65 total views |

“Rata-rata orang Indonesia menghabiskan 3 jam 23 menit setiap hari untuk media sosial”

Hony

Pernahkah Observer menghitung, dalam satu hari berapa jam yang Observer habiskan untuk scrolling account instagram? Menurut penelitian yang dilakukan We Are Social, perusahaan media asal Inggris yang bekerja sama dengan Hootsuite, rata-rata orang Indonesia menghabiskan 3 jam 23 menit sehari untuk mengakses media sosial.

Nah, sekarang biasanya akun apa yang di follow oleh Observer? Apakah akun online shop favorit, akun artis kesayangan, atau akun gossip seperti L4mb3tur4h?

Terus terang kadang saya suka capek ketika scrolling akun-akun ini. Belum lagi kalau tiba-tiba lihat postingan teman yang sedang berlibur, padahal kita lagi pusing dikejar deadline.

Kalau sudah capek biasanya saya suka cari akun Instagram yang isinya menarik. Kebetulan suatu hari saya nyasar masuk ke akun Humans Of New York (HONY). Saya ingat waktu itu sekitar tahun 2012, saya membaca posting mereka mengenai Iran. Dan sejak saat itu HONY selalu menjadi akun yang saya tunggu-tunggu untuk postingan baru nya.

Humans of new york
                                                      Pic credit: Amanda Diaz Photography

Awalnya, pada tahun 2010, Brandon Stanton seorang fotografer yang berdomisili di New York berniat membuat sebuah photo blog untuk mendokumentasikan kehidupan dari orang-orang yang ia temui di jalan-jalan kota New York. Selain foto ia juga menyertakan sebuah cerita singkat hasil interviewnya dengan orang-orang yang ia temui.

Tanpa disangka ternyata akun ini banyak mendapat perhatian dan tak lama sudah memiliki jutaan follower.

Brandon Stanton pun tak lantas berdiam diri begitu saja, seiring dengan bertambahnya jumlah follower, ia juga melakukan perjalanan ke berbagai acara menarik dan berkelana ke seluruh penjuru dunia untuk menuliskan kisah-kisah dari mereka yang ditemuinya selama perjalanan ini.

Brandon stanton
                                                                     Brandon Stanton, pemilik akun @humansofny

Tercatat sampai dengan saat ini ia sudah melakukan perjalanan ke Iraq, Jordan, Israel, Democratic Republic of the Congo, Kenya, Uganda, South Sudan, Ukraine, India, Nepal, Vietnam, Mexico. Ia bahkan sudah membuat seri mengenai Indonesia juga.

Hony

Facebook

Dengan akun HONY ini juga Brandon Stanton berhasil membuat photo essay, yang bertujuan untuk menggalang dana guna menolong atau mewujudkan impian objek-objek yang dia foto. Salah satu keberhasilannya dalam menggalang dana adalah ketika terjadi peristiwa “Hurricane Sandy”, di mana ia langsung terjun ke area yang paling rusak, membuat foto essay mengenai korban, proses bantuan dan para relawan, untuk menggerakkan orang-orang menyumbang. Hanya dalam 12 jam sudah terkumpul $86.000 dollar dari para follower-nya.

Menyadari kekuatan nya ini Brandon Stanton pun mendirikan Patreon, sebuah blog yang ia dedikasikan untuk menceritakan secara lebih detail mengenai cerita dibalik Humans Of New York. Hanya saja blog ini berbayar, jadi orang-orang yang ingin masuk dan membaca blog ini harus membayar sejumlah biaya yang akan menjadikan mereka sebagai Patron. Sampai saat ini Patreon sudah mengumpulkan dana sebesar $12.000.000, yang digunakan untuk memberikan bantuan kepada orang-orang atau badan-badan yang sudah diwawancara oleh HONY dan memang harus dibantu.

Instagram

Humans of new yorkCoba deh Observer masuk ke akun instagram @humanofny, menurut saya akun-akun seperti inilah yang baiknya dibuka setiap hari untuk menjaga kewarasan, wawasan dan hati nurani kita semua.

Sebagai contoh postingan yang cukup baru mengenai perang 100 hari di Rwanda, dimana selama 100 hari hampir 1 juta orang Tutsi menjadi korban dengan cara yang kejam, disini HONY menceritakan mengenai perlawanan dari suku Tutsi, ada juga cerita mengenai orang-orang Hutu yang menjadi penolong atau The Rescuers, dan bagaimana kehidupan mereka sekarang setelah hampir 24 tahun berlalu dari peristiwa ini.

Semoga HONY bisa menginspirasi banyak orang untuk mengikuti jejak mereka dan tetap menjadi salah satu akun yang bisa menjadi penyeimbang hidup kita.

Untuk mendapatkan Informasi terbaru dan hal-hal yang menarik selain melihat gossip dan stalking teman anda, jangan lupa juga buka propertyobserver.id setiap hari! Bukan hanya informasi property dan investasi yang anda dapat, tetapi juga beragam pengetahuan baru yang menarik. Property Observer juga memiliki Instagram dengan nama: @propertyobserver.id. Silahkan cari topik-topik yang menarik!

Media sosial
                                                    Instagram Property Observer: @propertyobserver.id

 

Sumber :

1. https://tekno.kompas.com/read/2018/03/01/10340027/riset-ungkap-pola-pemakaian-medsos-orang-indonesia.

   Penulis : Wahyunanda Kusuma Pertiwi

   Editor : Reza Wahyudi

2. https://www.seattletimes.com/life/lifestyle/humans-of-new-york-creator-its-amazing-how-much-people-will-share/

3. https://www.patreon.com/humansofnewyork

4. https://en.wikipedia.org/wiki/Humans_of_New_York

Share To: