688 total views |

Caelus untuk Berat Badan Ideal dan Suasana Liburan Sepanjang Tahun

 

Greenwich park
Memanfaatkan fasilitas yang ada untuk membuat badan lebih sehat

Berjalan tampak seperti aktivitas yang simpel dan “effortless”. Bahkan saya sendiri berjalan setiap pagi dan menikmati udara segar di kompleks perumahan saya yang ditanami cukup banyak pohon rimbun. Awalnya sih saya memilih berolahraga diseputaran rumah, karena kesibukan saya di kantor dan antar jemput anak tidak memungkinkan bagi saya untuk bergabung ke “gym”. Saya pikir, kebetulan saya tinggal di kompleks perumahan, tanpa banyak effort dan biaya, saya tinggal jalan depan rumah.

Soalnya, ternyata, berjalan ini banyak sekali manfaatnya! Salah satunya, artikel dari Mayo Clinic di Amerika Serikat menyebutkan bahwa berjalan dapat memberikan beberapa keuntungan untuk tubuh kita, yaitu :

1. Berjalan membantu menjaga berat badan agar tetap ideal. Apabila Anda berjalan untuk menurunkan berat badan, berjalan selama 30 menit di jalan datar dan dilakukan dengan cara tertentu, dapat membakar kalori Anda hingga 120 satuan, tergantung berat badan Anda. Bahkan apabila dilakukan dengan jalan menanjak, kalori yang dibakar bisa mencapai 200 kalori, tergantung pada kemiringan tanjakan dan juga berat badan Observer. Penelitian di Harvard Medical School bahkan menyimpulkan bahwa berjalan selama satu jam per hari dapat mengurangi gen yang menyebabkan obesitas.

2. Berjalan dapat mengurangi resiko penyakit jantung, darah tinggi dan diabetes tipe 2.

3. Berjalan selama 30 menit juga meningkatkan kekuatan tulang dan otot – otot di tubuh kita. Menurut penelitian, berjalan sepanjang 10 Km per minggu dapat menghilangkan terbentuknya peradangan sendi. Bahkan, berjalan dapat membantu melindungi sendi dan tulang dengan cara melumasi persendian dan menguatkan otot.

4. Berjalan juga ternyata membantu meningkatkan mood kita. Menurut beberapa penelitian dari Exeter University membuktikan bahwa berjalan selama 15 menit dapat mengurangi konsumsi coklat dan makanan manis lainnya disaat Observer mengalami masa – masa stressful.

5. Daya tahan tubuh dapat ditingkatkan melalui berjalan. Sebuah penelitian di Harvard Medical School yang melibatkan 1.000 orang pria dan wanita menyimpulkan bahwa untuk mereka yang berjalan selama paling sedikit 20 menit per hari sebanyak 5 kali per minggu menunjukan 43% lebih sedikit hari sakit dibandingkan mereka yang tidak melakukan rutinitas diatas. Selain itu, penelitian juga membuktikan bahwa wanita yang berjalan selama paling sedikit 7 jam per minggu memiliki 14% resiko yang lebih kecil terkena kanker payudara dibandingkan wanita yang berjalan 3 jam atau kurang selama seminggu.

“Such benefits for such a simple activity”. Banyak yang bilang, berjalan bisa dilakukan dimana saja bahkan berjalan di mall atau pusat perbelanjaan juga bisa dianggap berolahraga. Sayangnya, kalau menurut Mayo Clinic sih, tidak sesimpel itu. Bagaimanapun, berjalan untuk kesehatan ini memang harus dilakukan sesuai teknik yang baik dan direncanakan dengan baik.

Cara berjalan yang benar
Berjalan pun membutuhkan teknik yang tepat

Misalnya nih, untuk teknik berjalan yang baik, pada saat berjalan postur Anda harus selalu tegak dari kepala hingga kaki. Menatap kedepan, dada tidak membungkuk, jangan tegang dan jatuhkan kaki Anda dengan perlahan dari ujung jari ke tumit. Ini mungkin agak sedikit rumit ya kalau akan diterapkan di mall. Bagaimana bisa berjalan dengan kecepatan yang konstan dan dengan postur yang baik, kalau di kanan dan kiri Observer koleksi musim panas terbaru atau tanda sale sedang terpajang dimana – mana?

Untuk perencanaan, Mayo Clinic menyarankan agar Observer melakukan pemanasan yang memadai, menggunakan baju dan perlengkapan yang sesuai serta, mencari “track” yang nyaman. Hindari track yang berlubang dan dataran yang bergelombang agar kegiatan berjalan ini dapat dilakukan dalam kecepatan yang konsisten sehingga waktu berjalan dapat terukur dengan baik. Berarti, berjalan di pinggir jalan umum, bukan merupakan penyelesaian yang optimal.

Connectivity path
Connectivity path sepanjang 6 km yang dapat diakses dari setiap “cluster” di Greenwich Park

Memang di kota – kota besar di Indonesia, terutama Jabodetabek, berjalan di jalan raya atau jalan umum cukup menantang. Kalau Observer sedang mempertimbangkan untuk investasi property, pilihan tinggal di cluster dengan banyak “benefit” seperti salah satunya adalah keamanan dan kenyamanan berjalan, bisa manjadi alternatif yang perlu dipertimbangkan dengan serius. Salah satu “cluster” yang akan sangat nyaman dan aman untuk berjalan di dalamnya adalah cluster CAELUS yang merupakan cluster terbaru dari Greenwich Park.

caelus bsd
Suasana “connectivity path” yang hijau

Di Caelus, seluruh cluster terkoneksi langsung dengan area “greenery” didukung dengan adanya “Connectivity Path” sepanjang 6 km yang memudahkan akses menuju 3 “Thematic Lagoon pools” yaitu “PhiPhi Clubhouse”, “Borabora Clubhouse”, dan “The Sky Clubhouse” dengan luas total 1,6 Ha Area. Beragam aktifitas dan fasilitas premium dirancang disini untuk mewujudkan kesempurnaan atmosfir “The Truly Home Resort”. Tentunya disini, Anda tidak akan menemukan pengendara kendaraan bermotor yang ugal – ugalan ketika anda berjalan, lingkungan yang penuh dengan tanaman hijau untuk udara yang lebih bersih, serta jalanan yang nyaman. Bahkan dibandingkan kompleks tempat tinggal saya sendiri, penawaran Caelus ini sungguh sangat menggiurkan. Di tempat saya, karena kompleksnya berbatasan langsung dengan rumah – rumah masyarakat, jalan pintas, dll, terkadang di saat jalan pagi saya sering mendapat “teman”. Mulai dari ayam – ayam yang tertarik untuk mengerubuti saya dan memaksa saya berlari tunggang langgang, hingga anjing liar yang diam menatap saya sampai saya juga diam mematung saking takutnya. Pagi itu saya diselamatkan seorang nenek baik hati tetangga saya yang membantu mengusir anjing liar tersebut. Hal yang dijamin tidak akan terjadi di Caelus ya pastinya.

clubhouse
                                                                                                         “Phi Phi Clubhouse”

Memang, keamanan dan kenyamanan berjalan di dalam kompleks seluas total 47 hektar tentunya bukan satu – satunya keuntungan memiliki rumah di Caelus. Masih banyak “advantages” lain seperti “clubhouse” bertema dengan kolam renang yang menyenangkan untuk Anda dan keluarga yang sudah disebut diatas hingga “design” rumah yang unik. “But, hey, health is often irreplaceable. Why not consider this as one of your must have in your property checklist?”

Referensi:

  1.  https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/in-depth/walking/art-20046261 diakses pada 30 Juli 2018
  2.  https://www.livestrong.com/article/386202-how-much-weight-can-you-lose-by-walking-30-minutes-a-day/ diakses pada 30 Juli 2018
  3.  https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/5-surprising-benefits-of-walking – diakses pada 30 Juli 2018
Share To: