1,342 total views |

“apa yang kamu konsumsi kemungkinan besar made in Karawang”

Tahukah observer, bahwa dalam keseharian hidup kita, ternyata Karawang itu jauh dimata dekat di hati, ada di mana – mana mengiringi setiap langkah observer. Mungkin, hampir 90% barang yang digunakan oleh observer asal mulanya dari Karawang, karena ternyata pabrik – pabrik besar ini semua ada di Karawang.

1. Bangun pagi, kemudian kita makan pagi dan minum susu. Kemungkinan besar observer mengkonsumsi produk “Nestle” sesperti “Dancow” atau “MILO” yang diproduksi di Pabrik Nestle di Kawasan Industri Surya Cipta di Karawang.

Nestle

2. Setelah makan, kemudian observer mandi , berdandan, membersihkan rumah, mengepel lantai, membersihkan kaca, dll menggunakan produk – produk dari “Procter & Gamble (P&G)” yang diproduksi di Pabrik P&G di Kawasan Industri Karawang International Industrial City (KIIC) atau apakah anda menggunakan produk dari “KAO”, yang tentunya diproduksi di pabrik KAO di Kawasan Industri yang sama di Karawang

P & G

KAO

3. Masih tentang seputar alat-alat kebutuhan pribadi, coba lihat pembalut atau popok yang ada di sekitar observer sekarang, bisa jadi barang tersebut adalah produksi pabrik “UNICHARM” yang terletak di Teluk Jambe Karawang

Unicharm

4. Kemudian coba lihat di meja makan, biasanya selalu ada saus tomat, sambal dan kecap botol. Kemudian apakah observer juga suka mengkonsumsi syrup? Jangan–jangan merk yang digunakan adalah merk ABC, yang diproduksi oleh pabrik ABC di Klari, Karawang.

ABC

5. Menonton TV sambil menyetrika setelah mencuci baju dengan mesin cuci yang semua menggunakan barang dengan merk SHARP, yang dibuat di Karawang

SHARP

6. Ketika berkendaraan, bisa jadi kendaraan anda juga diproduksi di Karawang oleh Yamaha Motor, Honda Motor atau Daihatsu.

Kendaran

7. Jangan lupa semua kendaraan pasti ada roda atau ban nya kan? Bila roda yang digunakan ber merk Gajah Tunggal atau Bridgestone berarti itu adalah produk yang dibuat di pabrik mereka di Karawang.

Produksi Karawang

KIIC Karawang

Kawasan Industri Nasional Karawang

Kalau saya teruskan list barang yang diproduksi di Karawang, mungkin bisa menghabiskan beratus ratus halaman. Tapi, dari barang-barang di atas saja sudah terlihat bahwa Karawang sudah menjelma menjadi sebuah kawasan Industri besar yang memproduksi hampir seluruh kebutuhan masyarakat.

So Observer, mungkin setelah membaca artikel ini mungkin bisa dilihat How Karawang Are You Observer?

Share To: