260 total views |

Sebelum mulai berinvest, sebaiknya Observer tahu dulu nih jawaban atas pertanyaan maha penting dalam konsep investasi dan manajemen asset diatas. Tidak ada satu jawaban pun yang dapat memuaskan semua orang karena, definisi setiap orang atas istilah kaya dan kekayaan berbeda-beda.

Kaya
                                                                                                                               Apa Itu Kaya? Menjadi Sosialita Dunia

Ada seorang teman yang cukup ekstrim yang merasa bahwa kaya artinya apabila uang yang dibelanjakan berasal dari bunga yang berasal dari bunga hasil investasi. Dengan kata lain, setelah investasi Observer menghasilkan return, lalu return ini disimpan dan menghasilkan dan bunga itulah yang dipakai, barulah sang teman merasa berhak dianggap kaya.

Kaya
                                                                                                            Apa Itu Kaya? Bisa Beli Jam Tangan Seharga Apartemen

Kalau saya pribadi, sih, enggak gitu-gitu amat sih. Yang pasti, tidak ada jawaban yang salah untuk menjawab pertanyaan tersebut. Tapi, sebelum berinvestasi, Observer perlu memiliki definisi sendiri. Gunanya supaya, Observer dapat memonitor dan mengevaluasi kesuksesan atau keberhasilan.
Dalam dunia investasi dan keuangan, definisi kaya masing-masing pribadi ini bisa dibilang sebagai tujuan. Nah, seperti juga dalam kehidupan sehari-hari, untuk mencapai tujuan diperlukan target pencapaian. Misalnya, definisi kaya bagi anda adalah memiliki dana segar sebesar USD 1 juta. Nah targetnya bisa “saya ingin memiliki USD1 juta pada saat saya berumur 40 tahun dan saya akan mendapatkannya dengan memiliki Perusahaan Pengembang Properti sendiri.”

Ingat ya Observer, menetapkan target ini harus realistis, jujur dan memang dapat dicapai. Kalau targetnya adalah menjadi orang terkaya di dunia, walaupun tidak ada yang tidak mungkin, tetapi kemungkinannya sangat kecil. Begitupula untuk menetapkan target harus jujur. Jujur ini ya maksudnya harus jujur pada diri sendiri dan pada orang lain.

Tanpa kejujuran ini, kemungkinan besar, target tidak dapat dicapai. Dapat dicapai maksudnya kalau anda tidak tahu apa-apa di bidang property lalu tiba-tiba anda mengharapkan menjadi mogul property dalam waktu dua tahun, kemungkinan hal tersebut tidak akan terjadi.
Di sisi lain, sah-sah saja apabila Observer merasa kaya dengan hidup tenang dan damai tanpa beban cicilan rumah ataupun cicilan lain walaupun tidak berlebih. Nah, ini membuka issue baru yaitu apa sih yang dimaksud dengan cicilan? Bagaimana cara kerja cicilan dan pinjaman Bank? Apakah sebenarnya pinjaman bank ini merupakan penyelamat anda atau malah sebenarnya merupakan penjerumus?

Kaya
                                                                                                           Apa Itu Kaya? Bisa Bebas Liburan Kapan Aja

Sebelum sampai ke sana, terlebih dahulu tugas Observer adalah membuat definisi kaya dan tujuan investasi Observer. Duduk tenang, pikirkan masak-masak. Kalau perlu sambil memejamkan mata. Kalau sudah ada, kita bisa berlanjut ke artikel-artikel selanjutnya ya. Sampai jumpa!

Share To: