp.2,3juta/m sementara di tahun 2018 harga tersebut melonjak pada tingkat Rp. 14,000,000 per meter.  Sebuah rumah mewah di cluster Caelus di Greenwich Park yang merupakan salah satu cluster yang paling dicari konsumen sudah berkisar pada harga Rp. 3M hingga Rp. 5M. Pertumbuhan yang didukung oleh pembukaan lahan yang konsisten, pembangunan fasilitas-fasilitas dengan kualitas nomor satu seperti universitas, gedung perkantoran, pusat perbelanjaan sampai dengan hotel dan sarana hiburan mendukung angka kenaikan yang fantastis. Tentunya ini menjadi faktor yang cukup menggiurkan bagi para investors. Siapa yang tidak ingin menikmati capital gain hingga 500%? Tetapi seperti kita semua ketahui, diperlukan modal dan perencanaan yang cukup panjang untuk di awal proses pembelian property.  Even dengan mortgage pun, Observer harus memastikan bahwa cicilan pasti tercover dari pendapatan Observer tanpa mengorbankan pos-pos pembiayaan rutin yang diperlukan untuk operasional keluarga Observer dari hari ke hari.

Cluster Caelus
                                                          Cluster Caelus yang ada di BSD yang juga bisa menjadi passive income anda
Investasi Property
                                                                     Area Kebayoran yang sudah padat dan harga yang melonjak

Salah satu cara untuk memastikan bahwa Observer dapat segera berinvestasi properti selagi harga masih terjangkau sambil memastikan bahwa cicilan yang harus ditanggung aman bagi operasional bulanan Observer adalah dengan melakukan perencanaan keuangan yang baik dan matang. Karena itu saya coba perkenalkan dengan profesi Personal Financial Planner ya. Banyak orang berfikir bahwa kebutuhan akan seorang financial planner hanya untuk orang-orang kaya saja. Aset saya hanya ini-ini saja, tidak ada sukuk, saham and all of those fancy investments. Why would I need one? Well, semua orang bisa mendapatkan manfaat dari sebuah perencanaan keuangan yang matang.  Bukan hanya mereka dari golongan kelas atas.  Perencanaan keuangan akan membantu kita untuk menggariskan atau membentuk sebuah proses yang akan menjaga keputusan-keputusan ekonomis kita sehingga mengurangi kadar stress kita akan masalah keuangan termasuk masalah pembiayaan saat ini dan juga pembiayaan masa pensiun nanti.

Vanya Park
                                                                       Taman yang indah ini hanya beberapa langkah dari rumah anda
Greenwich Park
                                               Personal Financial Planner akan membantu anda merencanakan keuangan yang matang

Nah berikut ini adalah alasan mengapa financial planning bisa membantu anda mewujudkan impian untuk memiliki asset baru dan siap meraih keuntungan dari capital gain yang terus meningkat:

  1. Seorang financial planner dapat membantu Observer mengelola pendapatan sehingga Observer dapat mengetahui alokasi yang sehat dari pendapatan Observer. Misalnya berapa persen yang dapat digunakan untuk belanja sehari-hari, tabungan hingga membayar pajak.
  2. Seorang financial planner dapat membantu Observer mengidentifikasi pola pembelanjaan Observer untuk meningkatkan cash flow Observer.
  3. Pada saat cash flows sudah meningkat, maka Observer sudah dapat memulai sebuah investasi untuk meningkatkan kesejahteraan Observer.
  4. Pada saat yang bersamaan seorang perencana keuangan juga dapat melihat gambaran besar kebutuhan Observer dan keluarga untuk memberikan perlindungan bagi keluarga Observer melalui pemilihan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Observer.
  5. Seorang financial planner juga bisa membantu Observer menentukan investasi apa yang sesuai dengan pendapatan, tujuan keuangan dan toleransi Observer terhadap resiko.
  6. Perencanaan Keuangan yang baik juga dapat membantu Observer untuk mengelola keuangan sehingga gaya hidup yang Observer inginkan dapat tetap terjaga bahkan hingga hari tua.
  7. Menentukan tingkat tabungan yang perlu dipenuhi oleh Observer untuk menyambut hari tua dengan mempertimbangkan tujuan dari masing-masing individu.
  8. Mengidentifikasi resiko dan biaya yang terkait dengan asset yang dimiliki oleh Observer.

Dengan berbagai manfaat seperti diatas, jangan ragu untuk menghubungi seorang financial planner.  Observer juga bisa mencari mereka yang sudah bersertifikasi Certified Financial Planner dengan mengakses portal LSP FPSB http://www.fpsbindonesia.net/. Mari kita mulai perencanaan keuangan yang matang sejak dini untuk masa depan yang lebih tenang dan nyaman.

Referensi:

  1. https://www.blueshorefinancial.com/ToolsAdvice/Articles/FinancialPlanning/TenReasonsWhyFinancialPlanningIsImportant/ – diakses 4 Februari 2019
  2. https://www.nerdwallet.com/blog/investing/what-is-financial-planning-and-why-is-it-important/ – diakses 4 Februari 2019
  3. https://www.aegonlife.com/insurance-investment-knowledge/personal-financial-planning-things-to-know/ – Diakses 5 Februari 2019
Share To: