8,460 total views |

Saya mau cerita sedikit nih Observer, sewaktu kecil dulu saya bercita-cita ingin menjadi seorang arsitek. Kenapa? Karena saya ingin merancang rumah saya sendiri, rumah yang besar yang ada kolam renangnya dan punya halaman yang luaaaas sekali. Saya ingin buat rumah pohon juga di halaman rumah saya. Sayangnya, impian saya menjadi seorang arsitek harus berubah, tapi cita-cita saya memiliki rumah yang besar dan rumah yang ada kolam renangnya belum berubah sampai saat ini.

Apakah ada Observer yang bercita-cita ingin punya rumah yang besar juga? Saya yakin banyak orang di dunia ini yang di rumahnya ingin ada lapangan sepak bola sendiri atau punya heli pad sendiri di rumahnya. Simak yuk 10 rumah terbesar di dunia berikut ini, siapa tahu bisa menjadi inspirasi bagi Observer.

10. Hala Ranch (56.000 square foot)

Rumah Besar
                                                                                                                         Hala Ranch

Rumah milik John Paulson, seorang investor Amerika dan manager hedge fund, berada di Aspen, Colorado. Rumah yang lebih besar dari The White House Amerika. Memiliki desain rustic style, dan berisi 15 kamar tidur lengkap dengan pationya, serta 27 kamar mandi.

9. The Manor (56.500 square foot)

Rumah Luas
                                                                                                                            The Manor

Rumah terbesar di Los Angeles, dibangun tahun 1988, dikenal juga dengan nama Spelling Manor. Saat ini The Manor dimiliki oleh Petra Stunt, anak perempuan dari Bernie Ecclestone, Formula One. Terdapat 123 kamar tidur.

8. Maison De L’Amitie (62.000 square foot)

Rumah Besar
                                                                       Maison De L’Amitie

Terletak di Palm Beach, Florida. Maison De L’Amitie memiliki 18 kamar tidur, 22 kamar mandi, ballroom, media room, dan art gallery. Terdapat 1 kamar tidur dengan luas 380 m2 dengan jendela yang sangat besar dan menghadap lautan. Saat ini dimiliki oleh Dmitry Rybolovlev, milyader Rusia, yang sebelumnya dimiliki oleh Donald Trump.

7. Xanadu 2.0 (66.000 square foot)

Rumah Terbesar di Dunia
                                                                                                                        Xanadu 2.0

Rumah dari salah satu orang terkaya di dunia yaitu Bill Gates, terletak di Medina, Washington. Rumah ini juga dilengkapi dengan server yang luas, memiliki kolam renang dengan kedalaman 18 m dan memiliki sistem musik di bawah air, gym seluas 230 m2, dan ruang makan seluas 93 m2.

6. The Pensmore Mansion (72.000 square foot)

50 Lapangan Sepak Bola
                                                                                                          The Pensmore Mansion

Salah satu rumah terbesar di Amerika Serikat, terletak di Ozark Mountains, di dekat Highlandville, Missouri. Memiliki 13 kamar tidur, dan 14 kamar mandi. Rumah yang didesain tahan terhadap gempa bumi, tornado, dan ledakan bomb, karena memiliki memiliki dinding luar setebal 30 cm. The Pensmore dimiliki oleh Keluarga Steven T. Huff.

5. La Reverie (84.626 square foot)

Keinginan Memiliki Rumah
                                                                                 La Reverie

Terletak di Palm Beach, Florida dan dimiliki oleh Syder Miller. Rumah ini tidak hanya untuk menjadi tempat tinggal, tetapi oleh Syder Miller dijadikan juga sebagai tempat penyelenggaraan amal dan konser.

4. Versailles (90.000 square foot)

Rumah Terluas di Dunia
                                                                                                                         Versailles

Versailles adalah rumah milik CEO Westgate Resort, David Siegel, dan istrinya, Jackie Siegel. Di dalam rumah ini terdapat 2 movie theaters, kamar tidur dengan luas 743 m2, 30 kamar mandi, 15 kamar tidur, 11 dapur, 6 kolam renang, dan garasi bawah tanah yang cukup untuk 30 mobil.

3. Fairfield Pond (110.000 square foot)

Lapangan Sepak Bola
                                                                                                                  Fairfield Pond

Rumah yang dimiliki oleh Ira Rennert, investor Amerika. Rumah utamanya memiliki 29 kamar tidur, dan 39 kamar mandi.

2. Antilia (400.000 square foot)

Arsitek
                                                                                                                               Antillia

Rumah pribadi milik Mukesh Ambani, ketua Reliance Industries, terletak di Mumbai, India. Memiliki 27 lantai dengan plafon yang sangat tinggi (jika dibandingkan dengan gedung biasa, setara dengan 60 lantai). Selain salah satu rumah terbesar di dunia, Antillia mejadi rumah keluarga tertinggi di dunia.

1. Istana Nurul Iman Palace (2.150.000 square foot)

Rumah Luas
                                                                                                   Istana Nurul Iman Palace

Inilah rumah terbesar di dunia, kediaman resmi Sultan Brunei, Hassanal Bolkiah dan pusat dari pemerintahan Brunei. Rumah ini memiliki 1.788 kamar dan 257 kamar mandi, serta terdapat mesjid yang dapat menampung 1.500 orang.

Hmm, sangat mencengangkan ya Observer. Coba bayangkan, kira-kira berapa banyak uang yang harus dikeluarkan si pemilik rumah untuk membayar listrik, air, dan PBB?

Share To: