115 total views |

Beberapa waktu lalu Yusaku Maezawa, menjadi headline di berbagai media dan menjadi buah bibir di seluruh dunia karena menjadi orang pertama yang akan berangkat ke bulan dengan menggunakan pesawat luar angkasa milik Elon Musk yang rencananya akan berangkat pada tahun 2023. Bersama dengan Elon Musk, Maezawa memiliki tujuan untuk memberangkatkan 6 artis untuk perjalanan ke bulan selama seminggu.

Yusaku maezawa
                                                                          Maezawa dan Elon Musk dari SpaceX

Orang pun mulai bertanya-tanya siapa sih Maezawa ini? Bahkan orang di Jepang pun kurang familiar dengannya. Lain dengan Masayoshi Son founder dari SoftBank atau Akio Toyoda presiden direktur Toyota yang memang sudah dikenal di seantero Jepang.

Yusaku Maezawa ini adalah CEO dari Zozo, perusahaan retail fashion online. Dia lebih dikenal karena mengencani seorang selebriti, atau hobinya memamerkan gaya hidupnya yang mewah. Jalur hidupnya juga berbeda dari pebisnis Jepang pada umumnya. Ia dropout dari universitas, pindah ke California dan menjadi drummer di sebuah band rock dan terakhir ia mulai meraup keuntungan dengan menjual pakaian secara online di internet.

Namanya mulai dikenal di kalangan kaum jetset dunia pada tahun 2016 ketika ia membeli lukisan karya Jean Michel Basquiat dengan harga $57,3 juta, dan kemudian tahun berikutnya ia juga membeli karya pelukis yang sama dengan harga $110,5 juta. Feeds media sosial-nya penuh dengan foto-foto hasil pembelanjaannya, mulai dari anggur Prancis, makan malam sushi yang mewah hingga karya Picasso dan supercar.

Kekayaan yusaku maezawa
          Salah satu lukisan karya Jean Michel Basquiat yang dibeli oleh Maezawa

Kecepatannya dalam menghabiskan uang tentu saja dianggap berlebihan bagi orang Jepang yang tidak terbiasa dengan gaya hidup pamer yang berlebihan. Maezawa pun dihujani oleh tweet-tweet yang penuh sindiran, mulai dari menyindir keborosannya dan keinginannya untuk mengispirasi orang-orang dengan cara memamerkan “mainan-mainannya”. Tapi bukan Maezawa namanya kalau takut pada hal-hal kecil seperti ini. Dia membalas tweet–tweet tersebut dengan mengunggah sebuah video dimana ia memainkan lagu Twinkle Twinkle Little Star dengan menggunakan biola Stradivarius yang berasal dari tahun 1717.

Menurut Maezawa, di dunia maya banyak orang yang membencinya, dan dengan menggunakan nama samaran dan akun palsu mereka menghina dan mencacinya. Saya tak bisa mengacuhkan mereka begitu saja. Saya ingin membuka hati dan merangkul mereka, menjadikan mereka bagian dari satu “keluarga” Yusaku Maezawa, begitu katanya dalam salah satu tweet-nya dengan nama @yousuck2020.

Kaya raya
                                                             Salah satu mobl milik Maezawa

Saat ini Maezawa memiliki jumlah kekayaan senilai $2,1 milyar (sumber data Bloomberg Billionaires Index). Masih ada waktu sekitar 5 tahun lagi sampai waktunya ia pergi ke luar angkasa tiba. Untuk mengisi waktu luangnya ini, Maezawa tak henti-hentinya membanjiri feeds media sosialnya dengan barang-barang yang sudah dan akan ia beli, seperti :

  • Mobil Mewah : Untuk berkeliling di Kota Tokyo, Maezawa memilih untuk berkendara dengan menggunakan Mercedes-Maybach limousine bersama sopir pribadinya. Sedangkan apabila ia sedang mood untuk menyetir sendiri maka ia lebih memilih untuk mengendarai Bugatti Chiron, Aston Martin One-77, atau Pagani Zonda (Mercedes-Benz G-Class dengan atap terbuka yang merupakan mercy ke 6 dari jenis ini yang dimilikinya).
  • Karya Seni : Karya Basquiats, dan tentu saja karya Picasso, tak lupa artis-artis modern dan keramik berumur 400 tahun.
  • Anggur : 1959 Romanée-Conti, 1961 Château Latour, 1970 Château Lafite Rothschild. Banyak orang yang bilang kalau saya tidak akan mau minum anggur yang harganya kurang dari 1 juta yen per botolnya. Terakhir saya minum anggur yang sangat spesial adalah pada saat ulang tahun ke 20 perusahaan saya.
  • Arloji : Richard Mille, Patek Philippe.
  • Makanan : Selain Wagyu dan daging tuna grade premium, ternyata Maezawa adalah penggemar berat mie instan seperti yang terlihat pada postingan di feed Instagram-nya.
  • Pesawat pribadi : sebuah Gulfstream G650 dengan cat berwarna khusus (yang ia pakai untuk terbang ke Rusia dalam rangka menonton final Piala Dunia 2018), dan tersiar kabar bahwa ia sedang memesan sebuah jet dengan desain interior yang dikerjakan oleh team dari Hermès.
  • Asisten Pribadi : Di awal tahun ini Maezawa membuka iklan lowongan untuk mencari asisten pribadi – yang tugasnya secara spesifik adalah membantu untuk merawat koleksi mobilnya, membantu aktivitas yang berkaitan dengan makanan dan restoran, serta untuk menulis postingan di media sosialnya dalam bahasa Cina.
  • Rumah : Saat ini Maezawa sedang dalam proses membangun rumah yang sangat luas, dengan biaya pembangunan yang diperkirakan mencapai lebih dari $100 juta, terbuat dari kayu-kayu dan batu-batu, yang akan digunakan sebagai tempat men-display koleksi seninya. Dari seluruh pembelanjaan Maezawa, dia paling tertutup ketika membicarakan mengenai rumah ini.
  • Pesawat Ulang Alik : perjalanan dengan menggunakan SpaceX BFR ke bulan ini tidak diketahui jumlah biaya pastinya. Namun, Elon Musk tidak menjual tiket ini ke sembarang orang, ia hanya memberikan tiket-tiket ini kepada mereka yang memiliki mimpi yang besar.

Orang kaya dari jepang

Memang Maezawa bukanlah satu satunya bilioner yang suka menghamburkan hartanya untuk kemewahan. Co Founder Microsoft, Pau Allen, memiliki Octopus, sebuah super yachts senilai $200 Juta dan mengkoleksi pesawat tempur antik dari masa Perang Dunia ke 2. Co Founder Oracle, Larry Ellison, juga membeli Lanai, sebuah pulau di Hawaii senilai $300 juta.

Maezawa menyangkal omongan orang, bahwa ia hanyalah seorang “OKB” yang senang memamerkan hartanya. Menurutnya ia hanya suka barang-barang yang dibuat secara serius oleh para pengrajin berkualitas dan artis-artis terkenal yang memiliki sejarah dan sudah bekerja keras untuk menghasilkan barang tersebut. Tentu saja semua ini pantas untuk dibeli dengan harga yang tinggi. Ia juga ingin berbagi pengalaman untuk menikmati barang-barang ini dengan masyarakat, terutama dengan anak-anak lewat pameran-pameran yang akan ia lakukan.

Kekayaan yusaku maezawa

Maezawa juga menegaskan bahwa ia belum dan tidak berniat untuk berhenti berbelanja. Dalam sebuah tweet-nya ia berkomentar : Saya mungkin kurang memiliki cita rasa, tapi saya jelas-jelas memiliki mimpi yang besar.

Pesawat spacex elon musk

Share To: