544 total views,  3 views today

STAY SANE DURING #WORKFROMHOME

Himbauan mengenai work from home sepertinya bisa diperpanjang mengingat kurva penyebaran virus Corona di Indonesia yang belum kunjung datar malah masih meningkat.  Sebagai orang yang memang 70% bekerja remote, saya termasuk terbiasa bekerja jarak jauh dan dari rumah.  Saya harus bekerja dari jauh sementara klien-klien saya berada di luar negeri dan luar kota.

Walaupun sudah menjalani rutinitas seperti itu dalam beberapa tahun terakhir, tetap saja, kadang bekerja terisoliasi sendirian bisa membuat kita stress.  Berhubung ini adalah hal yang tidak terhindari, yuk kita lihat beberapa tips to keep us sane during this difficult time:

1.Set ruangan terpisah (atau minimal area terpisah) antara ruang kerja dan ruang tidur. Secara psychologis, anda akan lebih focus apabila area kerja khusus dibuat.  Untuk Observer yang beruntung dan punya tempat tinggal semacam SOHO, ini tentu menguntungkan sekali.  Terakhir saya lihat, banyak SOHO di BSD City yang mendukung bekerja dari rumah ini seperti Upper West di BSD City.  Selain memiliki ruang yang memang ditujukan untuk bekerja bagi unit-unit SOHOnya, Upper West juga dilengkapi dengan jaringan internet yang super cepat untuk mendukung pekerjaan Observer.

2. Team Chat

Team chat ini maksudnya bukan hanya tersambung untuk membicarakan pekerjaan lho. Tapi juga harus dimanfaatkan untuk melakukan small talks.  Misalnya, bercerita tentang kucing peliharaan dan hal kecil lainnya yang biasa dilakukan orang kantoran.  Ini membantu agar kita tidak selalu merasa sedang bekerja.

3. Berbicara di Telepon Secara Reguler

Mendengar suara orang, membantu saya merasa seperti human lagi.  Terkadang, saya melakukan pembicaraan telepon ringan dengan sesama konsultan lepas seperti saya.  Selain untuk mengetahui apa yang terjadi di luar sana, hal tersebut juga seringkali memotivasi saya untuk lebih semangat mengerjakan proyek atau mengembangkan kemampuan saya.

4. Exercise

Jangan lupa melakukan peregangan dan olah raga yang teratur disela kesibukan Observer bekerja di rumah.  Badan yang sehat tentu akan meningkatkan produktivitas kita dalam bekerja sehingga pastikan Observer meluangkan waktu untuk melakukan hal ini.  Bahkan, kalau Observer memiliki sambungan internet memadai yang bisa memasang atau mengunduh video, Observer bisa melakukan Yoga sederhana di rumah  di sela pekerjaan Observer. Exercise yang cukup juga bisa mengurangi stress akibat tinggal di rumah dan terisolasi terus-terusan.

5. Tidur Yang Cukup

Tidak dipungkiri lagi, tidur cukup merupakan kunci produktivitas kita pada saat bekerja di rumah.  Jangan terlalu banyak tergiur dengan segala sajian tontonan yang saat ini dibebaskan oleh berbagai provider hiburan di Tanah Air ya Observer.  Tetap ingat istirahat karena untuk menghadapi tingkat stress yang luar biasa ini, badan yang sehat dan segar merupakan kunci.

6. Lakukan rutinitas seperti mandi pagi dan berpakaian rapih yang nyaman untuk tetap membangkitkan mood bekerja.

Salah satu hal terpenting untuk mendukung kenyamanan bekerja dari rumah ini adalah adanya sambungan internet yang memadai.  Jadi, kalau Observer sudah sempat membandingkan beberapa alternative tempat tinggal, BSD City memang juara soal yang satu ini.  Apalagi baru-baru ini, BSD City menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) hari ini untuk berkolaborasi dalam mentransformasi BSD City menjadi integrated smart city berskala besar dan inovatif pertama di Indonesia.  Mungkin sekarang, Observer masih memberlakukan Work From Home karena kondisi yang ada, tetapi who know setelah ini, Observer merasa Work From Home merupakan pilihan yang sesuai untuk Observer sehingga tinggal di smart city dengan koneksi Internet yang super cepat yang bisa mendukung bisnis Observer seperti BSD City bisa menjadi investasi yang menguntungkan bagi karir maupun pribadi Observer.