73 total views |

Low Rise Apartment di BSD
                                                                                         Gedung Perkantoran di BSD

Setiap pengusaha pasti memiliki pertimbangan tersendiri saat memutuskan memilih kantor. Apalagi, memilih kantor ini sebenarnya bukan hanya sekedar tempat untuk bekerja tetapi bisa mewakili banyak hal. Bahkan saat ini dimana banyak orang percaya bahwa kantor bisa dilakukan dari jauh, tetapi, banyak klien yang masih memilih untuk sesekali datang ke tempat usaha atau kantor pemberi jasa/produk yang akan mereka beli untuk memastikan bahwa perusahaan yang dimaksud memang exist. Tentunya pada saat klien/customer Anda berkunjung, Observer ingin memperlihatkan kantor yang representatif dan meyakinkan bagi klien/customer Observer. Apalagi kalau nilai transaksi yang terlibat cukup besar.

Teman saya memulai usahanya kurang lebih tiga tahun yang lalu. Perusahaannya menawarkan jasa pembuatan platform e-commerece untuk perusahaan – perusahaan yang membutuhkan.  Tak pelak, karyawannya banyak berisi Observerian yang masih muda dan sedikit berbeda generasi dengan saya (ehm!). Sebagaimana perusahaan pemula atau start-up lainnya, cash adalah concern terbesar mereka sehingga memilih lokasi kantor menjadi salah satu tantangan.  Kunjungan teman saya dan beberapa partnernya ke BSD membuat mereka yakin bahwa BSD adalah pilihan yang tepat.

Perkantoran di BSD City
                                                     Kantor yang luas dengan biaya lebih ramah bisa didapat di BSD

Menurut teman saya itu, dalam hal memilih lokasi, BSD mempunyai banyak keunggulan dibandingkan lokasi lain bahkan dibandingkan berlokasi di Jakarta sekalipun. Dengan biaya sewa yang sama dengan lokasi lain di Jakarta, kantor yang ia tempati saat ini jauh lebih luas dengan tempat parkir dan halaman yang memadai. Dengan luasan kantor yang memadai tersebut, staffnya yang kini sudah berjumlah 42 orang bisa bekerja lebih santai, bisa berjalan-jalan di area kantor, bahkan ia masih memiliki ruang untuk staff-area yang dilengkapi dengan meja ping pong! suatu kemewahan yang sulit ditemukan dengan berkantor di Jakarta. Apalagi dengan jenis pekerjaan ini, seringkali staff terpaksa bekerja lembur dan meregangkan kaki atau berjalan – jalan di sekitar kantor membantu meringankan pressure pada tubuh dan pikiran.

Kantor anak milenial
                                                      Kereta untuk kemudahan akses di BSD

Hal lain yang membuat mereka memutuskan untuk berkantor di BSD adalah lokasi mereka yang dekat dengan stasiun kereta api. Dua stasiun kereta KRL atau commuter line tersedia di BSD yaitu stasiun Cisauk dan Serpong. Kereta ini sangat membantu mobilisasi staff yang harus pergi dan pulang ke Jakarta. Contohnya, dari stasiun Cisauk menuju Kebayoran Jakarta Selatan hanya diperlukan 30 menit saja! Ini sangat membantu operasional kantor ini sehari – hari dikarenakan banyaknya waktu yang diperlukan untuk bertemu muka dengan klien di lokasi mereka atau di lokasi lain yang dekat dengan klien.

Perkantoran BSD
                                                                  Suasana Stasiun Cisauk BSD

BSD juga unggul dalam hal infrastruktur teknologi mereka. Sebagai perusahaan pemberi jasa teknologi, perusahaan teman saya ini sangat memerlukan fasilitas internet yang cepat dan dapat diandalkan alias tidak sering mati. Dengan infrasturkur fiber yang sudah ditanam di seluruh kompleks BSD City, BSD City jelas terdepan dalam hal penyediaan infrastruktur internet ini.

Asatti BSD City
                            MyRepublic, perusahaan penyedia jasa pembuatan platform e-commerce

 

My Republic yang menyediakan sarana internet broadband super cepat di daerah BSD, menurut teman saya itu, memang sangat bisa diandalkan. Bahkan untuk operasional perkantoran berbasis teknologi yang mengandalkan layanan internet siang dan malam untuk test produk dan programming, My Republic terbukti bisa diandalkan.

Faktor lain yang membuat BSD unggul dibandingkan lokasi lainnya bagi teman saya itu adalah karena banyaknya sekolah yang ada di BSD. Lho? Kenapa ya kantor kok perlu di dekat sekolah-sekolah? Sebagai perusahaan berbasis teknologi yang menyediakan jasa platform bagi banyak perusahaan retail, tentu produk yang ditawarkan teman saya ini menargetkan berbagai kalangan end-user. Menurutnya, pada fase pembuatan produk, selain banyak memerlukan tenaga programming, ia juga perlu banyak designer-designer muda untuk membuat alur transaksi atau alur perintah yang singkat dan simpel yang diminati end-user. Nah, untuk ini, teman saya itu memerlukan banyak intern! Lokasi kantor teman saya ini dekat dengan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) di Scientia Boulevard di Serpong. Jadi, untuk mendaptkan intern, sangatlah mudah.

Ketika saya tanyakan, apa keluhannya selama berkantor di BSD, teman saya ini harus berfikir cukup lama. Terakhir, ia hanya bilang, “apa ya?” Rupanya memang teman saya beserta rekan-rekan dan karyawan-karyawannya sangat puas dengan lokasi dan fasilitas BSD sehingga tidak terfikir untuk pindah ke lokasi lain. Bahkan kini teman saya ini sudah banyak merekrut anak-anak muda yang tinggal di sekitar BSD. Keuntungannya, tentu saja para calon karyawan ini memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Contohnya, mereka masih bisa makan siang di rumah bersama keluarga mereka yang tinggal di BSD juga. Bahkan, banyak yang lebih memilih gaji yang sedikit lebih rendah dibandingkan gaji di Jakarta tetapi tidak perlu berjuang melawan kemacetan Jakarta setiap harinya.

Jadi untuk Observer yang saat ini sedang mencari lokasi kantor, segera kunjungi BSD dan tentukan pilihanmu.

Share To: