326 total views |

“Tahukah Observer bahwa almarhum comedian terkenal Robin Williams adalah seorang kolektor  dari beragam karya seni, furniture, sepeda, fountain pen dan arloji.”

Robin Williams
                                                Robin Williams di atas panggung New York’s Metropolitan Opera House.

Pada tanggal 4 Oktober 2018 nanti, Marsha Gates Williams (bekas istrinya yang dinikahi selama lebih dari 20 tahun) dan Balai Lelang Sotheby’s akan melelang sekitar 300 items koleksi pribadi dari Robin Williams. Rencananya, dana dari lelang ini akan disumbangkan kepada beberapa sekolah dan badan amal seperti The Juilliard School, Wounded Warrior Project, the Challenged Athletes Foundation and the Christopher & Dana Reeve Foundation.

Sang Legenda

Dari ratusan barang yang akan dijual nanti, yang menarik perhatian saya adalah koleksi arloji sang komedian. Koleksinya menunjukkan keseriusan dan kecintaannya terhadap dunia arloji. Beberapa dari koleksi ini merupakan koleksi yang langka dan sukar didapat di mana-mana.

Berikut adalah 8 arloji yang saya nilai istimewa ,

1. Lots 126 and 128, Panerai Titanium Diver’s Compass dan Panerai PAM0001

Badan Amal Dunia

Arloji Panerai PAM0001 milik Williams merupakan salah satu edisi awal yang dikeluarkan dengan nomor seri 046. Sementara Panerai Titanium Diver’s Compass ini merupakan edisi awal dari diver’s edition yang dikeluarkan Panerai pada tahun 2004.

2. Lot 146, Daniel Roth Perpetual Calendar

Franck Muller

Arloji ini merupakan koleksi dari keluaran pertama Arloji Daniel Roth di tahun 1990. Walaupun modelnya cukup konservatif, tapi bentuknya unik dengan rangka tonneau-style (barrel-shaped), yang merupakan DNA dasar dari semua jam yang didesain oleh Daniel Roth.

3. Lot 151, Limited Edition IWC Big Pilot Perpetual Calendar Ref. 5026 Titanium

Jam Legendaris

Walaupun model ini bukan termasuk model yang langka, tapi salah satu keistimewaan arloji Robin Williams ini adalah materialnya yang terbuat dari titanium. Hanya ada 50 buah di dunia yang dibuat dengan bahan titanium.

4. Lot 125, Franck Muller Tourbillon Minute Repeater

Franck Muller

Ini adalah salah satu koleksi Franck Muller yang menggunakan Minute Repeater Tourbillon, sehingga memungkinkan kita untuk mengetahui waktu berdasarkan suara. Sistem Tourbillon yang ada di jam ini juga memastikan tingkat keakuratan waktunya sampai ke mili detik terakhir.

5. Lot 141, Breitling Montbrillant Datora

Koleksi Jam

Arloji keluaran Breitling ini memiliki triple date chronograph yang jarang ditemukan di model arloji Breitling lainnya. Dengan memilih jam ini Williams seakan ingin menegaskan bahwa “Well, sebenarnya saya bukanlah seorang Breitling Guy, tapi kalau harus memilih maka saya akan memilih model Datora ini”.

6. Lot 147, Urban Jurgensen Perpetual Calendar

Kolektor Jam

Arloji ini memang tidak terlalu terkenal seperti brand pada koleksi lain, hanya seorang hardcore kolektor yang akan mengenali arloji ini. Modelnya yang sederhana dan klasik juga membuat arloji jenis collectible ini bisa dipakai juga untuk aktivitas harian.

7. Lot 152, Hamilton Watch from Dead Poets Society

Koleksi Legendaris

Ini adalah salah satu koleksi yang memiliki nilai sentimental yang tinggi. Arloji ini lah yang dipakai oleh Robin Williams selama ia syuting film “Dead Poets Society”, dan juga sering digunakan dalam kesehariannya. Terlihat bahwa kondisi arloji ini tidak semulus koleksi lainnya, namun inilah yang sebenarnya menjadi nilai tambah dari arloji ini.

Di bagian dalam terdapat gravir judul film dan tahun pada saat syuting dilakukan.

Itulah sebagian dari koleksi arloji sang legenda yang akan dilelang 4 Oktober 2018 nanti. Terus terang, membaca katalog barang-barang milik Robin Williams ini agak membuat saya “mellow”, teringat pada peran-perannya dan jasa-jasanya pada dunia perfilman, dan tak disangka bahwa ia akan mengakhiri hidupnya karena depresi.

Walaupun Robin Williams telah pergi, namun ternyata peninggalannya masih memberi kontribusi pada dunia pendidikan dan badan amal dunia.

 

Sumber Artikel  dari  :

1. https://www.bloomberg.com/news/photo-essays/2018-09-18/robin-williams-sotheby-s-watch-auction-shows-true-collector-s-eye

2. https://www.hollywoodreporter.com/news/robin-williams-auction-art-memorabilia-set-la-preview-1139905

Share To: