1,060 total views |

Seperti yang kita tahu, sudah banyak Universitas terkemuka yang berlokasi di daerah BSD City. Dari universitas yang tersebar di seputaran BSD City, kali ini saya ingin membahas mengenai Universitas Katolik Atmajaya. Baru tahun kemarin, tepatnya tanggal 25 Juli 2017, Unika Atmajaya resmi membuka kampus ke III nya di BSD City.

Kampus di BSD City
                                    Kampus III Unika Atmajaya BSD City Pic credit : www.atmajaya.ac.id

Kampus di BSD City ini didedikasikan sebagai Center for Human Development yang dikonsentrasikan untuk mendidik mahasiswa tingkat S1. “Di sini komitmen kami yang utama yaitu pengembangan dan pembentukan karakter mahasiswa. Mempersiapkan mereka dengan kompetensi kelas internasional, memiliki karakter ke-Indonesia-an dan kepedulian,” ujar Dr Agustinus Prasetyantoko, Rektor Unika Atma Jaya, saat membuka peresmian kampus III Unika Atma Jaya *

Mengapa BSD City dipilih sebagai lokasi Kampus III? Pihak Unika Atmajaya ingin kampus ini tumbuh dikelilingi kawasan industri komunikasi atau digital hub seperti Sillicon Valley di Amerika Serikat, sehingga lulusannya diciptakan berdaya saing di era digital. BSD City dengan segala sarana dan prasarana yang sangat mumpuni dinilai cocok dengan tujuan ini.

Selain itu dengan land bank yang masih banyak, pihak Unika Atmajaya pun bisa membangun Kampus ideal, yang didesain untuk menciptakan lingkungan belajar yang ideal bagi interaksi antar mahasiswa, dengan landscaping yang lebih baik. Dengan luas lahan 20 hektare, ruang gerak mahasiswa di sini didesain 6,5 meter per orang, lebih besar dari kampus Semanggi yang 1,5 meter per orang sehingga suasana kampus menjadi lebih kondusif untuk proses belajar mengajar.

Universitas Katolik Atmajaya
                                         Fasilitas Olahraga Pic credit : www.sesawi.net

Selain itu, lokasi BSD City yang strategis, mudah dicapai dari mana-mana, dan cenderung tidak terlalu macet membuat mobilisasi mahasiswa dan dosen ke kampus menjadi lebih lancar. Kemudahan akses menuju Kampus BSD salah satunya dengan menggunakan Kereta Rel Listrik (KRL) dari stasiun Palmerah. Saat ini tarif KRL dari Stasiun Palmerah menuju ke Stasiun Cisauk memerlukan biaya/ongkos sebesar Rp 5.000 dan jarak yang harus ditempuh adalah 22.871 meter, sekitar 30 menit.

Kos – Kosan di BSD
                                                                            Stasiun Cisauk BSD City

Sementara ini, memang baru 3,5 Ha lahan yang digunakan, yang terdiri dari Gedung utama 8 lantai untuk ruang kelas dan laboratorium. Terdapat gedung Annex disamping untuk lab dengan mesin-mesin besar. Di bagian belakang rencananya akan dibangung green house, rumah kaca, danau dan masih banyak lagi.

Saat ini baru Fakultas Teknik, Teknobiologi, dan Hospitality and Tourism Management yang diberikan prioritas menempati dua gedung utama yang dilengkapi laboratorium modern. Jenis laboratorium antara lain engineering design center, Aerodinamika, Mekanika Eksperimental untuk Fakultas Teknik dan laboritorium mikrobiologi dan Tekno DNA untuk Fakultas Teknobiologi.

Unika Atmajaya

Sementara itu, ada program-program studi membuka kelas pararel di Kampus Semanggi dan BSD yakni manajemen, akuntansi, ilmu administrasi bisnis, ilmu komunikasi, pendidikan bahasa Inggris, pendidikan guru, psikologi dan hukum. Total daya tampung angkatan pertama yakni 3 ribuan mahasiswa. Tahun depan, pasti akan masuk lagi mahasiswa baru dengan jumlah yang mungkin lebih banyak lagi.

Kos dekat kampus
               Orientasi mahasiswa baru di Kampus III Unika Atmajaya BSD City Pic credit : www.pelitabanten.com

Salah satu dampak dari keberadaan universitas di BSD City ini adalah naiknya tingkat kebutuhan untuk hunian. Beberapa tahun yang lalu, pihak BSD City sudah membangun cluster Studento, yang isinya adalah rumah-rumah yang dibuat untuk kost-kost an. Saat ini kalau saya lewat, cluster itu terlihat padat. Beberapa bahkan sudah merombak bentuk asli, menjadi bangunan yang lebih tinggi, sehingga unit kamar yang disewakan bisa lebih banyak.

Cluster Asatti
                                                                                  Cluster Studento BSD City

Saya sih melihat ini merupakan salah satu peluang bisnis yang bagus untuk anda, Observer yang ingin berinvestasi di bidang property. Kebetulan saat ini BSD City sedang memasarkan Apartemen Asatti Chalchedony, yang rasanya pas sekali untuk tempat tinggal bagi para mahasiswa. Ukurannya compact, tidak terlalu besar, tapi masih nyaman untuk dijadikan hunian. Memelihara dan membersihkannya juga jauh lebih mudah.

Vanya Park BSD City

Terletak di Cluster Vanya Park, yang memiliki beragam fasilitas seperti club house, swimming pool, jogging track dan area danau yang asri. Lokasi ini juga terletak hanya 15 menit dari Kampus Unika Atmajaya III, bisa dicapai dengan mudah lewat jalan yang lebar, mulus dan bebas macet, sehingga ketika datang ke kampus badan dan pikiran masih segar. Untuk yang ingin hidup lebih sehat bahkan bisa bike to campus dengan nyaman.

Vanya Park BSD City

Apartemen Asatti Chalcedony sendiri terdiri dari unit apartemen dengan 1 kamar tidur dan unit apartemen dengan 2 kamar tidur. Dengan harga jual mulai dari 698 juta, kita sudah bisa memiliki unit apartemen dengan fasilitas lengkap di lingkungan yang nyaman sebagai investasi jangka panjang, dan bisa juga mendapatkan passive income dari apartemen ini.

Bangunan Apartemen Asatti Chalcedony ini juga sudah hampir selesai dibangun, jadi Observer tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan penghasilan dari unit Apartemen yang sudah dibeli.

Unika Atmajaya

Bayangkan, ada ribuan mahasiswa dan ratusan tenaga pengajar di sini yang siap untuk menjadi calon penyewa unit apartemen anda. Sudah siap kah anda menyambut kesempatan ini?

*https://nasional.tempo.co/read/894335/kampus-iii-unika-atma-jaya-resmi-dibuka-di-bsd-city/

Share To: