1,405 total views |

Semua tahu bahwa rumah adalah tempat anda pulang dan membangun keluarga. Tentu saja rumah yang indah, nyaman dan aman menjadi salah satu kunci utama dalam membangun rumah dan keluarga impian.

Keluarga Impian

Para ahli berpendapat bahwa keluarga tidak akan tumbuh begitu saja tanpa disirami dan diberi pupuk dan salah satu pupuk yang paling manjur adalah quality time dengan seluruh anggota keluarga. Penelitian DR. Amanda Grummer seperti disadur laman telegraph.co.uk menyebutkan bahwa family time bisa bermanfaat untuk memberikan rasa aman dan keterikatan karena anak merasa menjadi bagian dari sesuatu.

Seorang peneliti lain DR. Margot Sunderland yang juga merupakan seorang psycholog anak menyebutkan bahwa aktivitas bersama keluarga untuk menciptakan bonding bisa memicu terbentuknya hormon opioids dan oxytocin yang merupakan dua hal pencegah anxiety dan perilaku agresif. Menurut Dr. Sunderland, aktivitas tersebut beragam mulai dari membaca bersama hingga bermain wrestling bersama.

Tetapi, tetap saja suasana yang sudah nyaman itu harus didukung dengan Obsever yang mampu memberikan suasana yang stress-free dan saling mendukung untuk keluarga Observer. Nah berikut ini kita berikan beberapa ide permainan yang bisa dilakukan di dalam rumah bersama seluruh anggota keluarga untuk menciptakan quality time tadi.

1. Memindahkan Pelangi

Permainan ini menantang peserta untuk memindahkan permen skittles yang berwarna warni bagaikan pelangi dari ujung ruangan ke ujung yang lain. Tantangannya: permen-permen tersebut harus dipindahkan menggunakan sedotan. Yang berhasil memindahkan permen paling banyak dalam waktu tertentu menang! Catatan: permen skittles bisa juga digantikan dengan M&M’s atau Cha Cha.

Family Time

2. Scavenger Hunt dengan Tema

Ini sih sebenarnya permainan old school. Menyembunyikan barang dan tim lawan harus menemukan kesemuanya. Tim yang dapat mengumpulkan semua barang atau barang paling banyak dalam waktu tertentu menang. Triknya coba buat sesuai tema. Misalnya gambar dinosarus besar yang dipotong-potong seperti puzzle dan harus dicari semua bagian-bagiannya.

Quality time

3. 20 Questions

Satu orang anggota keluarga memikirkan sebuah benda (atau ambil satu kartu dari tumpukan kata-kata benda yang sudah disiapkan), lalu pemain lain memiliki kesempatan untuk menanyakan 20 pertanyaan sebelum menebak benda apa yang dipikirkan oleh sang anggota keluarga.

4. Charades

Variasi dari 20 questions. Instead of menanyakan 20 pertanyaan, Observer harus memperagakan kata yang sudah dipilih berdasarkan kartu yang tertutup. Anggota keluarga yang lain harus menebak.

Stress Free

DIY Bean Bag Toss

5. DIY Bean Bag Toss

Get ready guys! This one is a pretty big project for everyone. Teamwork to the max! Ideal untuk aktivitas jangka menengah seperti seminggu atau the whole weekend. Observer bersama keluarga bisa memilih terlebih dahulu tema gambar untuk latar belakang target, lalu gambar latar belakang di print dan ditempelkan ke kardus-kardus bekas. Ukur dengan seksama target untuk melempar bean bags. Sesuaikan dengan kemampuan anak-anak.  Buat target dan bean bags. Bean bags bisa berisi kacang hijau atau biji-bijian lain. Dijahit yang kuat agar tidak pecah saat dilempar. Letakkan di tempat yang disesuaikan dengan tingkat kesulitan lalu siap untuk dimainkan!

Permainan sudah dimiliki, bagaimana dengan design rumah dan fasilitas yang dimiliki hunian anda? Coba dech Observer intip Caelus di BSD City, rumahnya sudah dirancang seperti selalu dalam suasana liburan seperti misalnya design atap yang memiliki kemiringan khusus dan area patio yang nyaman, penghuni Caelus bisa merasakan sensasi liburan  sambil merasakan sentuhan matahari pagi dan gemerlap bintang di malam hari. Design Caelus yang indah ini juga akan diperkuat dengan beragam fasilitas yang memanjakan penghuninya seperti PhiPhi Clubhouse dan Borabora Clubhouse. Permainan yang mengasikkan dengan ditunjang fasilitas yang super menyenangkan akan membuat bonding diantara keluarga semakin erat, untuk generasi muda Indonesia yang lebih berkualitas.

Referensi:

  1. https://www.familyfuntwincities.com/fun-indoor-games-for-kids-of-all-ages-categorized/ – Diakses 11 Februari 2019
  2. https://wondermomwannabe.com/indoor-teen-party-games/ – Diakses 11 Februari 2019

3.         https://www.telegraph.co.uk/lifestyle/family-time/why-we-need-more-family-time/ – Diakses 13 Februari 2019

Share To: