811 total views |

“Bagaimana cara membuat apartemen anda terasa lebih luas”

Banyak orang yang merasa kaget ketika pertama kali tinggal di apartemen. Begitu pula yang terjadi pada keponakan saya yang sedang dalam proses mendekor bagian dalam apartemen Asatti Chalcedony miliknya.

Di mana baju – baju nya yang seabreg itu harus ditaruh? Bagaimana dengan buku – buku dan peralatan sekolah nanti? Ruang makan nanti dimana ya?

Kemudian dia juga agak stress membayangkan apakah dengan barang sebanyak itu, unit apartemennya bisa tetap terasa lapang? Nanti kalau kelihatan sesak dan acak – acakan kan kurang bagus kalau difoto. Sigh, those millenials and their instagrammed life.

Akhirnya kami pun browsing dan bertanya tanya pada beberapa teman yang berprofesi sebagai interior desainer, mengenai tips untuk mendekor ruang yang tidak terlalu besar.

1. Tumpuk ke Atas

Big Ideas

Salah satu teman memberikan ide untuk membuat lemari tinggi dengan banyak rak dan kompartemen. Jadi fokuskan untuk meletakkan semua barang di satu tempat, untuk menghindari terjadinya barang berserakan di mana – mana. Jangan lupa sediakan bangku /tangga kecil untuk mencapai rak yang paling atas.

2. Smart Furniture

Dengan ruang terbatas, saatnya menggunakan furniture pintar. Maksudnya adalah furniture yang memiliki banyak fungsi, seperti meja makan yang bisa dilipat atau dipanjangkan sehingga bisa sekaligus digunakan sebagai meja kerja. Bench yang juga bisa berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang. Intinya fungsikan semua furniture dengan maksimal.

Marie Kondo

3. Mirror, Mirror

Cermin adalah soulmate bagi ruang sempit. Meletakkan cermin masih merupakan trik ampuh untuk menimbulkan kesan yang lebih luas bagi ruang yang sempit.

Smart Furniture

4. Living Simple ala Marie Kondo

Saat nya untuk memilah – milah barang yang mana yang akan disimpan dan yang mana yang akan disingkirkan. Tips mengenai ini bisa dibaca juga di artikel Marie Kondo Itu Bukan Salah Satu Penemu Teori Fisika, Tapi Penemu Teori Decluttering (Beres – Beres). Mau Pindah ke Roseville Harus Tahu Teori Ini. Kuncinya adalah kita harus bisa bersifat tegas dan sedikit berhati baja untuk melakukan penyortiran ini.

Asatti Chalcedony

5. Pilihlah barang sesuai dengan proporsi ruangan

Tidak usah “keukeuh” membawa kursi favorit berukuran besar yang jelas jelas akan mempersempit ruang tinggal di apartemen baru anda. Atau disingkirkan dulu pikiran untuk memiliki tempat tidur berukuran king size di unit apartemen ini.

Instagrammed Life

6. Brighten Up Your Place

Hindari mengecat keseluruhan ruang dengan warna gelap, karena warna gelap cenderung menyerap sinar, membuat ruangan terasa lebih kecil. Efek cerah ini juga bisa didapat dengan meletakkan hiasan – hiasan bernuansa cerah di sekitar unit apartemen. Apakah itu hiasan dinding, karpet atau bantal – bantal kecil.

Furniture Pintar

Share To: