73 total views |

Terminologi Ikigai
                                                                                                           Apa itu Ikigai?

Tingkat harapan hidup di Jepang adalah yang salah satu yang tertinggi di dunia, dengan total rata-rata angka harapan hidup 83,7 tahun. Sementara Indonesia ada di urutan ke 108 dengan total rata-rata angka harapan hidup 70,76 tahun. Banyak faktor yang mempengaruhi tingkat harapan hidup ini, seperti nutrisi, higienitas dan kebiasaan bergerak masyarakat Jepang. Salah satu hal yang berpengaruh juga adalah sebuah nilai yang biasa disebut Ikigai yang merupakan sebuah terminologi yang memasukkan ide kebahagiaan dalam hidup.

Ikigai yang merupakan konsep dari Jepang, mengenai sesuatu yang dimiliki setiap orang. Maknanya kurang lebih adalah “tujuan hidup” atau “alasan kita hidup” atau “sesuatu yang memberi arti pada hidup kita”.

Tingkat Harapan Hidup

Sederhananya, menurut Orang Jepang kebahagiaan dalam konsep Ikigai tercapai saat seseorang melakukan apa yang dia sukai, dan dia menjadi ahli dalam hal itu, sehingga ia bisa mendapatkan imbalan darinya, dan apa yang dia lakukan itu memberi arti pada kehidupan.

Kebahagiaan Hidup
                                          Kebahagiaan dalam konsep Ikigai saat orang melakukan apa yang dia sukai

Dalam buku yang mereka yang berjudul : Ikigai The Japanese Secret to a Long and Happy Life, Hector Garcia and Francesc Miralles membuat 10 hal yang bisa membantu anda menemukan Ikigai ini, yaitu :

1. Tetaplah aktif dan jangan pensiun.

2. Tinggalkan hal-hal yang bersifat mendesak, mulai lah hidup dengan fase yang lebih lambat.

3. Jangan makan terlalu kenyang.

4. Miliki lingkaran pertemanan yang erat.

5. Selalu menjaga kesehatan dengan melakukan olahraga ringan setiap hari.

6. Selalu tersenyum dan sapalah orang-orang yang bertemu dengan Anda.

7. Dekatkan diri Anda pada alam.

8. Berterimakasihlah atas hal-hal yang membuat hidup Anda lebih berwarna dan berbahagia.

9. Nikmati kehidupan Anda.

10. Jalankan Ikigai Anda.

Greenciwh park
                                                     Besarnya faktor lingkungan dalam proses menemukan Ikigai

Tentunya dalam proses menemukan Ikigai ini faktor lingkungan juga berperan penting. Bagaimana kita bisa menemukan Ikigai kita apabila lingkungan di sekitar kita kacau dan semrawut. Salah satu yang dominan dalam faktor lingkungan adalah tempat tinggal kita. Bagaimana kita bisa bangun dengan sigap di pagi hari kalau yang kita ingat adalah kemacetan yang akan kita hadapi hari ini, atau bagaimana kita bisa bahagia dalam bekerja kalau kita selalu kepikiran mengenai kondisi dan keadaan anak-anak di rumah.

Terminologi Ikigai
                          Keadaan sekitar dan pikiran yang semrawut akan menghambat kita menemukan Ikigai

Alangkah bahagianya kalau kita bisa bangun pagi, di tengah udara yang masih bersih. Pagi-pagi masih sempat menikmati sarapan bersama keluarga, sebelum akhirnya masing-masing berangkat ke tempat aktivitas tanpa harus terburu-buru. Ketika kita mau berolahraga atau beraktivitas fisik, kita bisa langsung melakukannya hanya selangkah dari rumah kita.

Atau betapa bahagianya kita bisa duduk bersantai sambil menikmati secangkir kopi sambil membaca koran di teras kita, tanpa harus terganggu oleh debu dan polusi suara dari jalan raya. Kita juga bisa bersosialisasi santai dengan tetangga-tetangga di sekitar rumah kita.

Bersosialisasi dengan tetangga
                                                                                Bersosialisasi dengan tetangga kita

Pekerjaan yang bertumpuk ataupun masalah yang menanti pun akan kita hadapi dengan semangat karena kita tahu di akhir hari kita bisa menikmati kehidupan yang berkualitas di rumah.

Tapi, apakah ada rumah dan lingkungan yang akan mendukung konsep Ikigai ini? Coba Observer lihat akun instagram atau buka web https://caelus.id/. Disanalah Observer akan menemukan jawaban untuk pertanyaan tersebut.

Lokasi Caelus, yang terletak di Cluster Greenwich Park di BSD City, yang memiliki fasilitas kota super lengkap, mulai dari fasilitas umum, sekolah, rumah sakit, mall dan sarana rekreasi membuat semua kebutuhan bisa dicapai maksimal 30 menit dari Cluster Caelus. Tentu saja hal ini akan membuat anda bisa menikmati quality time yang lebih panjang bersama keluarga.

Tingkat Harapan Hidup
                                                                                                     Gate Cluster Caelus

Konsep Cluster Caelus yang didesain dengan vibes liburan yang kental, dengan keberadaan 3 club house dengan konsep yang berbeda membuat Observer selalu merasakan suasana yang santai ala liburan SETIAP HARI.

Club House Caelus

Konsep cluster yang tertutup dengan keamanan 24 jam juga akan membuat tingkat kekhawatiran akan keamanan orang-orang tersayang menurun drastis.

Rumah bsd
                                                                                                          Facade Caelus

Jangan lupa, konsep rumah di Caelus, dengan sky balcony, akan membuat sosialisasi dengan tetangga menjadi lebih menyenangkan.

Sky Balcony Caelus
    Facade Caelus, terdapa sky balcony yang membuat Anda dapat bersosialisai secara nyaman dengan tetangga

Butuh me time? Silahkan naik ke attic room, lakukan hal-hal yang bisa membuat Observer lebih rileks. Apakah hanya sekedar mendengarkan musik favorit atau melakukan hobi lain, bisa dilakukan dengan tenang tanpa harus merasa teralienasi dari penghuni rumah lainnya.

Attic Room Caelus
                                                                                            Attic room Anda di Caelus

Yang terakhir, udara BSD City yang cenderung lebih bersih dibanding udara di tengah kota Jakarta dan keberadaan connectivity path sepanjang 6 km akan membuat kegiatan olahraga ringan menjadi lebih menyenangkan.

Jadi, temukan lah Ikigai Observer di Cluster Caelus, dan hiduplah lebih panjang dan lebih bahagia seperti rekan-rekan kita di Jepang.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Konsep dari Jepang Ini Bisa Menjadi Kunci Hidup Bahagia”, https://lifestyle.kompas.com/read/2017/07/12/062800720/konsep.dari.jepang.ini.bisa.menjadi.kunci.hidup.bahagia.

Penulis : Wisnubrata

Share To: